5 Alasan Lebih Baik Menggunakan Manual Mode Pada Kamera | Blog Banten Kamera

5 Alasan Lebih Baik Menggunakan Manual Mode Pada Kamera

5 Alasan Lebih Baik Menggunakan Manual Mode Pada Kamera
Sumber foto: Adorama

Kamu senang mengambil gambar dengan menggunakan kamera kamu? Lalu apa kamu menganggap diri kamu sebagai salah seorang fotografer?

Tidak ada salahnya, sebenarnya bila kamu hanya menyukai kegiatan memotret sebagai sebuah hobi saja. Namun, tentu saja tanpa kamu dapat sadari, kamu bisa saja dikatakan sebagai seorang fotografer bila kemampuan memotret kamu sudah dapat melebihi beberapa amatir lainnya.

   Lihat juga: Fotografi Hanya Sebagai Hobi atau Profesi?

Lalu, bagaimana caranya kamu dapat mengetahui bahwa kemampuan memotret kamu sudah lebih baik dari yang lain?

Bila kamu sudah dapat menguasai pengguanaan kamera kamu dengan baik serta beberapa teknik yang memang sudah banyak tersedia dalam dunia fotografi, maka kamu sudah dapat dikatakan memiliki kemampuan fotografer yang baik. Untuk bisa menjadi seorang fotografer yang baik pun, kamu tidak bisa selalu bergantung dengan mode otomatis yang tersedia pada kamera kamu.
Fotografer
Sumber foto: ISO 200 Magazine

Mulailah untuk bermain dengan mode manual, Pembaca! Memang terkadang, mode otomatis akan jauh lebih praktis digunakan apalagi jika kamu akan memotret sebuah momen yang cepat menghilang. Namun, tahukah kamu bahwa menggunakan mode manual juga akan banyak memberikan kamu keuntungan yang besar saat kamu aplikasikan pada kamera kamu?

Berikut adalah 5 alasan mengapa kamu lebih baik menggunakan manual mode pada kamera.

Bisa Mendapatkan Hasil Foto yang Sesuai
Manfaat menggunakan manual mode
Sumber foto: Aman Ahmed

Persis seperti apa yang kamu ketahui, bila kamu menggunakan mode manual pada kamera kamu, maka kamulah yang akan memegang kendali sepenuhnya atas segala pengaturan yang ada pada kamera kamu. Dengan begitu, tentu kamu bisa mendapatkan hasil foto yang jauh lebih sesuai dengan keinginan kamu dibanding bila kamu menggunakan mode otomatis.

Umumnya, fotografer profesional justru lebih senang menggunakan mode manual untuk kegiatan memotret mereka dengan kamera. Tentu saja hal ini dapat memberikan sebuah kebebasan dalam menjamah kamera milik mereka masing-masing, dan dengan begitu, mereka juga bisa mendapatkan hasil foto yang benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dapat Mengendalikan Cahaya
Manfaat menggunakan manual mode
Sumber foto: Imgur

Dengan menggunakan mode manual, kamu jadi bisa mengendalikan cahaya? Jangan salah pengertian, ya, Pembaca! Poin yang satu ini, dapat dimaksudan dengan kamu yang dapat mengendalikan banyaknya jumlah cahaya yang masuk pada lensa kamera kamu.

Coba pikirkanlah baik-baik! Saat kamu berada pada kondisi minim cahaya atau low light, dan kamu akan memotret suatu objek dengan menggunakan mode otomatis pada kamera kamu, maka secara otomatis kamera kamu akan langsung menyalakan built-in flash, yang justru terkadang akan membuat hasil foto kamu nampak buruk nantinya.

   Lihat juga: Tips Mengambil Foto pada Kondisi Low Light

Untuk itu, di beberapa kondisi seperti halnya demikian, kamu perlu bermain dengan mode manual pada kamera kamu. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan melakukan pengaturan yang benar terhadap aperture, ISO, juga shutter speed pada kamera kamu.

Dapat Menggunakan Focal Point Pilihan Kamu
Pengaplikasian focal point
Sumber foto: Google

Dapat menggunakan Focal Point pilihan kamu? Apa sih focal point itu?

Focal point pada gambar merupakan suatu objek yang akan menarik perhatian kamu saat pertama kali kamu melihatnya, yang intinya focal point ini merupakan hal pertama yang akan menarik mata kamu untuk melihat pada hasil gambar seseorang.

Memilih focal point yang tepat, memiliki peran yang sangat penting dalam dunia fotografi. Kenapa? Karena bila kamu salah memilihnya atau hanya memfokuskan pada suatu objek yang begitu umum dan membosankan, maka orang-orang saat melihat hasil foto kamu hanya akan meliriknya karena nampak tak tertarik.
Pengaplikasian focal point
Sumber foto: Snapwire

Jadi, kamu perlu banget untuk bisa sekreatif mungkin untuk memilih focal point pada hasil karya kamu, dan tentunya memilih focal point yang tepat hanya berlaku pada mode manual di kamera kamu, nih, Pembaca!

Dapat Mengaplikasikan Beragam Teknik Fotografi
Teknik fotografi
Sumber foto: Tom Redd

Ada berapa sih teknik foto yang kamu ketahui dalam dunia fotografi? Banyak, sampai tidak terhitung!

Yap, memang sudah ada begitu banyak macam-macam teknik pengambilan gambar yang bisa kamu pelajari untuk kegiatan memotret kamu, dan hampir seluruh teknik yang ada perlu menggunakan mode manual yang ada pada kamera kamu.

Jadi, untuk kamu yang ingin menguasai beberapa teknik dalam dunia fotografi, cobalah untuk mulai meninggalkan mode otomatis pada kamera kamu dan gunakanlah mode manual, yang memang faktanya dapat memberikan kamu hasil foto dengan kualitas lebih baik lagi.

Membuat Kamu Menjadi Lebih Kreatif
Teknik fotografi
Sumber foto: Dallas Markerspace Talk

Tahu kenapa kamu bisa menjadi lebih kreatif bila menggunakan mode manual?

Yap, karena dengan mode manual kamu tentunya dapat menciptakan beragam karya unik dan menarik yang dapat memuaskan hati orang-orang yang melihatnya. Selain itu, percaya atau tidak, dengan menggunakan mode manual, kamu dapat menciptakan sebuah teknik pengambilan gambar terbaru yang tentunya akan memberikan kebanggaan tersendiri untuk kamu sebagai seorang fotografer.

Jadi, Pembaca, bukankah jauh terasa lebih menarik dan menantang bila kamu menggunakan mode manual daripada mode otomatis pada kamera kamu? Oleh karena itu, untuk kamu para pemula, tidak perlu merasa takut untuk memulai sesuatu yang baru. Pelajarilah dengan baik, maka kamu akan mampu melampaui para profesional lainnya.

Itulah 5 alasan mengapa lebih baik menggunakan mode manual pada kamera kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: