Lensa Kamera yang Bagus untuk Pemula | Blog Banten Kamera

Lensa Kamera yang Bagus untuk Pemula

Lensa Kamera yang Bagus untuk Pemula
Sumber foto: Photography Talk

Di zaman modern saat ini, kamu menyadarinya ataupun tidak, kamera sudah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan sehari-hari kamu. Entah itu untuk memotret diri kamu sendiri atau hal yang lainnya. Dan tentu saja pemanfaatan sebuah teknologi canggih kamera merupakan suatu hal yang baik dilakukan asalkan tidak terlalu berlebihan.

Bila kamu merupakan salah satu pengguna kamera DSLR ataupun kamera Mirrorless, kamu tentu perlu menggunakan sebuah lensa yang baik untuk bisa mendapatkan hasil foto yang baik pula. Lensa kamera sendiri hadir dengan bermacam-macam tipe yang dapat kamu gunakan pada beragam kondisi berbeda.

   Lihat juga: Macam-macam Lensa Kamera DSLR

Mungkin bila kamu ingin memotret foto landscape ada baiknya untuk kamu lebih menggunakan lensa wide, ketimbang lensa prime yang memang tidak dapat kamu perbesar ataupun perkecil. Lensa wide memang didesain supaya memiliki sudut pandang yang luas agar kamu bisa mendapatkan cangkupan hasil pemandangan alam yang luas juga.

Atau bila kamu ingin memotret benda berukuran mungil dan kamu berniat untuk membuatnya tampak besar di hasil foto kamu, kamu bisa menggunakan lensa micro yang baik untuk digunakan pada kondisi seperti halnya demikian.

Namun, pertanyaannya, lensa kamera manakah yang baik digunakan untuk para pemula? Untuk kamu yang penasaran, langsung saja untuk lanjut membacanya!

Lensa Prime
Lensa prime
Sumber foto: Shaw Academy

Bila kamu para pengguna kamera yang masih dikategorikan sebagai pemula, coba gunakanlah lensa prime untuk urusan memotret kegiatan sehari-hari kamu berupa foto portrait, atau memotret momen-momen indah lainnya dengan efek bokeh yang lembut.

Lensa prime atau biasa disebut lensa fixed ini tentunya akan sangat baik digunakan apabila kamu ingin memotret pada kondisi low light atau minim cahaya. Namun, hanya sebagai pengetahuan tambahan, kami tidak terlalu menyarankan kamu untuk selalu menggunakan angka aperture maksimal yang tersedia, seperti f/1.8 atau f/1.4, karena pada bukaan lensa sebesar itu, kamu akan mendapatkan hasil foto yang kurang tajam.

   Lihat juga: Tips Mendapatkan Hasil Foto Tajam

Dan untuk kamu para pemula yang ingin menggunakan lensa prime, mungkin lensa yang baik digunakan untuk kamu adalah tipe lensa 50mm f/1.8 dari Canon. Selain baik digunakan untuk kegiatan memotret kamu, lensa ini juga sangat bagus bila kamu ingin menggunakannya untuk merekam video.
Hasil foto lensa canon 50mm f/1.8
Sumber foto: YouTube

Lensa Canon 50mm ini sudah memiliki fitur STM pada lensannya, sehingga pada saat merekam, kamu akan menikmati fitur canggihnya berupa kecepatan yang baik serta tidak menimbulkan banyak suara pada saat lensa melakukan autofocus. Selain itu, bentuknya yang kecil juga tentunya akan semakin meringankan beban kamu pada saat kamu akan pergi jalan-jalan.

Lensa Wide
Tokina 11-16mm f/2.8
Sumber foto: DVXuser.com

Untuk kamu yang ingin pergi menjelajahi keindahan alam yang ada disekitar kamu, tentu saja kamu perlu banget untuk membawa lensa wide di dalam tas kamu dan langsung menggunakannya kala akan memotret foto landscape.

Lensa wide yang akan menjadi saran kami kali ini merupakan, tipe lensa wide Tokina 11-16mm f/2.8. Lensa yang satu ini dapat dikategorikan sebagai salah satu lensa super wide. Selain itu, angka aperture minimumnya yang memang sudah cukup baik, sangat cocok digunakan pada kondisi minim cahaya.

Lensa tokina yang satu ini pun sudah memiliki angka aperture yang konstan, dimana kamu bisa tetap mendapatkan bukaan lebar lensa yang sama, meski kamu memperbesar focal length lensanya hingga ke tahap maksimal.
Canon 10-18mm f/4.5-5.6
Sumber foto: Canon Ireland

Tetapi bila kamu ingin menggunakan lensa lainnya yang jauh lebih wide, kamu bisa menggunakan lensa Canon 10-18mm f/4.5-5.6 dengan sistem STM dimana seperti yang kami jelaskan sebelumnya, sistem ini akan memberikan keuntungan lebih untuk kamu yang menggunakannya pada saat merekam gambar.

Lensa Tele
Canon EFS 18-135mm STM
Sumber foto: Bukalapak

Dan bagi kamu pemula yang ingin menggunakan kamera dengan kemampuan zooming yang baik pada jarak yang cukup jauh, mungkin kamu perlu banget untuk menggunakan lensa Canon EFS 18-135mm STM ini sebagai lensa awal kamu.

Seperti yang dapat kamu lihat, lensa ini memiliki rentang focal length yang cukup panjang sehingga dapat kamu gunakan untuk foto portrait, sekaligus juga untuk memotret subjek jarak jauh. Kepraktisan yang bisa kamu dapatkan inilah yang akan membuat lensa kamera ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan memotret kamu sebagai suatu langkah awal.
Hasil foto Canon EFS 18-135mm STM
Sumber foto: Photography on the Net

Lensa ini sendiri juga sudah banyak direkomendasikan oleh banyak fotografer profesional di luar sana, untuk digunakan oleh fotografer pemula seperti kamu.

Jadi, itulah beberapa lensa kamera yang bagus untuk digunakan kamu para fotografer pemula! Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: