Cara Mudah Menghasilkan Foto Layaknya GoPro menggunakan Handphone | Blog Banten Kamera

Cara Mudah Menghasilkan Foto Layaknya GoPro menggunakan Handphone

kamera gopro
Sumber foto : Google
Beberapa waktu belakangan ini kamera GoPro semakin banyak digunakan oleh masyarakat, fungsi dari kamera GoPro pada dasarnya adalah untuk merekam kegiatan atau olahraga ekstrem yang memang tidak bisa direkam dengan menggunakan kamera besar seperi DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau mirrorless.

Kamera ini dianggap mampu untuk merekam video atau memotret gambar dengan baik meskipun digunakan untuk menangkap momen yang cepat dan berbahaya. Penggunaan GoPro untuk kegiatan tersebut karena GoPro menjadi salah satu kamera yang memiliki bodi yang sangat kecil, dapat ditempatkan dimana saja, serta memiliki kualitas yang tetap keren.

Meskipun ukuran kamera GoPro yang sangat kecil, namun GoPro mampu menghasilkan foto yang bagus dan tentunya sedikit berbeda dengan kamera DSLR ataupun mirrorless.

Jika kamera DSLR dan mirrorless memiliki lensa bawaan yang biasa, dalam artian tidak cembung, berbeda dengan kamera GoPro yang memiliki lensa cembung sehingga menghasilkan foto yang cembung juga. Hal ini menjadi salah satu daya tarik seseorang untuk bisa menghasilkan foto dengan kamera GoPro ini.

Bagi kalian yang memang tertarik untuk dapat menghasilkan foto dengan menggunakan kamera GoPro, kalian tidak perlu khawatir harus langsung membeli kamera ini untuk dapat langsung menggunakannya.

Namun kalian dapat menghasilkan foto selayaknya yang kamera GoPro hasilkan hanya dengan menggunakan kamera handphone kalian, cara yang harus kalian lakukan pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, tentu hal ini akan membuat kalian untuk tidak mengeluarkan budget membeli GoPro. Berikut beberapa cara yang dapat merubah kamera handphone menjadi GoPro :

PicSay Pro
picsay pro
Sumber foto : Google

Apasih PicSay Pro itu? PicSay Pro merupakan salah satu aplikasi edit foto yang salah satu fiturnya menyediakan edit foto yang mampu menghasilkan foto layaknya GoPro, meskipun begitu aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur lainnya yang dapat mengedit foto kalian dengan memiliki perubahan dengan berbagai macam hal.

Untuk dapat memiliki aplikasi ini, kalian hanya perlu menyiapkan handphone dan membuka aplikasi playstore atau aplikasi pengunduh lainnya yang terdapat pada handphone kalian. Setelah itu, kalian dapat mencari PicSay Pro, setelah itu kalian dapat mengunduhnya dengan gratis dan tentunya tidak akan menghabiskan terlalu banyak kuota internet kalian.
picsay pro
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Hal tersebut terjadi karena ukuran aplikasi ini yang sangat kecil, yaitu hanya 1MB saja. Sehingga kalian tidak perlu khawatir mengenai kuota internet yang akan digunakan. Selain itu, ruang penyimpanan handphone pun tidak akan berkurang banyak. Setelah selesai mengunduh aplikasi ini, kalian bisa langsung mengedit foto mana yang akan kalian edit menjadi foto layaknya hasil dari kamera GoPro.

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu memilih foto yang akan kalian jadikan seperti hasil GoPro, setelah itu nanti akan muncul sebuah pilihan otomatis yang diberikan oleh aplikasi ini, pilihan pertama yaitu fast dengan ukuran gambar 1152x768 dan pilihan selanjutnya yaitu normal dengan ukuran gambar 1567x1045. Hal ini perlu dilakukan untuk memilih seberapa besar hasil foto yang kalian inginkan setelah selesai di edit, atau dengan kata lain yaitu import large picture.

Setelah itu kalian bisa menekan fitur effect yang tersedia pada aplikasi ini, selanjutnya kalian dapat memilih distort yang akan memberikan efek distorsi seperti yang kamera GoPro hasilkan. Untuk besaran distorsi atau efek cembungnya, kalian dapat mengatur sesuai denga keinginan. Untuk hasil terbaik, pastikan kalian mencoba beberapa kali agar dapat memilih hasil foto yang terbaik.

Fisheye Pro
Sumber foto : Banten Kamera


Ini juga merupakan aplikasi yang dapat kalian unduh dan pasang di handphone, namun antara PicSay Pro dan aplikasi ini memiliki sebuah perbedaan. Jika PicSay Pro merupakan aplikasi edit foto, fisheye Pro merupakan aplikasi kamera yang langsung menghasilkan foto selayaknya menggunakan GoPro. Ketika membandingka antara keduanya, tentu aplikasi ini lebih unggul dari aplikasi PicSay Pro, mengapa begitu?

Karena dengan menggunakan apalikasi ini kalian hanya melakukannya satu kali saat pengambilan gambar saja untuk merubah hasil foto layaknya hasil foto GoPro. Berbeda dengan aplikasi diatas yang membutuhkan dua tahap, tahap pertama yaitu pengambilan foto dengankamera biasa, lalu selanjutnya baru bisa diedit menggunakan aplikasi PicSay Pro.

Fisheye Pro lebih menawarkan cara yang lebih ringkas tanpa proses editing untuk dapat menghasilkan foto layaknya kamera GoPro, dengan begitu kalian juga akan lebih membutuhkan waktu yang lebih singkat dan cepat ketika akan menghasilkan foto layaknya GoPro dengan menggunakan aplikasi ini.
fisheye pro
Sumber foto : Banten Kamera

Meskipun begitu, baik PicSay Pro maupun fisheye pro, masing - masing memiliki fitur lain yang berbeda - beda. Tentunya berbagai macam fitur yang tersedia pada setiap aplikasi ini dapat kalian manfaatka dengan baik.

Sama halnya dengan aplikasi diatas, fisheye pro juga dapat kalian peroleh dari playstore dengan ukuran aplikasi yang sedikit leih besar yaitu 5MB. Namun ukuran tersebut bukanlah ukuran yang sangat besar untuk sebuah ukuran aplikasi yang mampu menghasilkan foto layaknya kamera GoPro. Untuk tambahan fiturnya, fisheye Pro menyediakan fitur pergantian warna yang dapat kalian pilih yang menurut kalian bagus.
Lihat juga : Tips memotret makanan agar lebih menarik
Lensa Fisheye
lensa fisheye
Sumber foto : Google

Nah cara yang terakhir yang dapat kalian lakukan yaitu dengan membeli sebuah lensa tambahan untuk kamera kalian yang nanti akan dipasang di depan lensa kamera handphone. Untuk mendapatkan lensa fisheye, kalian tidak perlu khawatir harus mengeluarkan budget yang besar, harga yang ditawarkan untuk lensa ini yaitu sangat murah, yaitu hanya 10 ribu rupiah.

Dengan harga yang sangat murah sepertiitu, kalian tidak akan merasa rugi da membuat kantong kalian menjadi jebol. Untuk pemasangan lensa ini juga sangat mudah, kalian haya perlu menjepitkannya pada kamera handphone dan pastikan untuk menempatkan lensa fisheyenya dengan tepat dan sesuai. Lensa ini bisa kalian dapatka di berbegai toko aksesoris handphone ataupun dapat dibeli melalui toko online yang saat ini banyak tersebar di dunia maya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kamera handphone kalian dapat menghasilkan foto layaknya kamera GoPro. Semoga artikel ini dapat bermafaat serta menambah informasi dan pengetahuan untuk kalian. Selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: