Pilihan Drone dari berbagai macam level pengguna | Blog Banten Kamera

Pilihan Drone dari berbagai macam level pengguna

dji spark drone
Sumber foto : Google
Kehidupan yang semakin modern membuat alat - alat yang tersedia juga semakin maju dan canggih. Begitu juga dengan kamera, semakin maju zaman semakin modern dan canggih pula kamera yang diciptakan. Mungkin pada tahun 90an, keberadaan kamera masih sangat jarang.

Kalaupun ada, pemiliknya hanya orang - orang tertentu yang memiliki profesi di bidang fotografi atau videografi saja, terlepas dari itu masih jarang sekali yang memiliki kamera untuk digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Namun saat ini, kamera sudah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. beberapa waktu ini, kamera DSLR dan mirrorless semakin marak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut dilakukan guna untuk mengabadikan momen atau kegiatan yang seseorang lakukan, tak hanya DSLR dan mirrorless, kamera semakin berkembang dan dipadukan teknologi yang lebih canggih.

Apakah jenis alat canggih itu? jawabannya adalah drone. Bagi kalian yang masih awam dengan drone, drone merupakan sebuah alat yang berbentuk seperti pesawat kecil yang dapat digunakan sebagai alat bantu kamera untuk merekam video atau menamgkap gambar dari atas udara dengan ketinggian tertentu.

Pada ranah fotografi, drone ini merupakan salah satu alat yang dapat memudahkan pekerjaan seseorang untuk menangkap gambar atau video dari tempat yang sulit atau bahkan tidak dapat dijangkau oleh manusia.

Kalaupun dapat dijangkau oleh manusia, maka kita memerlukan pesawat terbang atau helikopter sebagai alat yang kita gunakan ketika akan mengambil atau merekam sebuah video. Tentu hal tersebut membutuhkan biaya yang sangat banyak serta waktu yang juga lama, ditambah beberapa kendala lain yang akan dialami ketika mengambil gambar menggunakan bantuan helikopter atau pesawat.

Namun hadirnya drone di masyarakat umum, terutama dalam bidang fotografi, tentu semakin memudahkan seseorang untuk menghasilkan gambar dengan cepat dan mmapu mengambil gambar dengan area yang sekaligus luas karena denga menggunakan drone kamera menangkap gambar dari atas, sehingga gambar atau video lebih luas dan menarik untuk dilihat.

Bagi kalian yang tertarik dengan drone atau berminat untuk membelinya, berikut beberapa macam drone yang bisa menjadi pilihan untuk kalian :

Drone Dji Phantom 3 Standar
Drone Dji Phantom 3 Standar
Sumber foto : Google

Layaknya kamera DSLR, drone juga memiliki berbagai macam level yang difungsikan agar seseorang lebih mudah memilih drone yang cocok untuk digunakan sesuai dengan tingkat kemampuannya sehingga membuat drone lebih mudah untuk digunakan atau dipelajari sebelumnya.

Drone satu ini merupakan salah satu jenis drone yang cocok digunakan untuk pemula, jangan khawatir bagi kalian para pemula yang akan menggunakan drone ini, kalian akan sangat dimudahkan karena suguhan mode penerbangan.

Mode pertama yaitu semi autopilot, dengan menggunakan mode ini maka drone akan mengikuti kemana saja kalian (pilot) bergerak. Mode selanjutnya yaitu way point yang berarti kalian dapat mengatur dan menetapkan kemana drone harus pergi, sehingga yang perlu kalian lakukan sebagai pilot yaitu hanya mengontrol kameranya saja. Mode yang terakhir yaitu Point of Interest, dengan menggunakan mode ini kalian bisa mengatur titik fokus yang akan dikelilingi oleh drone.

Bagi kalian yang akan menggunakan drone satu ini, tidak perlu khawatir tentang gambar yang dapat dihasilkan oleh drone ini. Drone Dji Phantom 3 mampu merekam video dengan resolusi 2704x1520 piksel dengan frame rate 30 fps. Untuk foto, drone ini mampu memiliki resolusi kamera sebesar 12MP dengan 2 pilihan format gambar, yaitu JPEG dan DNG.

Selain itu bagi kalian yang memang sangat menyukai untuk merekam video dengan durasi yang lebih lama, maka drone ini bisa menjadi salah satu pilihan drone yang dapat kalian gunakan.

Untuk satu kali terbang drone dji phantom 3 standar, mampu mengudara selama kurang lebih 25 menit. Bagi kalian yang berminat untuk memiliki drone ini, budget yang perlu kalian keluarkan tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan drone lainnya yaitu sekitar 7 juta rupiah.

Lihat juga : Trik dan tips menjadi seorang videografer
Parrot Minidrones Airborne Cargo
Parrot Minidrones Airborne Cargo
Sumber foto : Google

Nah bagi kalian yang memiliki budget yang tipis, kalian bisa menjadikan parrot minidrones airborne cargo sebagai salah satu drone pilihan kalian. Memiliki harga yang jauh dari drone diatas, harga drone ini hanya sekitar 1 jutaan saja. Dengan begitu drone ini cocok bagi kalian pemula yang memang sedang dalam tahap awal belajar, drone satu ini dapat menempuh jarak hingga 20 meter serta kecepatan maksimal selama 6 meter per jam.

Namun karena harga drone ini yang memang sangat ekonomis, tentu kualitas Parrot Minidrones ini juga tidak begitu baik. Hal tersebut dapat terlihat dari durasi terbang yang dapat dilakukan oleh drone ini, yaitu maksimal 9 menit saja. Namun jika kalian sedang masa belajar, hal ini bukanlah suatu masalah yang besar, karena kalian dapat mencoba drone ini berkali - kali hingga kalia bisa mengerti dan menggunakan dengan baik.

Unuk menggunakan drone ini, kalian membutuhkan bantuan ponsel pintar yang berfungsi untuk mengandalikan laju terbang drone ini. Selain menggunakan bantuan alat lain yatu handphone, kalian juga perlu untuk memasang aplikasi pengendali drone ini yaitu freeflight. Untuk menrbangkan drone ini juga sangat mudah, kalian hanya perlu menekan tombol pada handphone dan drone langsung terbang dengan baik.

Drone Dji Mavic Pro
Dji mavic pro
Sumber foto : Google

Ini merupaka salah satu drone yang memiliki kualitas yang sangat baik, begitupun harga yang ditawarka untuk dapat memiliki drone ini juga lumayan tinggi yaitu berkisar 16 juta rupiah. Namun dengan harga yang sedikit tinggi, drone ini juga menyuguhkan kualitas yang bagus, seperti kualitas kamera yang dapat menghasilkan gambar 4K, serta dilengkapi dengan 3 axis mekanikal gimbal yang berfungsi untuk menahan beban dan goncangan ketika di udara.

Ketika berada di udara, kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi angin saat drone diterbangkan, apakah angin sedang dalam keadaan tenang atau malah tinggi yang akan menggoncangkan drone. Oleh sebab itu, fungsi gimbal sangat baik ketika kondisi udara sedang tidak stabil, sehingga hasil foto atau video kalian tetap bagus.

Drone ini memiliki ukuran yang kecil sehingga memudahkan kalian ketika membawa pergi drone ini, selain itu baterai yang digunakan pada drone ini cukup baik karena dapat menerbangkan drone hingga durasi maksimalnya selama 27 menit.

Untuk kamera, drone ini memiliki resolusi sebesar 12.35MP dengan minimum aperture f/2.2 yang menghasilkan foto menjadi lumayan bokeh. Drone ini berbeda dengan 2 drone diatas, Dji Mavic Pro sebaiknya digunakan untuk kalian para profesional, hal tersebut ditunjang dengan cara penggunaan dan harga yang lumayan tinggi.

Bagaimana? dengan penjelasan beberapa drone diatas apakah kalian sudah mulai bisa menentukan mana pilihan drone yang akan kalian beli dan gunakan? Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih mudah menentukan drone sesuai dengan drone yang kalian butuhkan dan inginkan.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: