Tips Foto dan Membawa Kamera Saat Libur Mudik Lebaran | Blog Banten Kamera

Tips Foto dan Membawa Kamera Saat Libur Mudik Lebaran

Tips Foto dan Membawa Kamera Saat Libur Mudik Lebaran
Sumber foto: Mega Iskanti

Hari raya memang merupakan salah satu hari yang tentunya akan sangat ditunggu-tunggu oleh kamu beserta keluarga, terutama untuk kamu yang beragama muslim. Kenapa? Karena tentunya, kamu akan bisa mendapatkan satu hingga beberapa hari penuh untuk pergi mudik bersama orang-orang yang kamu sayangi.

Namun, seperti yang kamu ketahui, pergi mudik ke kampung halaman memang tidak akan terasa lengkap bila tidak bisa mengabadikan momen istimewa bersama keluarga atau bahkan teman-teman kamu disana. Intinya, tidak membawa serta kamera saat mudik merupakan satu dari begitu banyak hal yang perlu kamu hindari.

Hanya saja, kala kamu akan membawa kamera saat pergi berlibur atau mudik di hari-hari besar, banyak hal yang akan menjadi sumber perhatian kamu supaya kamera serta hasil foto-foto kamu dapat menjadi jauh lebih baik lagi.

   Lihat juga: Rekomendasi Kamera untuk Kalian yang Menyukai Traveling

Dan berikut adalah beberapa tips foto serta membawa kamera untuk kamu yang sedang menanti waktu libur mudik lebaran.

Gunakan Kamera yang Kecil
Kamera untuk pergi liburan
Sumber foto: Nomad is Beautiful

Saat pergi berlibur, terutama bila tema liburannya merupakan libur mudik lebaran, ukuran besar benda tambahan yang akan kamu bawa bisa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Seperti misalnya dalam hal pemilihan kamera untuk digunakan saat berlibur.

Alasan mengapa ukuran sebuah kamera bisa menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan adalah karena kamu pastinya, selain membawa kamera, banyak barang bawaan lainnya yang akan memenuhi tas kamu. Dan lagi, membawa terlalu banyak barang akan semakin membebani liburan kamu.

Oleh karena itu, saat akan pergi berlibur di hari-hari besar seperti misalnya lebaran, usahakanlah untuk selalu menggunakan kamera yang berukuran kecil dan ringan untuk dibawa.

Bawa Alat Seperlunya
Perlengkapan Kamera
Sumber foto: EyeEm

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, membawa barang bawaan ekstra tentunya pasti akan sangat menyulitkan hari libur kamu nantinya.

Oleh karena itu, saat membawa perlengkapan kamera pun, kamu perlu memilih alat-alat yang memang akan sangat kamu butuhkan disana dan jangan membawa hal yang tidak terlalu penting.

Seperti misalnya, kamu perlu memutuskan untuk membawa lensa kamera tipe apa, lensa fix atau lensa wide, atau bahkan lensa kit yang lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Usahakan saja untuk membawa satu lensa untuk sejuta kebutuhan.

Dan bila memang kamu sangat-sangat membutuhkan sebuah tripod, mungkin kamu perlu membawa tripod dengan ukuran kecil dan ringan untuk dibawa bersama kamu kala pergi jalan-jalan.

Bawa Baterai Cadangan
Habis daya baterai
Sumber foto: Techubber

Apalah artinya membawa kamera pada saat pergi liburan, namun tidak ada daya yang mendukung baterai kamera kamu?

Sebagian besar dari kamu mungkin memang sudah sering melakukan pengisian baterai sampai full sebelum pergi berlibur di hari-hari besar. Namun, satu buah baterai yang full charge saja, terkadang belum tentu cukup untuk dapat mengisi liburan kamu.

Karena waktu liburan, biasanya akan diisi dengan hal menyenangkan selama seharian penuh. Jadi, membawa satu lagi baterai cadangan akan menghindari kamu dari petaka tidak dapat mengabadikan momen liburan dengan kamera.

Gunakan Strap saat Memotret
Gunakan strap kamera
Sumber foto: Notonthehighstreet.com

Hal penting yang perlu kamu ingat pada saat menggunakan kamera adalah untuk tidak lupa untuk menggunakan strap kamera di leher atau pergelangan tangan sepanjang kamu memegang kamera.

   Lihat juga: Solusi Servis Kamera dan Lensa

Ingat, meski hanya memegangnya saja, penggunaan strap atau tali pada kamera sangatlah penting, karena hal ini dapat menghindari jatuhnya kamera dari genggaman tangan kamu.

Gunakan Mode Manual pada Kamera

Hal yang satu ini, sebenarnya tidak terlalu diwajibkan untuk kamu. Hanya saja, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan saat menggunakan mode manual ini pada kamera DSLR atau Mirrorless kamu.

   Lihat juga: 5 Alasan Lebih Baik Menggunakan Mode Manual pada Kamera

Salah satu keuntungannya, tentunya kamu bisa mendapatkan hasil foto sesuai dengan keinginan kamu yang terkadang saat kamu menggunakan mode otomatis, kamu sulit untuk mendapatkannya. Jadi, mulailah belajar untuk menggunakan mode manual, ya, Pembaca!

Aplikasikan Rule of Thirds
Rule of thirds
Sumber foto: Selfie Mirror Sticker

Rule of thirds, apa itu?

Singkatnya, rule of thirds merupakan garis-garis pembagi yang ada pada tampilan layar kamera yang berfungsi untuk menempatkan objek bidikan.

   Lihat juga: Mengenal Komposisi Rule of Thirds pada Fotografi

Untuk bisa mendapatkan hasil foto liburan yang menarik, tentunya kamu perlu banget untuk bisa menguasai komposisi rule of thirds seperti berikut ini. Dalam pengaplikasian rule of thirds seperti berikut ini pada foto kamu, kamu tidak perlu untuk selalu menempatkan objek foto di tengah-tengah frame yang telah tersedia, supaya tampak jauh lebih natural.

Supaya dapat mempermudah kamu dalam menerapkannya, tentunya kamu harus banyak-banyak belajar dengan sering melakukan pemotretan pada objek serta suasana yang berbeda.

Pastikan Kamera Selalu dalam Keadaan Siap

Terakhir, tips jitu untuk kamu yang sedang mempersiapkan waktu libur mudik lebaran, kamu harus selalu pastikan bahwa kamera kamu selalu berada dalam keadaan siap.

Karena tentunya, momen istimewa hanya datang disaat yang tidak terduga. Jadi, jangan coba-coba untuk melewatkan momen tersebut, ya, Pembaca!

Itulah beberapa tips foto serta membawa kamera untuk kamu yang sedang menunggu waktu libur mudik lebaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, serta sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: