Tips Mendapatkan Hasil Foto Tajam | Blog Banten Kamera

Tips Mendapatkan Hasil Foto Tajam

Tips Mendapatkan Hasil Foto Tajam
Sumber foto: Pinterest

Dalam menjadi seorang fotografer, mengetahui cara yang baik dalam pengambilan gambar dengan kualitas foto tajam merupakan suatu kewajiban. Mengapa kami dapat mengatakannya sebagai suatu kewajiban? Karena memang teknik yang satu ini merupakan salah satu teknik paling mendasar yang akan selalu kamu temui saat mempelajari dunia fotografi.

Banyak teknik-teknik yang memang perlu kamu kuasai dengan sunguh-sungguh, terutama bila kamu memang benar-benar ingin meraih kesuksesan dalam berprofesi sebagai seorang fotografer. Namun, usahakanlah untuk selalu mencoba dari hal paling mendasar yang dapat kamu temukan, supaya dapat memperlancar proses belajar kamu nantinya.

    Lihat juga: Tips Mengambil Foto pada Kondisi Low Light

Dan bagi kamu yang ingin belajar seputar dunia fotografi, ada baiknya untuk mengetahui tips penting untuk mendapatkan hasil foto menjadi lebih tajam seperti berikut ini.

Gunakan Lensa Kamera yang Tepat
Lensa kamera
Sumber foto: LIVE SNAP LOVE

Hal pertama yang akan menjadi tips awal kamu dalam mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang tajam adalah dengan menggunakan lensa kamera yang tepat.

Percaya atau tidak, memang seseorang yang mengatakan 'harga akan menentukan kualitas' terkadang dapat dianggap benar. Seperti pada kualitas yang akan kamu dapatkan bila menggunakan lensa dengan harga sedikit lebih tinggi dari lensa kit yang merupakan lensa bawaan saat kamu membeli kamera kamu. Tentu kamu bisa mendapatkan hasil foto yang jauh lebih tajam dari biasanya.

Meski sebenarnya, segalanya tetap bergantung pada skill memotret yang kamu miliki. Namun, ada baiknya bagi kamu bila memiliki kemauan untuk sedikit berinvestasi agar bisa mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Tingkatkan Kecepatan Shutter Speed
Pengaplikasian shutter speed
Sumber foto: kapan.date

Saat kamu ingin mendapatkan hasil foto dengan kualitas tajam, maka mulailah untuk bermain dengan mode manual dan segera tinggalkanlah mode otomatis kamera kamu.

Untuk bisa mendapatkan hasil foto yang tajam, cobalah untuk mengatur shutter speed kamera kamu dengan kecepatan minimal 1/125 detik. Karena semakin lambat kamu mengatur shutter speed kamu, kamu justru akan mendapatkan hasil foto blur yang tidak akan sesuai dengan keinginan kamu.

Terutama jika subjek foto kamu banyak melakukan pergerakan, seperti anak-anak, hewan, atau benda bergerak lainnya. Jadi usahakan saja untuk selalu mengatur shutter speed kamu 1/125 detik atau lebih.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa semakin cepat kamu mengatur shutter speed maka akan semakin sedikit pula cahaya yang akan tertangkap oleh lensa kamera kamu. Oleh karena itu, mengatur shutter speed juga perlu disesuaikan dengan ISO serta Aperture lensa.

Gunakan Lebar Aperture yang Tepat
Kids Photography
Sumber foto: Dphotofolio

Untuk dapat mengatur lebar aperture yang tepat, kamu perlu menyesuaikan dengan jenis lensa kamera yang akan kamu gunakan. Idealnya, untuk bsia mendapatkan hasil foto yang tajam, kamu perlu menggunakan 2 hingga 3 angka di atas nilai aperture terkecil yang tersedia pada lensa kamu.

Umumnya, kamu bisa menggunakan aperture optimum sebesar f/8 dihampir kebanyakan lensa. Namun, kamu juga tetap perlu menyesuaikannya dengan shutter speed serta lebar depth of field yang akan kamu atur.

Selain itu, hindarkan penggunaan lebar bukaan yang terlalu besar yang dapat mempersempit lebar depth of field pada kamera kamu. Karena bila kamu memotret subjek yang bergerak, kamu akan dengan cepat kehilangan fokus subjek kamu yang justru akan membuat kamu kehilangan kualitas foto tajam.

Atur ISO Sesuai Kondisi
Kids Photography
Sumber foto: Olga Levien

Dalam mengatur ISO untuk bisa mendapatkan hasil foto yang tajam, sebenarnya kamu perlu mengusahakan untuk menggunakan tingkat ISO yang rendah, seperti 100 hingga 400 agar dapat menghindari hasil foto dengan efek noise berlebih yang akan mengganggu kualitas foto kamu.

Namun, bila kondisi tempat kamu memotret memang memiliki sumber pencahayaan yang minim atau low light, mungkin kamu bisa menggunakan nilai ISO lebih dari 400 dengan catatan kamu perlu mengaturnya dengan bijak agar tetap bisa mendapatkan hasil foto yang baik.

Lepas Filter Lensa yang Kamu Gunakan
Photography tanpa filter
Sumber foto: Carolyn Rush Photograhy

Sebenarnya memang tidak ada salahnya, bila kamu ingin menggunakan filter pada lensa untuk bisa mendapatkan efek foto yang lebih baik dan lebih dramatis.

Namun, ada kalanya filter yang kamu gunakan untuk lensa dapat membuat kualitas foto kamu menjadi kurang tajam dan akan mempengaruhi hasil akhir foto kamu nantinya. Jadi, usahakan saja untuk tidak menggunakan filter pada lensa disaat kamu memang tidak membutuhkannya.

Gunakan Tripod
Tripod untuk hasil foto tajam
Sumber foto: Dandburn

Tripod memang memiliki salah satu fungsi utama berupa penstabil gambar kala memotret. Oleh karena itu, tripod memang sangat cocok digunakan apabila kamu ingin mendapatkan hasil foto yang tajam.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat saat menggunakan tripod, yakni jangan terlalu berlebihan saat memanjangkan ruas kaki-kaki pada tripod. Karena semakin tinggi kamu mengatur kaki-kaki tripod kamu, maka akan semakin mudah pula tripod kamu mengalami guncangan akibat tiupan angin di sekitar.

   Lihat juga: Pengaturan Tripod yang Baik untuk Hasil yang Baik

Hal ini pun akan berakibat pada hasil foto yang nampak blur atau lebih parahnya lagi kamera kamu dapat mengalami kerusakan karena jatuh membentur tanah.

Selain itu, pada saat kamu menggunakan tripod, segera matikan fitur vibration reduction bila kamera serta lensa kamu memilikinya. Kenapa perlu dimatikan? Karena bila kamu tetap menyalakan fitur berikut di saat kamera kamu sudah sangat kokoh menggunakan tripod, sistem pada kamera ini akan mengalami kebingungan dan justru akan membuat sedikit gerakan pada kamera.

Tekan Tombol Shutter dengan Lembut
Menekan lembut tombol shutter
Sumber foto: B&H

Terakhir, untuk mengurangi guncangan yang dapat terjadi pada kamera kamu, maka kamu perlu banget untuk berperilaku lemah lembut saat menekan tombol shutter, nih, Pembaca!

Namun, bila tombol shutter kamera kamu memang sudah agak terasa keras, mungkin kamu perlu menggunakan sebuah remote khusus untuk mengontrol kamera kamu tanpa harus menekan tombol shutter yang ada pada kamera.

Atau bila kamu tidak ingin repot-repot membeli alat kendali jarak jauh berikut, kamu bisa mengatur kamera kamu untuk menggunakan self-timer cukup 2 detik saja untuk menghindari foto yang blur.

Jadi, itulah tips mudah untuk kamu bisa mendapatkan hasil foto yang tajam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan memperluas ilmu pengetahuan kamu seputar dunia fotografi, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: