Mengenal Komposisi Rule of Thirds pada Fotografi | Blog Banten Kamera

Mengenal Komposisi Rule of Thirds pada Fotografi

Rule of Third
Sumber foto : Google
Setiap foto yang kita hasilkan tentu kita menginginkan foto tersebut menjadi foto yang menarik dan enak dilihat oleh mata. Oleh karena itu terdapat beberapa cara agar foto kalian dapat lebih menarik dari sebelumnya.

Ketika awal mempelajari fotografi, biasanya seseorang belajar mengenai beberapa dasar dari fotografi. Fungsinya agar kita lebih mudah untuk menghasilkan foto yang menarik dan bagus dengan waktu yang cepat. Karena jika kita sudah dapat menghasilkan foto yang menarik ditambah cepat, maka semakin banyak kita dapat menciptakan foto - foto yang keren meskipun dengan keterbatasan waktu yang kita miliki.

Dilihat dari sifatnya, momen atau peristiwa tertentu biasanya berlangsung sangat cepat bahkan tidak berulang. Oleh sebab itu, kalian perlu memperhatikan beberapa aturan dalam fotografi yang sebaiknya kalian pelajari sebelum terjun ke dunia fotografi. Untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus dan menarik, tentu kalian memerlukan usaha yang keras dan terus - menerus.

Untuk dapat menghasilkan foto yang menarik dan enak dilihat, kalian perlu mempelajari komposisi foto. Apa itu komposisi foto? Komposisi foto adalah menempatkan objek pada tempat yang dapat membuat foto tersebut menjadi menarik dan enak dilihat.

Menurut Arbain Rambey, seorang fotografer profesional yang sudah puluhan tahun menggeluti dunia fotografi dan jurnalistik, komposisi fotografi adalah masalah menempatkan berbagai benda yang terpotret dalam bingkai fotonya.

Bagus tidaknya komposisi sebuah foto sangat tergantung kebutuhan pada foto itu sendiri. Komposisi bisa dibuat dengan mengatur benda yang akan dipotret, atau mengatur angle (sudut pengambilan) dan pilihan lensa untuk obyek pemotretan yang tak bisa diatur.
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Komposisi dalam fotografi terbagi dalam berbagai macam jenis, namun yang akan dibahas dalam artikel ini adalah rule of third. Apa itu rule of third? Rule of third adalah garis - garis pembagi dalam tampilan layar kamera yang berfungsi untuk menempatkan objek bidikan.

Untuk memudahkan kalian, kamera sudah menyediakan grid view pada layar yang berfungsi untuk membantu kalian untuk menempatkan objek pada garis yang telah disediakan.

Rule of third ditandai dengan dua garis horizontal dan dua garis vertikal yang membagi 9 kotak kecil pada layar, hal tersebut agar memudahkan fotografer dalam menempatkan objek bidikannya dengan baik, serta membuat foto mnejadi lebih menarik dan enak dilihat.

Untuk lebih mudahnya dalam memahami rule of third, kalian hanya perlu menempatkan objek bidikan disamping kanan atau samping kiri layar. Dengan begitu kalian sudah menerapkan komposisi fotografi rule of third.

Jika kita biasanya menempatkan objek di tengah, hal tersebut menjadikan foto menjadi kurang menarik. Pada dasarnya, ketika melihat pada foto, mata manusia langsung fokus ke samping kanan dan kiri foto, artinya tidak langsung fokus melihat ke tengah foto.

Rule of third biasanya diaplikasikan pada foto yang memiliki objek tunggal dengan dikelilingi bidang kosong yang luas. Contohnya seperti memotret satu ekor unta di padang pasir, karena padang pasir yang luas dan kosong kita dapat menerapkan komposisi rule of third fotografi.

Kalian dapat menempatkan unta di samping kanan dan kiri frame atau layar, dengan begitu kalian akan mendapatkan foto yang menarik dan tetap enak dilihat meskipun banyak ruang kosong dalam foto tersebut.

Namun hal ini dapat diterapkan pada banyak objek yang akan kalian potret, diantaranya gedung, gunung atau kendaraan. Kalian dapat merubah atau menggeser posisi kalian ketika memotret untuk menerapkan komposisi rule of third. Selain itu, komposisi ini akan sulit dan bahkan tidak dapat diterapkan pada objek yang rapat dan banyak, karena hal tersebut akan menjadikan hal foto menjadi tidak menarik.

Itulah penjelasan mengenai salah satu komposisi fotografi rule of third. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian mengenai komposisi fotografi. Selamat membaca dan mencoba
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: