Pengaturan Tripod yang Baik untuk Hasil yang Baik | Blog Banten Kamera

Pengaturan Tripod yang Baik untuk Hasil yang Baik

Pengaturan Tripod yang Baik untuk Hasil yang Baik
Sumber foto: Harga Kamera DSLR

Bila kamu sudah mengenal dunia fotografi, tentu kamu pasti tau apa itu tripod, bukan? Tripod sendiri adalah tempat dudukan kamera agar dapat berdiri dengan tegak dan tegar. Ada begitu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan tripod.

Seperti misalnya saat kamu sedang traveling ke wisata alam, kemudian kamu ingin memotret keindahan yang disajikan di hadapan kamu menggunakan mode panorama. Bila kamu rela repot-repot membawa tripod, kamu bisa menggunakan ini agar pada saat kamu tengah memotret dengan mode panorama kamera kamu bisa tetap berada pada sumbunya sehingga akan memberikan kamu hasil foto yang indah.

Lihat juga: Rekomendasi Kamera untuk Kalian yang Menyukai Traveling

Ada beberapa hal yang perlu kamu tau dalam penggunaan tripod agar hasil fotomu menjadi lebih baik.

1. Pasang Kamera pada Tripod dengan Benar

Sebelum kamu membeli tripod, sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu, apakah kameramu memiliki tripod mount atau tidak. Namun jika tidak, sayangnya mungkin kamu perlu membatalkan niat kamu untuk membeli tripod yang baru.

Tripod Mount
Sumber foto: youtube.com

Sebenarnya memasang kamera pada tripod sangatlah mudah, bahkan bagi seorang pemula sekalipun dalam 1-2 kali coba kamu pasti akan langsung mahir melakukannya.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur terlebih dahulu posisi tripod kamu. Selanjutnya lepaskan piringan kamera pada tripod. Piringan ini sendiri berfungsi sebagai tempat dudukan kamera kamu nantinya.

Setelah itu pasang kamera kamu pada piringan dengan memasangkan bautnya pada tripod mount di kamera kamu. Usahakan untuk tidak memutarnya terlalu keras agar tidak merusak kamera dan tripod kamu.

Kemudian jika kamera kamu sudah terpasang dengan sempurna, pasangkan kembali piringan pada tripod dengan benar. Ada baiknya jika kamu mencoba terlebih dahulu apakah kepalanya dapat berfungsi dengan baik dengan menggerakkannya ke kiri, kanan, atas, juga bawah. Pastikan tripod kamu dapat terus berdiri dengan stabil untuk memudahkan kamu dalam memotret.

2. Gunakan Permukaan Foto yang Rata
 
Memotret dengan tripod
Sumber foto: Nick Dale

Ketika kamu memilih untuk menggunakan tripod, kamu tentu tidak dapat menggunakannya di sembarang tempat, karena tripod dikhususkan pada kondisi permukaan tanah yang rata. Kalaupun kondisi tempat kamu memotret yang tidak memungkinkan seperti berbatu atau permukaannya yang agak naik-turun, terus pastikan agar tripod kamu tetap dapat berdiri dengan stabil agar tidak merusak tripod serta kamera kesayangan kamu.

3. Atur Kaki pada Tripod dengan benar
Tripod
Sumber foto: R dan J


Umumnya, tripod memiliki 2 hingga 4 segmen kaki untuk menjaga kestabilannya berdiri. Kaki-kaki pada tripod ini pula dapat direntangkan hingga beberapa senti meter untuk memudahkan kamu dalam menggunakannya.

Kaki-kaki yang dapat direntangkan ini adalah bagian kaki yang paling tebal pada tripod. Jika kamu mengaturnya dengan baik, kamu bisa mendapatkan gaya foto yang berbeda dengan kamera kamu, seperti misalnya kamu dapat mengatur kamera kamu untuk mendapatkan hasil foto dengan sudut yang rendah dengan cara merentangkan ketiga kaki tripod ke arah luar.


Penggunaan Tripod untuk Low Angle
Sumber foto: Google

Atau kamu juga bisa mendapatkan hasil foto dengan sudut yang tinggi dengan menggunakan kaki atau kolom tengah pada tripod. Berbeda dengan ketiga kolom yang lain, kolom tengah jika direntangkan justru akan memanjang ke atas, sehingga akan memudahkan kamu untuk menggunakan high angle pada kamera.

Namun, memanjangkan kolom tengah pada tripod mungkin agak beresiko, apalagi buat kamu yang masih pemula. Karena hal ini dapat mengurangi tingkat kestabilan tripod kamu. Terlebih lagi jika kondisi tempat kamu memotret berangin. Hal ini dapat membuat tripod kamu terjatuh dan yang lebih parahnya lagi, merusak kamera kamu.

4. Selalu Perhatikan Level Keseimbangan pada Tripod

Pada dasarnya di setiap tripod kamu bisa menemukan pengukur keseimbangan di dekat piringan tempat kamera kamu terpasang. Pengukur keseimbangan ini akan menjaga kamera kamu agar tidak miring saat kamu menggunakannya. Kamu bisa memperhatikan kemana balon pada level keseimbangan ini bergerak, sehingga kamu bisa mengatur kepala tripod kamu agar kamera kamu dapat digunakan dengan lebih baik.

5. Gunakan Tripod Collar saat Menggunakan Lensa Tele
Lensa tele
Sumber foto: Framepool

Saat kamu menggunakan lensa tele pada kamera kamu, beberapa dari kamu mungkin tidak akan betah memegangnya terlalu lama dikarenakan bobotnya yang cukup berat. Apalagi bagi kamu yang masih pemula, bobot lensa tele ini bisa mencapai dari 0,3 hingga lebih dari 1 kilogram.

Dengan menggunakan tripod kamu tidak akan perlu lagi merasa keberatan saat menggunakan lensa tele pada kamera kamu. Kamu hanya perlu memanfaatkan tripod collar agar tripod kamu tetap dapat berdiri dengan stabil seperti sebelumnya.

Tripod Collar
Sumber foto: YouTube

Tripod collar itu sendiri sebenarnya tidak tersedia secara langsung pada saat kamu membeli satu tripod yang baru. Tripod collar dapat dikatakan sebagai fitur tambahan pada tripod. Kamu perlu membeli atau mungkin menyewa satu tripod collar untuk memilikinya dengan harga yang cukup murah.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tau tentang pengaturan tripod yang baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu juga menambah pengetahuan kamu seputar dunia fotografi. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: