Biaya Servis Lensa Error 01 Kamera DSLR | Blog Banten Kamera

Biaya Servis Lensa Error 01 Kamera DSLR

Biaya Servis Lensa Error 01 Kamera DSLR

Biaya Servis Lensa Error 01 Kamera DSLR. Sebuah kamera digital SLR, memang tidak akan pernah terasa lengkap bila kamu tidak memasangkan lensa kamera pada badannya. Dengan memasang lensa kamera sendiri, tentunya kamu bukan hanya sekedar menggunakannya sebagai pajangan atau bahkan untuk unjuk diri.

Lensa kamera akan sangat berperan penting bagi keberlangsungan hasil foto serta video kamu dengan kamera DSLR kesayangan milik kamu. Oleh karena itu, tentunya memilih lensa kamera yang tepat juga akan berpengaruh sekali pada hasil foto kamu nantinya.

Pentingnya kehadiran sebuah lensa, bisa dikatakan akan sama pentingnya dengan kamera kamu sendiri. Bahkan dari harga saja, lensa bisa menyaingi beberapa tipe DSLR pemula yang dijual di pasaran. Saking pentingnya, tentu merawat lensa kamera adalah sebuah keharusan.

Dapat merawat lensa kamera dengan baik, memang seharusnya sudah menjadi tanggung jawab kamu sebagai pemilik, peminjam, bahkan hanya sebagai seorang penjualnya saja. Jikalau pun kamu merasa sangat malas untuk hanya sekedar memberikan perawatan sederhana terhadap lensa, mungkin kamu lagi-lagi perlu mengingat akan seberapa tingginya harga lensa saat ini.

Atau bila memang kamu sudah tidak pernah atau jarang menggunakan lensa kamera kamu lagi, dengan memberikan perawatan yang baik, setidaknya saat kamu akan menjualnya kembali, kamu tetap akan mendapatkan tawaran harga yang jauh lebih tinggi ketimbang menjual lensa kamera yang tidak terawat.

Sebagian besar dari kamu, mungkin saja memang sudah cukup mengetahuinya, bahwa bila suatu barang tidak dirawat dengan baik, maka tentu saja barang tersebut akan berakhir dengan mengalami beberapa masalah atau bisa disebut juga sebagai kerusakan.

Kerusakan yang paling umum terjadi pada lensa kamera yang jarang diberi perawatan mungkin dapat berupa Error 01 yang dapat kamu lihat pada layar LCD kamera DSLR kamu. Dimana salah satu penyebab munculnya kode error berikut ini adalah karena timbulnya kotoran atau debu pada lensa.

Debu atau kotoran sendiri sebenarnya akan selalu kamu temukan pada lensa setiap kali kamu selesai menggunakan kamera serta lensa kamera kamu dalam pemakaian selama beberapa kali. Mungkin kamu akan bertanya-tanya mengapa bisa terdapat debu atau kotoran di luar maupun di dalam lensa.

Tentu hal ini akan sangat memungkinkan, karena debu atau kotoran dapat masuk setiap kali kamu mengganti lensa di tempat yang terbuka atau pada proses zooming lensa kamera kamu.

Namun, bila yang menjadi masalah kamu saat ini merupakan munculnya kode error 01 di layar LCD kamera, maka bagian lensa kamera yang perlu kamu bersihkan dari debu atau kotoran merupakan bagian berwarna emas yang terdapat di belakang lensa kamera.

Bagian berwarna emas ini sebenarnya merupakan komponen terpenting yang ada pada beberapa lensa, karena bagian tersebut merupakan tempat dimana lensa serta kamera kamu dapat saling terhubung dan membaca satu sama lain.

Jadi, bila kode error 01 muncul di layar LCD kamera kamu, segera bersihkanlah bagian berwarna emas tersebut. Untuk membersihkannya pun kamu hanya perlu menggunakan kain microfiber khusus membersihkan kamera serta lensa kamera, supaya tidak menggores komponen penting tersebut serta komponen lainnya.

Hindari membersihkan menggunakan penghapus pensil, karena penghapus pensil dapat merusak kontak elektrik yang ada pada lensa kamera kamu.

Tentu saja, selain kontak elektrik yang ada pada lensa, kamu juga perlu membersihkan kontak yang terdapat pada kamera di dekat dudukan lensa. Karena debu atau kotoran pun bisa bersarang atau tertinggal di sekitar kamera.

Setelah selesai membersihkan, coba periksa apa kode error 01 tersebut masih dapat muncul pada kamera kamu. Umumnya, cara ini akan berhasil pada kebanyakan pengguna kamera yang mengalami hal yang serupa.

Hanya saja, bila pada kasus kamu tidak berpengaruh apapun, bisa saja telah terjadi kerusakan pada kontak elektrik yang ada pada lensa atau kamera kamu.

Untuk mengetahui 'yang mana' kontak yang telah rusak, kamu bisa memeriksanya dengan mengganti lensa kamera lainnya untuk di coba pada kamera kamu. Bila saat lensa yang baru dipasang dan tidak menimbulkan kode error apapun, maka kerusakan terletak pada lensa kamera kamu yang sebelumnya. Hal ini pun berlaku sebaliknya.

Untuk dapat memperbaikinya pun kamu hanya perlu membawa lensa kamera atau kamera kamu ke tempat servis kepercayaan kamu.

Dan bagi kamu yang mungkin saja masih bingung untuk harus membawa kamera serta lensa kamera kamu ke tempat servis mana, tentu Banten Kamera merupakan pilihannya.

Banten Kamera akan siap melayani serta membantu kamu dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada kamera serta lensa kamera kamu, termasuk munculnya error 01 berikut ini. Soal biayanya sendiri kamu tentu tidak perlu khawatir akan membebankan kamu, Banten Kamera akan memberikan harga terbaik mulai dari 350-500 ribuan saja.

Banten Kamera pun akan memberikan jaminan perbaikan kamera serta lensa terbaik, berupa garansi selama 30 hari penuh.

Lihat juga: Cara Mengatasi Kamera Canon Tulisan Busy
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: