Rekomendasi Buku tentang Fotografi yang wajib kalian baca | Blog Banten Kamera

Rekomendasi Buku tentang Fotografi yang wajib kalian baca

book
Sumber foto : Google
Sudah tahukan kalian bahwa buku itu salah satu jendelanya ilmu, buku memberikan manfaat yang besar untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan. Buku menjadi salah satu sumber ilmu yang murah yang tentunya dapat dibaca oleh siapa saja.

Banyak orang yang tidak suka membaca buku karena hal tersebut dinilai membosankan, padahal membaca buku mampu meningkatkan pengetahuan kalian. Terlebih buku yang dibaca merupakan buku pengetahuan yang menggunakan gaya bahasa yang lebih kaku.

Bagi kalian yang berkecimpung dalam dunia fotografi, terlebih kalian adalah seorang pemula yang belum mengetahui terlalu banyak mengenai teori atau penjelasan secara deskriptif mengenai fotografi, salah satu hal yang perlu kalian lakukan yaitu sebaiknya membaca buku mengenai fotografi.

Mendapatkan pengetahuan mengenai fotografi tentu dapat diperoleh dari mana saja, salah satunya yaitu dari buku. Jika kalian menganggap mempelajari fotografi hanya dengan cara berlatih langsung tanpa menggunakan buku, tentu hal tersebut sangatlah kurang. Untuk mendapatkan pengetahuan tentang fotografi yang menyeluruh dan lengkap, sebaiknya kalian menggunakan buku juga sebagai sumber ilmu kalian.

Saat ini semakin banyak buku tentang fotografi yang dapat kalian baca dan beli dengan harga yang ekonomis. Dengan begitu kalian tidak perlu khawatir mengenai budget yang harus kalian keluarkan untuk mendapatkan buku tentang fotografi. Berikut beberapa rekomendasi buku tentang fotografi yang perlu kalian miliki dan tentunya perlu kalian baca :

Photography from my eyes oleh Yuyung Abdi Tegal
Photography from my eyes
Sumber foto : Google

Rekomendasi buku pertama ini ditulis oleh Yuyung Abdi Tegal, seorang fotografer senior yang saat ini menjabat sebagai redaktur foto di harian jawa pos. Buku ini terbit pada tahun 2012 dan hingga saat ini kalian masih dapat membelinya di beberapa toko online dengan harga yang sangat murah, dengan 114 ribu saja kalian sudah bisa membeli buku ini.

Buku ini cocok bagi kalian yang sedang mempelajari fotografi untuk level menengah karena buku ini membahas tentang beberapa hal  yang perlu dipelajari oleh seorang fotografer. Beberapa yang dibahas dalam buku ini diantaranya yaitu masalah angle, komposisi, jarak, lensa hingga perspektif. Selain itu buku ini juga membahas mengenai genre fotografi seperti landscape fotografi, wedding fotografi, arsitektur dan lain sebagainya.

gaya bahasa yang sedikit berat dalam buku ini namun tetap diimbangi dengan berbagai gambar yang
mampu mencairkan gaya bahasa yang digunakan sehingga tetap dapat dimengerti dengan mudah. Selain membahas beberapa hal diatas, buku ini juga membahas mengenai bagaimana cara memilih kamera, tentu hal ini sangat bagus untuk kalian yang juga sedang mencari kamera namun masih bingung dalam menentukan kamera yang bagus. Buku ini memiliki jumlah halaman sebanyak 216 lembar yang diterbitkan oleh elex media komputindo.

Lihat juga : Fotografi sebagai hobi atau profesi

Amazing DSLR dan mirrorless oleh Erick Permana dan Oce Yogi Setiawan
Amazing DSLR dan mirrorless
Sumber foto : Google

Buku ini membahas mengenai hal dasar dalam fotografi, beberapa diantaranya yaitu mengupas kamera DSLR, mengenal lensa kamera DSLR, komposisi, teknik fotografi, mengenal kamera mirrorless, teknik foto levitasi, hingga editing foto dengan menggunakan photoshop. Beberapa hal tersebut cocok bagi kalian para pemula yang masih belum mengetahui banyak informasi mengenai fotografi.

Tidak hanya membahas mengenai kamera saja, pembahasan mengenai teknik dan komposisi juga menjadi nilai lebih untuk kalian yang membaca buku ini. Dengan begitu kalian akan lebih banyak mendapatkan informasi melalui buku ini serta langsung dapat mempraktekannya.

Bagi kalian yang masih sangat membutuhkan panduan secara tertulis, sangat cocok untuk membaca buku ini serta akan mudah bagi kalian untuk mengaplikasikannya. Selain itu, bagi kalian yang masih
bingung dalam memilih kamera DSLR serta kamera mirrorless, kalian akan mendapatkan pencerahan atau informasi yang cukup baik dari buku ini. Buku ini memiliki jumlah sebanyak 197 halaman.

The Passionate Photographer 10 langkah menjadi fotografer hebat oleh Steve Simon
The Passionate Photographer
Sumber foto : Google.com

Buku ini merupakan salah satu buku terjemahan dari luar negeri, membaca buku yang ditulis oleh fotografer luar merupakan suatu hal yang bagus, hal tersebut akan membuat kalian mendapatkan ilmu serta pengetahuan yang berbeda dari fotografer Indonesia.

Dalam hal ini bukan berarti fotografer Indonesia memiliki kualitas dibawah fotografer luar, namun setiap fotografer memiliki pengetahuan serta ilmu yang berbeda - beda, sehingga semakin banyak buku yang kalian baca yang ditulis oleh pengarang yang berbeda, maka akan semakin kaya kalian akan pengetahuan tentang fotografi.

Sebelumnya mari berkenalan dengan Steve Simon, ia adalah seorang fotografer jurnalistik dan dokumenter yang sudah memiliki pengalaman puluhan tahun dalam bidang tersebut, selain itu Steve Simon juga memajang hasil karya fotonya pada galeri foto di beberapa kota di dunia.

Buku ini memiliki 10 bab yang dapat kalian pelajari satu demi satu yang masing masing memiliki bahasan yang berbeda, mulai dari teknik fotografi dan peralatan, komposisi, portrait manusia, pencahayaan, hingga mengedit foto. Beberapa bahasan tersebut tentunya akan memudahkan kalian dalam menciptakan foto yang memiliki kualitas yang bagus.

Terlebih dilengkapi dengan bagaimana cara mengedit foto yang akan membuat hasil foto kalian dapat diperbaiki melalui editing menggunakan aplikasi. Harga buku ini jua tidak terlalu mahal, mengingat banyak hal yang dibahas dalam buku ini, harga buku ini yaitu 110 ribu rupiah.

Itulah beberapa rekomendasi buku tentang fotografi yang dapat kalian beli dan tentunya baca agar pengetahuan fotografi kalian dapat lebih lengkap, namun jangan lupa unuk sering mempraktekkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat membaca buku - buku fotografi.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: