Mempelajari Garis Horizon dan Cara Mengaturnya | Blog Banten Kamera

Mempelajari Garis Horizon dan Cara Mengaturnya

Garis horizon
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti
Apakah kalian suka jalan -jalan ke pantai, situ atau danau? Jika iya, terlebih kalian sangat menyukai mengabadikan moment ketika berada di tempat tersebut, maka kalian wajib untuk mempelajari garis horizon dalam fotografi dan bagaimana cara pengambilan gambar agar menghasilkan garis lurus antara air dan permukaan langit.

Sebelum membahas bagaimana untuk mendapatkan foto dengan garis horizon yang tepat, Artikel ini akan membahas mengenai apa itu garis horizon. Garis horizon adalah garis lurus yang terlihat antara permukaan dataran atau permukaan air dengan langit. Biasanya garis ini terlihat ketika memotret foto di pantai atau danau.

Ketika pertama kali memotret pantai atau suatu objek yang memiliki garis horizon biasanya seseorang memotret secara tidak lurus, tetapi miring seperti air tumpah. Oleh karena itu sebaiknya kalian mempelajari hal satu ini agar hasil foto kalian yang menangkap garis horizon tetap keren dan lurus.

Pada dasarnya karya foto dibuat untuk dilihat oleh mata manusia, sehingga hasil yang diperoleh harus menarik dan enak dilihat. Seseorang biasanya mengabaikan garis horizon karena, ketika memotret hanya fokus kepada objek utama saja tanpa memperhatikan sekeliling, akhirnya hasil foto yang kita ambil memiliki garis horizon yang kurang baik dan miring.

Penyebab selanjutnya adalah seseorang yang memotret garis horizon memang tidak mengetahui tentang hal ini, akibatnya ia memotret dengan mengabaikan garis horizon yang seharusnya menjadi hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Terakhir adalah keseimbangan tangan yang kurang, dengan begitu akhirnya tangan menjadi bergetar dan tidak mampu menangkap gambar secara lurus.

Selain itu, garis horizon dipergunakan sebagai batas objek foto yang akan kita ambil. Seperti yang kalian ketahui, garis horizon adalah garis batas antara permukaan air dengan bidang langit. Sehingga dengan adanya garis horizon, bisa menjadi pembatas bidang mana yang akan kalian masukkan ke dalam frame yang lebih besar.

Hal tersebut biasanya dipilih berdasarkan tingkat menariknya sebuah objek, apakah yang lebih menarik langit atau lebih menarik lautan atau danau.

Jika kalian melihat lebih menarik laut atau pantai, maka sebaiknya kalian garis horizon lebih berada diatas, artinya foto kalian lebih banyak menangkap air laut. Begitupun sebaliknya, jika kalian melihat langit lebih menarik dari air laut atau pantai, sebaiknya kalian lebih banyak memberi ruang untuk langit agar hasil foto yang kalian dapatkan menjadi lebih menarik.
Tripod
Sumber foto : Google

Untuk mencegah menangkap foto dengan garis horizon yang tidak lurus, kalian dapat memanfaatkan salah satu peralatan kamera. Apakah itu? Tripod. Ya, tripod. Dengan menggunakan tripod sebelum kalian memotret, kalian dapat mengukur atau mengatur tempat tripod berpijak. Pilihlah tempat pijakan tripod pada bidang yang lurus, sehingga kalian tidak akan mendapatkan hasil foto yang miring juga.

Itulah penjelasan mengenai garis horizon dan cara mengambil fotonya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian mengenai fotografi dan selamat mencoba.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: