Tips Mendapatkan Hasil Foto Keren Saat Travelling | Blog Banten Kamera

Tips Mendapatkan Hasil Foto Keren Saat Travelling

Tips Mendapatkan Hasil Foto Keren Saat Travelling
Sumber foto: Bored Panda

Saat kamu pergi travelling, entah itu hanya keluar kota atau hingga negara tetangga, membawa serta sebuah kamera pastinya akan menjadi salah satu hal wajib yang tak akan pernah terlupakan. Lagipula apalah artinya pergi travelling tanpa kamu bisa mengabadikan momen-momen berharga di luar sana.

   Lihat juga: Rekomendasi 5 Lensa Kamera yang Cocok untuk Travelling

Saat pergi travelling, sebenarnya kamu tidak perlu selalu memawa kamera DSLR, Mirrorless atau kamera digital lainnya di dalam tas kamu, karena kamu tentu bisa juga menggunakan kamera smartphone milik kamu dengan alasan jauh lebih praktis dan mudah dibawa-bawa. Namun, seperti yang kamu tahu, bila membicarakan soal kualitas, tentu saja kamera DSLR serta Mirrorless bisa jauh lebih mengungguli.

Tapi, ya, tetap saja tidak akan ada salahnya untuk menggunakan kamera HP, 'kan?
Travel Photography
Sumber foto: World of Wanderlust

Untuk saat ini, hasil foto travelling yang indah bukan lagi menjadi hal yang asing untuk ditemukan. Kamu bisa saja dengan mudah menemukannya di halaman Instagram teman kamu atau di halaman google jika ingin lebih banyak. Dan tentunya hasil foto yang paling keren dan unik akan tampil paling menonjol dan banyak menarik perhatian.

Kamu tentunya juga ingin, bukan, memiliki setidaknya satu foto travelling kamu yang dapat membuat kagum banyak orang? Oleh karena itu, kamu perlu banget, nih, mempelajari tips mendapatkan hasil foto keren saat travelling seperti berikut ini.

Gunakan Lensa Wide Angle
Lensa wide untuk travelling
Sumber foto: G Adventures

Bila kamu menggunakan kamera DSLR ataupun Mirrorless, gunakanlah lensa tipe wide untuk foto travelling kamu.

Lensa tipe wide memiliki kemampuan untuk mendapatkan sudut pandang yang jauh lebih lebar dari tipe lensa lainnya. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk bisa memotret atau merekam gambar dengan lebih banyak menangkap latar foto kamu. Jadi, kamu tidak perlu memposisikan diri kamu lebih jauh lagi untuk mendapatkan hasil foto pemandangan yang jauh lebih indah dan dapat tertangkap secara lengkap.
Landscape Photography
Sumber foto: Outdoor Photographer

Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat menggunakan lensa super wide, karena lensa seperti ini dapat menimbulkan efek distorsi pada hasil foto kamu. Oleh karena itu, kebijakan kamu dalam penggunaan lensa tipe wide akan sangat-sangat diperlukan.

Tonjolkan Latar Pemandangan dibanding Subjek Foto
Travel Photography
Sumber foto: The Wandering Lens

Tips selanjutnya, yang bisa kamu gunakan saat akan pergi travelling nantinya, adalah saat memotret, kamu perlu lebih menonjolkan latar pemandangan yang keren dibanding subjek foto kamu.

   Lihat juga: Tahukan Kalian Apa itu Long Shoot?

Kamu pernah, 'kan, menemukan sebuah foto travelling keren yang subjek fotonya nampak sangat kecil, dan lebih menonjolkan latar pemandangan di belakangnya? Yap, itu merupakan salah satu cara untuk kamu bisa mendapatkan hasil foto keren saat travelling, Pembaca!

Bawalah ND Filters
ND filter
Sumber foto: YouTube

Filter merupakan salah satu alat bantu yang sering digunakan oleh para fotografer untuk mendapatkan hasil foto yang jauh lebih baik lagi. Dan salah satu tipe filter yang paling banyak digunakan oleh para fotografer di luar sana saat pergi travelling adalah ND Filters, nih, Pembaca!

Apa sih gunanya ND Filters ini? Kenapa bisa sangat cocok digunakan saat travelling?

ND Filters ini memiliki fungsi utama sebagai peminimalisir jumlah cahaya yang berhasil tertangkap masuk oleh lensa kamera kamu. Intinya, saat kamu menggunakan filter ini, kamu bisa membuat tangkapan lensa kamu menjadi tidak terlalu terang kala kamu memotret pada hari yang cerah.

Saat kamu akan memotret dengan pengaturan shutter speed yang sangat lambat sekalipun, bila kamu menggunakan ND Filters ini, maka kamu akan mendapatkan hasil foto yang jauh lebih baik lagi, mengingat konsep kerja shutter speed dimana semakin lambat kamu mengaturnya maka akan semakin banyak pula cahaya yang tertangkap.
Foto dengan ND Filter
Sumber foto: Formatt-Hitech

Untuk itu, bila kamu tidak ingin mendapatkan hasil foto yang overexposure atau terlalu terang, gunakanlah ND Filters.

Satu lagi manfaat baik menggunakan ND Filters ini adalah pada saat kamu menggunakan bukaan lensa yang lebar untuk mendapatkan depth of field yang sempit, di kala intensitas cahaya di sekitar kamu sedang tinggi, maka gunakanlah ND Filters.

Gunakan Mini Tripod
Tripod mini untuk travelling
Sumber foto: ephotozine.com

Saat bepergian, kamu pastinya tidak ingin membawa barang yang akan terlalu merepotkan kamu, bukan? Apalagi bila harus menambah barang-barang yang memang tidak begitu dibutuhkan untuk dibawa bersama barang penting lainnya.

Seperti tripod misalnya. Sebenarnya, alat yang satu ini terkadang akan sangat merepotkan untuk dibawa saat travelling, ya?

Tapi seperti yang kamu ketahui, tripod sendiri sudah hadir dengan desain mini-nya yang jauh lebih praktis untuk digunakan. Selain itu bobotnya yang ringan juga sama sekali tidak akan membuat kamu kerepotan untuk membawanya.
Tripod mini untuk travelling
Sumber foto: Be My Travel Muse

Tripod, untuk kegiatan travelling sebenarnya akan sangat berguna bila kamu akan pergi berkelana sendirian, dan kamu ingin memotret diri kamu dengan pemandangan indah sebagai latarnya namun tak menemukan satu orang pun yang dapat membantu kamu memotret.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai alat penstabil kamera kamu agar tak menghasilkan foto yang blur atau buram.

Sesuaikan Penggunaan Pengambilan Sudut Foto
High angel photography
Sumber foto: Google

Menemukan sudut foto yang tepat memang membutuhkan sebuah pengalaman pasti atau mungkin usaha yang baik bila kamu masih ingin bereksperimen mencari sudut foto yang jauh lebih baik lagi. Selain itu, untuk bisa menemukan sudut yang pas juga kamu perlu menyesuaikannya dengan dimana tempat kamu memotret.

Seperti misalnya, bila kamu memotret dari tempat yang tinggi, seperti di atas gunung atau menara-menara dengan pemandangan sekitar yang indah, untuk bisa mendapatkan foto teman kamu atau diri kamu dengan latar yang indah, kamu perlu memotret dengan teknik high angle. 
Low angle Photography
Sumber foto: tokkoro.com

Sebaliknya, bila kamu sedang berada di dekat monumen-monumen unik atau arsitektur-arsitektur bangunan yang indah, maka gunakanlah teknik pengambilan sudut foto low angle. Pernah, 'kan, kamu melihat ada seorang fotografer yang sedang duduk jongkok atau bahkan hingga nyaris tiduran untuk bisa mendapatkan foto yang baik dengan teknik low angle?

Ya, itu merupakan salah satu perjuangan seorang fotografer yang perlu diapresiasi, nih, Pembaca!


Jadi, itulah beberapa tips mudah untuk kamu supaya bisa mendapatkan hasil foto keren saat travelling. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: