Langkah Terbaik untuk Memotret Sunset yang keren | Blog Banten Kamera

Langkah Terbaik untuk Memotret Sunset yang keren

sunset photography
Sumber foto : Google.com
Sunset menjadi salah satu pilihan subjek menarik dalam fotografi yang banyak dibidik oleh fotografer, warnanya yang terkesan mewah dan indah menjadi salah satu alasan banyak seseorang yang memilih sunset untuk dijadikan objek menarik dalam fotografi. Sunset didominasi oleh pengambilan foto dengan lokasi pantai, tentu hal tersebut menjadi penunjang indahnya foto yang dihasilkan pada saat sunset.

Senja mampu menghasilkan keindahan yang berbeda yang lebih dramatis dan sedap dipandang. Bagi kalian yang bukan 'morning person' tentu mengejar pemotretan saat sunset lebih mudah dari pada harus mengejar sunrise. Baik sunrise ataupun sunset memiliki keindahan yang bersumber dari matahari, namun tentu keduanya memiliki perbedaan masing - masing.

Untuk dapat menghasilkan foto sunset yang menarik, ada beberapa langkah yang sebaiknya kalian lakukan untuk dapat menghasilkan foto sunset yang bagus dan menarik. Jangan khawatir langkah yang harus kalian lakukan sulit, untuk mendapatkan hasil foto sunset yang menarik kalian hanya membutuhkan beberapa pengaturan kamera yang cukup mudah dilakukan, diantaranya sebagai berikut :

Berikan ruang yang luas untuk langit
sunset photography
Sumber foto : Google

Kebanyakan lokasi yang digunakan untuk memotret sunset adalah pantai, pantai lebih banyak dipilih karena memiliki ruang yang lebih luas yang akhirnya membuat hasil foto sunset terlihat lebih bagus dan menarik. Selain pantai, kalian juga dapat memotret foto sunset dimana saja, seperti gunung, persawahan atau area belakang rumah kalian yang memiliki ruang kosong yang luas.

Meskipun dalam memotret foto sunset dapat dilakukan dimana saja, namun tetap saja pantai menjadi pilihan utama dalam memotret foto sunset. Oleh sebab itu, kalian harus tetap mengingat ketika memotret area pantai atau laut pastikan untuk memperhatikan garis horizon.

Hal ini tentu untuk lebih memperindah hasil foto kalian, berbeda jika kalian mengabaikan garis horizon pada saat memotret sunset dipantai, hal tersebut akan membuat hasil foto kalian menjadi kurang menarik.

Jika kalian mendapati langit ketika terbenam lebih indah, pastikan kalian memberikan ruang yang lebih lebar atau luas untuk langit. Karena jika kalian salah dalam memberikan ruang lebih besar yang salah, maka hasil foto kalian menjadi kurang menarik.

Gunakanlah siluet sebagai foreground
siluet
Sumber foto : Google.com

Memotret sunset di pantai akan lebih bagus jika kalian memberikan tambahan objek pemanis yang akan membuat hasil foto sunset kalian menjadi lebih menarik untuk dilihat. Foreground memiliki fungsi untuk memperkuat sense of scale dalam foto kalian serta membuat foto kalian terlihat lebih 3 dimensi. Berbeda jika kalian hanya memotret sunset dengan keseluruhan gambar langit saja maka akan membuat hasil foto kalian kurang menarik.

Untuk itu sebaiknya kalian menggunakan siluet sebagai foregroundnya, siluet memberikan kesan yang lebih kuat dan bagus untuk dipadukan dengan sunset. Karena jika kalian tidak menggunaka siluet sebagai foregroundnya, kekuatan sunset dalam foto kalian menjadi kurang bagus.

Pilihlah lensa kamera yang tepat
lensa wide
Sumber foto : Google.com

Memotret sunset di area pantai merupakan salah satu genre fotografi landscape, seperti yang kalian ketahui bahwa beberapa genre fotografi akan lebih menghasilkan foto yang lebih bagus dengan menggunakan lensa yang berbeda.

Salah satunya yaitu genre fotografi landscape akan lebih menghasilka foto yang bagus jika menggunakan lensa wide. Namun untuk memotret foto sunset ini, terdapat pilihan lensa yang lain yaitu dapat menggunakan lensa tele.

Baik lensa tele atau lensa wide, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Jika kalian lebih fokus kepada matahari maka kalian dapat menggunakan lensa tele, dengan menggunakan lensa tele kalian akan mendapatkan hasil foto dengan ukuran matahari yang lebih besar.

Namun jika kalian lebih ingin lebih fokus ke area yang lain maka kalian sebaiknya menggunakan lensa wide, dengan begitu kalian akan menghasilkan foto dengan ukuran matahari yang lebih kecil dan area di sekelilingnya menjadi lebih luas.
Lihat juga : Daftar kamera DSLR 2 jutaan
Atur Pencahayaan dengan baik
Untuk mendapatkan hasil foto sunset dengan warna yang menarik dan terlihat natural, maka jangan biarkan pengaturan kamera kalian menggunakan shutter yang lambat. Hal tersebut justru akan membuat hasil foto sunset kalian menjadi terlalu terang, sehingga warna orange natural khas sunset pudar, sehingga membuat hasil foto menjadi kurang menarik karena warna yang tertangkap kurang bagus.

Untuk membuat warna orange sunset menjadi lebih pekat dan nyata, pastikan kalian mengatur pencahayaan dengan baik, gunakanlah shutter speed yang normal sehingga akan membuat hasil foto sunset kalian menjadi lebih menarik warnanya.

Potret Beberapa kali hingga matahari tenggelam
photographer
Sumber foto : Google.com

Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, kalian sebaiknya memotret beberapa kali. Hal tersebut sebaiknya kalian lakukan untuk mendapatkan warna yang terbaik. Tentu kalian tidak mengetahui pada pukul berapa matahari terbenam dengan baik atau memancarkan warna orange yang baik, oleh sebab itu pastikan memotret beberapa kali hingga matahari benar - benar tenggelam. Dengan begitu kalian akan mendapatkan hasil foto dengan warna yang bagus.

Itulah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan hasil foto sunset yang keren, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian dan menambah pengetahuan untuk kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: