5 Alat yang Wajib Dibawa untuk Membuat Short Movie | Blog Banten Kamera

5 Alat yang Wajib Dibawa untuk Membuat Short Movie

5 Alat yang Wajib Dibawa untuk Membuat Short Movie
Sumber foto: B&H

Dalam menjadi seorang fotografer, kamu tentunya bukan hanya harus mendalami soal memotret gambar saja, tapi juga dalam hal merekam gambar. Namun, seperti yang kamu ketahui, bahwa merekam video keseharian, seperti misalnya vlog atau sejenisnya, akan sangat jauh berbeda dengan membuat sebuah short movie.

Mungkin memang tak banyak orang yang senang membuat short movie, meski akan berbeda lagi ceritanya untuk orang yang senang menontonnya. Tapi untuk kamu para pemula yang baru saja memutuskan untuk menjadi seorang moviemaker atau untuk kamu yang sedang ditugaskan untuk membuat sebuah short movie oleh dosen atau guru kamu, ada baiknya untuk langsung lanjut membacanya, nih!
Pembuatan short movie
Sumber foto: latd.com

Memang, membuat short movie itu tak semudah kelihatannya. Butuh waktu berjam-jam, berhari-hari, bahkan bisa sampai berbulan-bulan untuk dapat menyelesaikannya. Kamu tentunya butuh melaksanakan persiapan yang matang, agar setidaknya dapat melakukan kegiatan shooting kamu dengan lancar.

Dan salah satu hal terpenting yang perlu kamu persiapkan, ya, nggak akan jauh-jauh dari peralatan shooting-nya sendiri. Mungkin kamu bisa saja berpikir bahwa peralatan shooting untuk membuat short movie pasti akan sangat banyak atau bahkan dapat merepotkan kamu.

Ups, sepertinya kamu baru saja memiliki pemikiran yang salah! Karena kamu hanya perlu membawa 5 alat wajib ini dalam membuat short movie!

Kamera
Kamera untuk short movie
Sumber foto: B&H

Tentu saja, semua orang juga tahu untuk membuat sebuah film pendek pastinya akan membutuhkan sebuah kamera. Namun, yang bisa menjadi pertanyaannya adalah kamera apa yang baik digunakan dalam membuat sebuah film pendek?

Dalam membuat sebuah film pendek, hanya ada dua pilihan kamera yang cocok untuk digunakan, yaitu DSLR atau Mirrorless. Keduanya akan sama-sama baik digunakan dan untuk memilih mana diantara keduanya, mungkin akan tergantung dengan budget serta pendapat kamu nantinya.

Lihat juga: Kamera Pemula yang Bagus untuk Video

Bagi kamu yang mungkin akan membuat sebuah film pendek hanya untuk keperluan tugas, mungkin kamera DSLR Canon EOS 550D (Rebel T2i) akan baik untuk digunakan oleh kamu. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, kamera ini juga memiliki kualitas yang cukup baik dalam hal merekam sebuah film pendek. Berikut adalah salah satu contoh film yang menggunakan Canon EOS 550D sebagai kameranya.



Namun, bila kamu memang memiliki budget yang lebih besar, mungkin kami akan lebih menyarankan kamu untuk menggunakan kamera mirrorless Panasonic Lumix G7 yang juga memiliki kualitas yang baik dalam hal merekam dengan resolusi 4K.

Microphone

Microphone, merupakan peralatan selanjutnya yang dapat dianggap penting setelah kamera. Kenapa? Karena kamu pastinya tidak hanya menginginkan kualitas gambar yang baik, tapi juga dengan kualitas audio yang menarik.

Namun, hanya menggunakan microphone yang ada pada kamera kamu, tidak dapat memaksimalkan kualitas audio pada film kamu nantinya, jadi kamu perlu menggunakan sebuah microphone eksternal untuk memaksimalkannya.
Lavalier Mic
Sumber foto: Pevly

Bukan hanya kamera, Mircrophone sendiri juga memiliki beberapa pilihan yang dapat kamu gunakan, seperti Lavalier microphone yang biasa disematkan pada baju aktor atau aktris kamu untuk mendapatkan hasil suara yang lebih baik serta jernih. Mic jenis ini, dijual dengan harga mulai dari 70 hingga ratusan ribu.
Rode Videomic
Sumber foto: DHgate.com

Atau kamu juga bisa menggunakan Shotgun Microphone yang biasa diletakkan di atas (External Hot Shoe) kamera DSLR kamu. Dan jika kamu ingin menggunakan mic yang satu ini, kamu bisa menggunakan Rode Videomic, karena memang sudah memiliki kualitas yang baik. Mirchophone yang satu ini jual dengan harga mulai dari 600ribuan.

Namun, daripada membeli baru kenapa tidak menyewa di Banten Kamera saja?

Tripod
Tripod untuk short movie
Sumber foto: Shotkit

Alat selanjutnya yang wajib kamu bawa adalah Tripod. Tripod tentunya akan sangat berperan penting bagi kamu dalam hal pengambilan gambar nantinya, karena umumnya, dalam hal pembuatan film pendek, kamu perlu selalu memastikan kamera kamu dalam keadaan yang tenang agar tak menimbulkan banyak guncangan pada hasilnya nanti.

Saat menggunakan tripod pun, kamu juga bisa melakukan gerakan memutar yang halus pada kamera kamu. Itulah mengapa, tripod juga dapat berperan penting dalam pembuatan film pendek kamu.

Untuk membuat sebuah film pendek, kamu bisa menggunakan tripod merk Manfrotto, Weifeng atau Somita. Ketiganya merupakan tripod berkualitas yang baik digunakan untuk pemula maupun profesional moviemaker.

Lighting
LED panels
Sumber foto: DIY Photography

Dapat mengontrol kondisi pencahayaan yang ada pada tempat adegan kamu berlangsung, pastinya merupakan suatu hal yang akan sangat kamu inginkan. Apalagi jika kamu tengah merekam di dalam ruangan atau di waktu malam, alat bantu lighting pastinya akan sangat dibutuhkan untuk kamu.

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas, mungkin kamu bisa menggunakan beberapa lampu yang tersedia disekitar rumah kamu atau kamu bisa membeli atau menyewa lampu LED Panel murah sebagai pendukung untuk kebutuhan pencahayaan kamu.

Laptop

Alat terakhir adalah sebuah laptop. Kenapa Laptop? Karena sebelum mempresentasikan film pendek kamu ke khalayak umum, kamu perlu mengedit hasil rekaman kamu dengan baik, bukan?

Lalu apa harus selalu menggunakan laptop? Tidak juga. Kamu bisa menggunakan perangkat milik kamu yang lainnya, yang mampu menyediakan aplikasi editing yang baik serta dapat mempermudah kamu nantinya.
Adobe Premiere Pro
Sumber foto: Google

Untuk aplikasi editingnya sendiri, kami merokemendasikan untuk kamu menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro yang dapat digunakan baik di Macbook maupun Laptop atau komputer kamu yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan iMovie bila kamu menggunakan Macbook atau aplikasi yang lebih baik lainnya seperti Final Cut Pro X.

Jadi, moviemaker, itulah 5 Alat Wajib yang perlu kamu bawa saat membuat short movie. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan menambah ilmu pengetahuan kamu! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: