Cara Merawat Kartu Memori Kamera dengan Baik | Blog Banten Kamera

Cara Merawat Kartu Memori Kamera dengan Baik

Cara Merawat Kartu Memori Kamera dengan Baik
Sumber foto: Jeff Cable's Blog

Dapat merawat kamera dengan baik, merupakan salah satu tanggung jawab besar dalam menjadi seorang fotografer. Karena kamera merupakan salah satu aset terpenting kamu dalam hal menjalani profesi kamu. Kecuali, jika memang kamu benar-benar rela langsung membeli kamera yang lebih baru lagi saat kamera lama kamu mengalami sebuah kerusakan.

Dalam melakukan perawatan pada kamera, kamu tidak hanya perlu mengaplikasikannya dengan baik hanya kepada badan kameranya saja atau mungkin lensa kamera milik kamu. Karena masih ada beberapa komponen yang ada pada kamera milik kamu yang perlu kamu berikan perawatan secara maksimal. Seperti misalnya, baterai, sensor kamera, viewfinder, hingga LCD kamera kamu butuh di rawat dengan baik.

   Lihat juga: Cara Menghilangkan Debu pada Viewfinder DSLR

Hal lainnya juga yang perlu kamu rawat pada kamera kamu, merupakan kartu memorinya sendiri. Memang, kartu memori banyak di jual di pasaran dengan harga yang tidak begitu tinggi. Jadi, untuk kamu yang memang memiliki uang yang 'berlebih', sepertinya tidak akan merasa keberatan untuk membeli kartu memori baru.

Tetapi, ya, hal seperti itu tentu bukan hal yang baik untuk dilakukan. Walau bagaimanapun juga, merawat barang dengan baik adalah hal nomor satu yang perlu kamu lakukan saat memiliki suatu barang.
Kartu Memori untuk Kamera
Sumber foto: Consumer Reports

Jadi, kamu perlu banget untuk tahu beberapa tata cara yang benar saat merawat kartu memori kamera kamu. Berikut adalah tips atau cara merawat kartu memori kamera dengan baik dari Banten Kamera kali ini, Pembaca!

Selalu Format Kartu Memori Setelah Meng-upload Data
Format kartu memori
Sumber foto: Digital Camera Recovery

Untuk menghemat kartu memori, mungkin beberapa dari kamu akan langsung menyalinnya atau meng-upload file-file atau data foto serta video kamu setelah menggunakannya sepanjang hari ke perangkat kamu yang lainnya yang berupa laptop ataupun komputer, bukan?

Melakukan hal berikut ini merupakan salah satu hal yang baik dilakukan, dimana kamu dapat langsung menggunakan kamera kamu kembali berikut dengan kartu memorinya untuk kegiatan memotret serta merekam gambar kamu yang lainnya.

Namun, perlu kamu ingat, setelah kamu melakukan peng-upload-an atau penyalinan data ke perangkat kamu yang berupa laptop ataupun komputer, sebaiknya segera format kartu memori kamu dan lakukanlah secara langsung di laptop atau komputer kamu.

Kami akan sangat menyarankan kamu untuk tidak melakukan formatting kartu memori pada kamera kamu, kecuali jika kamu berada dalam beberapa kondisi yang mendesak.

Gunakan Card Reader Saat Meng-upload
Card reader untuk kartu memori
Sumber foto: Granite River Labs

Satu lagi peraturan yang perlu kamu saat melakukan peng-upload-an gambar dan video dari kartu memori ke laptop atau komputer kamu, kami akan menyarankan sekali untuk menggunakan card reader ketimbang kamu memindahkannya secara langsung dari kamera ke komputer atau laptop kamu.

Kenapa?

Karena menggunakan card reader akan jauh lebih aman dilakukan, yang sementara bila kamu mentrasfer data secara langsung dari kamera ke laptop/komputer, kamera kamu bisa saja mengalami kehabisan daya baterai di tengah-tengah pengiriman data dari kamera kamu.

Tentu saja hal ini dapat berdampak buruk pada kartu memori kamera kamu yang akan mengalami kerusakan. Lagipula, kamu akan merasa jauh lebih mudah melakukan penyalinan data dengan menggunakan card reader. Card reader sendiri juga sudah banyak dijual dengan harga yang sangat murah untuk kamu gunakan.

Selalu Pastikan Baterai Kamera Tidak Habis
Low battery
Sumber foto: Tech Magazine

Seperti yang sudah kami jelaskan pada topik sebelumnya, bila kamera kamu mengalami kehabisan daya baterai disaat kamera kamu sedang bekerja, maka salah satu komponen yang akan berdampak buruk adalah kartu memori kamu, dimana kamu bisa saja melihatnya lagi sudah dalam keadaan rusak.

Untuk itu, kamu harus selalu memastikan bahwa baterai kamera kamu masih memiliki sisa daya yang cukup untuk digunakan. Jangan terlalu banyak mengambil resiko dengan tetap menggunakannya disaat sisa daya baterai kamu hanya tinggal di bawah 20 persen saja.

   Lihat juga: Cara Merawat Baterai Kamera Agar Lebih Tahan Lama

Jadi, pastikan saja, ya, sebelum kamu menggunakan kembali kamera kamu untuk selalu memeriksa sisa daya baterai yang ada, Pembaca!

Jangan Menghapus Foto Pada Kamera
Jangan menghapus foto secara langsung pada kamera
Sumber foto: ProData Management

Menghapus foto pada kamera itu tidak diperbolehkan? Kenapa?

Mungkin banyak dari kamu yang sudah sering melakukannya, jadi saat membacanya kamu menjadi sedikit panik. Hal ini sebenarnya tidak terlalu kami sarankan untuk dilakukan, karena menghapus foto pada kamera akan membebani data lainnya yang ada pada kartu memori kamu.

Yang dimaksudkan dengan beban disini adalah pada saat kamu menghapus foto secara langsung pada kamera untuk memberikan lebih banyak spasi kosong untuk foto baru atau video baru kamu.

Faktanya, pada saat kamu melakukan hal ini, maka data yang baru tersimpan pada kartu memori kamu ini akan langsung memaksa untuk mengisi kekosongan tersebut yang dapat mengakibatkan data-data kamu menjadi saling tumpang tindih dan tentu saja hal ini bukanlah hal yang baik bila sampai terjadi.

Jadi, kamu perlu untuk menghindari menghapus foto atau video secara langsung pada kamera kamu, ya, Pembaca!

Simpan Kartu Memori di Tempat yang Aman
Simpan kartu memori di tempat yang aman
Sumber foto: Updato

Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan untuk merawat kartu memori kamera kamu dengan baik ialah tentu saja dengan menyimpannya di tempat yang baik dan aman.

Kartu memori dengan bentuk yang kecil memang terkadang dapat menyusahkan kamu untuk mencarinya bila kamu meletakkannya di dalam tas. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki sebuah tempat berbentuk mini yang dapat kamu jadikan sebagai tempat penyimpanan kartu memori kamu.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencarinya juga memberikan tempat yang jauh lebih aman untuk kartu memori kamu, Pembaca!

Jadi, itulah beberapa cara yang baik dalam merawat kartu memori kamera kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memperluas ilmu pengetahuan kamu, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: