Beberapa Peralatan Wajib untuk Membuat Video | Blog Banten Kamera

Beberapa Peralatan Wajib untuk Membuat Video

Mengabadikan moment dan kegiatan bukan hanya perihal mengambil foto saja, namun kalian dapat mengabadikan moment dan kegitan seru tersebut dalam sebuah video. Bagi kalian yang menyukai videografi ada beberapa peralatan yang harus kalian siapkan untuk menunjang kegiatan merekam video agar menghasilkan karya yang baik

Selain sebuah kamera yang menjadi peralatan utama dalam merekam video, terdapat beberapa peralatan lain yang harus kalian siapkan agar kegiatan kalian dalam merekam sebuah video dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan video yang bagus, artikel ini akan menjelaskan peralatan apa sajakah itu, berikut rincian dan penjelasannya :

Kamera
Sumber foto : Google

Sudah pasti inilah alat yang berada di urutan pertama yang harus kalian siapkan sebelum peralatan lainnya. Jika kalian lupa menyiapkan kamera atau kamera tertinggal, maka sudah dapat dipastikan kegiatan kalian dalam mengambil video akan gagal total, karena inilah yang menjadi alat utama untuk menghasilkan karya video.

Kamera apa yang harus dipersiapkan? Haruskah menyiapkan beberapa kamera cadangan? Untuk menjawab hal yang pertama, kalian dapat menggunakan jenis kamera apapun, baik DSLR, Mirrorless ataupun handycam.

Selanjutnya adalah mengenai kamera cadangan, sebaiknya kalian memang harus menyiapkan beberapa kamera cadangan, fungsinya kalian agar lebih cepat dalam mengambil beberapa footage atau potongan video. Yang paling mudah tentunya menggunakan kamera yang kalian miliki, namun jika tidak memiliki kamera, kalian dapat meminjam ataupun menyewa.

Dengan begitu kalian akan dapat menyelesaikan karya video dengan waktu yang lebih cepat. Namun hal yang harus menjadi catatan adalah, sebaiknya menyiapkan kamera dengan type dan pengaturan yang sama. Jika kalian menggunakan kamera DSLR 700D, maka sangat disarankan untuk menyiapkan kamera cadangan 700D juga. Mengapa begitu? Karena setiap kamera memiliki spesifikasi yang berbeda. Jika spesifikasi berbeda maka hasil videonya juga akan berbeda, misalnya adalah resolusi kamera.

Setelah kamera siap, kalian harus mengatur settingan dari masing – masing kamera yang akan kalian pakai. Jika kamera utama menggunakan kualitas gambar L (Large) maka kamera lainnya juga harus sama. Karena jika kamera pertama L (Large) dan kamera kedua M (Medium) maka hasil video yang akan kalian dapat akan berbeda. Tentunya akan menurunkan kualitas video kalian.

Tripod
Sumber foto : Google

Merekam video sangat beresiko akan guncangan, oleh karena itu alat ini menjadi salah satu alat yang akan membantu meminimalisir guncangan. Selain itu jika kalian membuatuhkan timlapse tripod sangat diperlukan agar menghasilkan gambar yang bagus, stabil dan posisi yang tetap. Jika tidak menggunakan tripod maka hasil video kalian tidak stabil.

Stabilizer
Sumber foto : Google

Karena tangan manusia yang memiliki kekurangan, yaitu terkadang bergetar ketika mengambil gambar. Maka stabilizer berfungsi untuk mengurangi getaran ketika sedang mengambil video. Meskipun untuk mengurangi getaran pada video kalian dapat meminimalisirnya dengan bantuan aplikasi edit video seperti adobe premiere, namun stabilizer ini tetap penting untuk digunakan dan menggunakan keduanya menjadi lebih baik.

Mic Rode
Sumber foto : Google

Alat ini pasti sudah tidak asing bagi kalangan videografer atau sinematografer, Ketika menangkap suara menggunakan kamera, biasanya hasil audio yang dihasilkan oleh kamera DSLR tidak terlalu jernih dengan volume yang sedikit kecil. Namun dengan menggunakan Rode video mic pro hasil suara yang dapat tertangkap oleh kamera akan menjadi lebih bagus dan jernih.

Selain sebagai alat bantu untuk menangkap suara, mic rode juga berfungsi untuk meredam getaran ketika mengambil sebuah video. Jika videografer pemula membutuhkan dubbing dalam videonya namun tidak memiliki alat yang lengkap, dapat memanfaatkan rode video mic pro agar suara dari dubber jernih dan maksimal.

Lighting
Sumber foto : Google

Merekam video di malam hari ataupun di tempat dengan cahaya yang tidak terlalu baik, maka kalian dapat memanfaatkan lighting untuk menunjang pencahayaan video yang kalian akan buat. Dengan begitu video kalian tetap mendapatkan cahaya yang cukup dan baik.
Lihat juga : Beberapa pilihan kamera untuk vlog dan video youtube

Slider
Sumber foto : Google

Biasanya dalam membuat video, terlihat gambar maju ataupun mundur atau bergerak ke samping. Meskipun kamera berjalan bergerak, biasanya tidak terlihat ada goncangan dan video tetap stabil. Hal tersebut terjadi karena kamera menggunakan slider yang berfungsi untuk menangkap video dengan objek bergerak maju, mundur atau kesamping namun dengan hasil video yang tetap halus pergerakannya.

Itulah beberapa peralatan dasar yang akan menunjang kegiatan kalian ketika merekam video, selain memudahkan mengambil video, dengan peralatan diatas kalian akan mampu menghasilkan video yang bagus dan minim getaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para videografer. Selamat berkarya!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: