Tips Foto Landscape dengan Lensa KIT | Blog Banten Kamera

Tips Foto Landscape dengan Lensa KIT

Lensa KIT 18 - 55mm
Sumber foto : Google
Setiap orang pasti ingin menghasilkan foto yang bagus dan menarik, biasanya foto yang bagus dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kamera atau lensa yang bagus, fotografer yang mampu menghasilkan gambar yang bagus, atau penguasaan teknik fotografi. Bagi kalian yang memiliki peralatan fotografi jangan sulit untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Setiap orang mampu menghasilkan foto yang bagus dan menarik, namun untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik membutuhkan penguasaan teknik fotografi yang ditunjang dengan alat fotografi yang bagus. Selain menggunakan kamera, ketika memotret tentu kalian memerlukan lensa sebagai pasangan dari sebuah kamera. Lensa merupakan salah satu alat vital yang berfungsi untuk menangkap cahaya dan gambar.

Lensa kamera memiliki banyak macamnya, setiap lensa memiliki fungsi yang berbeda - beda. Misalnya lensa tele berfungsi untuk memotret jarak jauh atau lensa fisheye yang berfungsi untuk menangkap gambar dengan area yang luas. Namun, ketika kalian membeli kamera, baik baru maupun bekas, lensa yang selalu menjadi pasangan kamera yaitu lensa KIT 18-55mm.

Meskipun lensa ini merupakan bawaan dari kamera dan memiliki kualitas yang standar, sebagai pengguna kalian sebaiknya dapat memanfaatkan lensa ini dengan maksimal ketika menggunakannya untuk mendapatkan hasil gambar yang tetap bagus.

Bagi kalian yang menyukai dalam memotret pemandangan, meskipun lensa khusus yang sebaiknya digunakan untuk memotret landscape adalah lensa wide, bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkan hasil yang bagus hanya dengan menggunakan lensa KIT. Untuk mendapatkan hasil gambar landscape yang bagus dengan menggunakan lensa KIT, kalian dapat mengikuti beberapa langkah berikut :

Menggunakan Tripod
Tripod kamera
Sumber foto : Google

Tripod merupakan peralatan yang wajib kalian bawa ketika akan memotret pemandangan, hal ini
dapat membantu kalian untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih bagus dan lurus. Pada beberapa kondisi biasanya kalian akan kesulitan untuk mendapatkan foto landscape yang lurus atau landscape dengan teknik slow speed.

Agar kamera tidak terguncang serta menghasilkan gambar yang blur, hal yang dapat kalian lakukan adalah menggunakan tripod ketika memotret. Jika pemandangan di sekitar kalian sangat bagus, namun hasil gambar kalian blur atau tidak lurus tentu akan merugikan kalian.

Untuk sebab itu bawalah tripod ketika akan mengambil foto landscape. Gunakan Komposisi Rule of third Ini merupakan salah satu komposisi yang berfungsi untuk merindah hasil gambar serta agar seseorang yang melihat gambar kalian dapat langsung terfokus pada objek utama. Ketika kalian memahami teknik ini, kalian akan merasakan kemudahan ketika memotret gambar serta menempatkan objek utama.

Berbeda ketika kalian tidak memahami teknik rule of third ini, kalian akan merasakan kesulitan untuk menempatkan objek utama. Selain, itu dengan menguasai teknik ini kalian akan lebih cepat mengambil gambar. Jika kalian mampu mengambil gambar dnegan cepat, maka akan semakin banyak karya foto yang akan kalian hasilkan meskipun dengan waktu yang singkat.
Lihat juga : Daftar Kamera DSLR 2  Jutaan
Perhatikan Garis Horizon
garis horizon landscape
Sumber foto : Google

Ketika memotret landscape hal penting yang perlu kalian perhatikan adalah keseimbangan objek yang kalian ambil. Biasanya ketika memotret foto landscape, kalian akan mendapatkan sebuah garis tengah antara langit dan permukaan air laut atau garis tengah antara langit dan daratan. Untuk sebab itu, agar kalian menghasilkan gambar yang bagus dan lurus, pastikan untuk memperhatikan garis horizon.

Bagi yang belum mengetahui mengenai garis horizon, biasanya akna menghasilkan foto yang miring. Foto dengan garis horizon yang miring tentu tidak akan enak dilihat dan tidak menarik. Untuk itu, agar kalian menghasilkan foto yang menarik pastikan untuk memperhatikan dan memastikan garis horizon lurus.

Selain itu, garis horizon berfungsi sebagai garis pembagi antara objek utama dengan objek lainnya, ketika kalian akan memotret landscape dengan area padang savana misalnya, kalian sebaiknya tentukan untuk memilih objek yang lebih diberikan ruang lebih besar. Untuk menentukan area mana yang lebih banyak diberi ruang, apakah padang savana atau langit, kalian bisa membagi atau menandai menggunakan garis horizon.

Jika kalian lebih memilih ingin menonjolkan padang savana, maka berikan ruang yang lebih besar untuk padang savana dan kecilkan area langit. Jika kalian merasa langit lebih bagus, maka berikan ruang lebih besar untuk langit.

Meskipun hanya dengan menggunakan lensa KIT, memperhatikan dan menentukan garis horizon adalah bukan suatu hal yang sulit. Sehingga dengan lensa KIT kalian akan mendapatkan hasil foto dengan garis horizon yang lurus.

Menggunakan Teknik Slow Speed
slow shutter speed water
Sumber foto : Google

Menggunakan lensa KIT atau lensa lainnya tetap bisa untuk mengambil gambar dengan teknik slow speed. Pada beberapa area landscape, biasanya seorang fotografer untuk lebih memperindah gambar dengan menggunakan teknik slow speed. Teknik ini akan menghasilkan gambar air yang seolah - olah halus, begitupun dengan cahaya.

Beberapa area yang biasa digunakan untuk menggunakan slow speed yaitu seperti sungai, langit malam (bima sakti), air terjun dan lain sebagainya. Ambil Gambar dari posisi yang lebih tinggi
Karena lensa KIT memiliki batas ruang pengambilan yang lebih sempit dibandingkan dengan menggunakan lensa wide.

Jangan khawatir kalian tidak bisa mendapatka hasil gambar dengan area yang luas. Untuk mendapatkan foto landscape yang maksimal, kalian hanya perlu mencari tempat yang tinggi di area tempat kalian mengambil foto.

Hal ini perlu kalian lakukan untuk menambah ruang menjadi lebih besar dan pemandangan dapat lebih banyak masuk dalam frame. Berbeda jika kalian berada di tempat yang kurang tinggi, biasanya ruang foto yang kalian dapatkan menjadi kurang lebar.

Itulah beberapa tips foto landscape menggunakan kamera KIT, untuk memaksimalkan hasil foto landscape hanya dengan menggunakan lensa KIT, kalian dapat menggunakan beberapa tips diatas. Semoga artikel ini dapat bermafaat serta menambah informasi mengenai fotografi kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: