Cara Merawat Drone agar Dapat Berumur Panjang | Blog Banten Kamera

Cara Merawat Drone agar Dapat Berumur Panjang

Cara merawat drone agar dapat berumur panjang
Sumber foto: VisitGreenland.com

Di zaman yang telah maraknya teknologi pada saat ini, berbagai macam jenis teknologi baru tak akan pernah ada henti-hentinya dikembangkan guna mempermudah aktivitas manusia sehari-hari. Perusahaan-perusahaan pun akan terus bersaing untuk mendapatkan posisi pertama di pasaran untuk menarik perhatian konsumernya.

Salah satu teknologi canggih yang kini mulai menguasai maraknya pasaran fotografi, ialah Drone, teknologi yang kita kenal sebagai kamera yang dapat terbang.

    Lihat juga: Pilihan Drone dari berbagai macam level pengguna

Dilihat dari sejarah hidupnya, sebenarnya drone (pesawat tanpa awak) adalah teknologi yang sudah hidup cukup lama dan telah digunakan semenjak masa perang dunia masih terjadi. Tetapi, berbeda dengan drone pada zaman dahulu, drone yang diproduksi pada masa kini telah dipadukan dengan berbagai jenis kamera yang tak kalah canggih yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah aktivitas kamu.

Namun, sama seperti teknologi-teknologi canggih lainnya, kecanggihan dari drone ini pun dapat musnah jika kamu tidak merawatnya dengan baik. Untuk itu, kali ini Banten Kamera akan memberikan kamu beberapa tips merawat drone kamu agar kecanggihannya dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

1. Selalu Perhatikan Sisa Baterai Drone Kamu
Low battery
Sumber foto: TeePublic

Salah satu hal utama yang perlu kamu jaga dengan baik pada drone kamu adalah sumber kehidupannya itu sendiri, yaitu baterai. Lalu bagaimana cara kamu bisa merawatnya? Apa perlu selalu dibersihkan agar tetap terawat? Tentu saja bukan.

Untuk merawat sebuah baterai, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menjaga agar daya pada baterainya tidak benar-benar habis. Maksudnya, kamu perlu menyisakan beberapa persen sebelum drone kamu benar-benar mati total agar tidak membuat baterai kamu cepat habis atau mudah drop.

Gunakan saja drone kamu seperlunya. Jangan hanya karena kamu terlalu asyik menggunakannya, kamu sampai melupakan sisa daya pada baterai kamu. Hal ini pun akan berakibat fatal jika kamu tidak menggunakannya dengan bijak.

2. Bersihkan Motor pada Drone 
 
Motor drone
Sumber foto: XHeli.com

Hampir sama kasusnya dengan baterai, motor atau mesin penggerak drone pun juga merupakan sumber kehidupan pada drone itu sendiri. Bedanya, untuk yang satu ini kamu mesti memiliki peralatan khusus untuk merawatnya.

Pada dasarnya, drone yang lebih sering bekerja di udara, akan membuat debu lebih mudah menempel pada motor drone kamu. Kotornya motor pada drone akan mempengaruhi gerak terbang pada drone kamu. Bisa jadi drone kamu akan terbang lebih lambat dari biasanya atau lebih parahnya lagi tak dapat terbang kembali.

Jadi, kamu harus rajin-rajin melihat kondisi dan membersihkan motor pada drone kamu secara berkala agar tidak cepat mengalami kerusakan.

3. Periksa Baling-baling pada Drone
Baling-baling Drone
Sumber foto: JakartaNotebook.com

Selain, motor pada drone, ada satu lagi hal penting yang ada pada drone kamu yang perlu kamu rajin-rajin periksa, nih, yaitu baling-balingnya.

Baling-baling ini sebenarnya jauh lebih rentan mengalami kerusakan dibanding motor penggerak drone kamu. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di luar badan drone sehingga membuat benda-benda lain dapat langsung menyentuh atau menabraknya.

Terkadang, kamu mungkin tak menyadari bahwa baling-baling drone kamu baru saja menyenggol ranting pohong yang kemudian berakhir dengan menggores baling-baling kamu. Jika kamu terus membiarkan hal ini terjadi, mungkin bukan hanya baling-balingnya yang dapat rusak tapi drone kamu juga akan mendapat akibatnya, seperti halnya terjatuh di tempat yang tidak kamu inginkan.

Untuk menghindari baling-baling drone kamu mengalami kerusakan, sebenarnya telah tersedia berbagai macam pelindung yang khusus dibuat untuk melindungi baling-baling pada drone kamu, sehingga dapat terbang dengan aman. Pelindung ini juga dapat melindungi kamu agar tidak melukai kamu atau teman kamu saat menggunakannya.

Intinya, sebelum kamu menggunakan drone, sebaiknya periksa terlebih dahulu keadaan baling-baling pada drone kamu, apakah kondisinya sudah cukup baik untuk diterbangkan atau tidak, dan jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung.

4. Simpan di Tempat yang Benar

Tempat menyimpan drone
Sumber foto: Bukalapak.com

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan jika kamu memiliki sebuah drone adalah kamu perlu menyimpannya di tempat yang baik dan benar.

Kamu tidak bisa menyimpannya sesukamu atau di sembarang tempat. Anggap saja drone kamu adalah belahan jiwa kamu yang harus kamu tempatkan di tempat terbaik. Di dalam lemari misalnya. Usahakan juga untuk tidak meletakannya saling tumpang tindih dengan barang kesayangan kamu yang lainnya.

Bila kamu menyimpannya atau hanya meletakkannya di atas meja tanpa pelindung, kamu bisa saja mendapati drone kamu dalam keadaan rusak beberapa saat kemudian atau jauh lebih mudah mengalami kerusakan dibanding kamu yang menyimpannya di tempat dengan pelindung.

Jadi, ada baiknya setelah kamu menggunakannya kamu simpan dengan baik di tempat yang kering dan aman agar drone kamu dapat terus berumur panjang.

Itulah beberapa tips atau cara dalam merawat drone kamu agar dapat terus berumur panjang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu, ya, Pembaca. Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: