Cara Membuat Foto Siluet Agar Hasil Seperti Profesional | Blog Banten Kamera

Cara Membuat Foto Siluet Agar Hasil Seperti Profesional

siluet sunset
Sumber foto : Ikhwan Mudzakir
Dalam dunia fotografi banyak teknik dan cara memotret untuk menghasilkan foto dengan jenis
yang berbeda - beda. Hal ini dilakukan agar membuat hasil foto tidak monoton hanya dengan menggunakan satu teknik dan menghasilkan foto yang hampir sama. Oleh karena itu, untuk menghasilkan foto dengan berbagai jenis, fotografer mencoba untuk memotret foto dengan cara dan teknik yang berbeda.

Perbedaan cara dan teknik dalam pengambilan gambar membuat foto menjadi lebih menarik, salah satu hasil foto yang menarik dalam fotografi yaitu foto siluet. Foto ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri karena memiliki perbedaan dengan hasil foto dengan menggunakan teknik foto yang lain. Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara memotret foto siluet, hal yang perlu dipahami yaitu seperti apa foto siluet itu?

Dalam dunia fotografi, siluet merupakan foto dengan objek utama yang gelap sedangkan yang terlihat jelas dan terang adalah backgroundnya. Sehingga untuk mengambil foto siluet tidak diperkenankan untuk menyorotkan cahaya kepada objek utama. Meskipun memang objek utama tidak terlihat, namun seni dalam fotografi jenis ini terletak pada ruang atau bagian gelap pada objek utama.

Untuk mengambil foto siluet, tidak seperti mengambil foto pada umumnya yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengambil foto siluet yaitu dengan menentukan waktu, Pengaturan cahaya, objek serta tempat pemotretan. Jika hal - hal tersebut diabaikan, maka akan sulit untuk membuat foto siluet yang keren bak fotografer profesional.

Jika kalian berminat untuk mencoba mengambil foto siluet, langkah yang perlu kalian lakukan tidaklah sulit, berikut hal - hal yang harus kalian lakukan

Waktu dan Sumber Cahaya
siluet
Sumber foto : Ikhwan Mudzakir

Foto siluet paling banyak dihasilkan dengan bantuan cahaya matahari, oleh sebab itu sebaiknya kalian menentukan waktu pemotretan pada sore hari. Pemotretan siluet bagus dilakukan pada sore hari saat matahari akan terbenam, hal ini dilakukan karena akan lebih menghasilkan gambar yang manis dan memiliki warna yang bagus. Ketika matahari terbenam, tentu langit lebih berwarna orange yang membuat hasil foto menjadi lebih menarik.

Mengingat siluet merupakan foto dengan objek utama yang hampir secara keseluruhan gelap, maka dengan begitu memberikan warna yang menarik pada background membuat hasil foto menjadi lebih manis dan menarik untuk dilihat. Meskipun hal ini bukanlah suatu hal yang harus dilakukan, namun kalian dapat mencoba untuk memotret dengan cara tersebut.

Selain matahari terbenam, kalian juga dapat memotret foto siluet saat matahari terbit. Meskipun memiliki sedikit perbedaan pada cahaya yang dihasilkan oleh matahari terbenam, namun matahari saat terbit tetap mampu menghasilkan foto siluet yang bagus.

Menggunakan cahaya alami seperti sumber cahaya dari matahari tetap menjadi cara yang paling baik untuk dilakukan. Namun untuk mendapatkan cahaya alami kalian memang harus bersiap memotret di waktu yang telah ditentukan, yaitu pada pagi hari sekitar pukul 6 atau sore pada pukul 5 hingga 6 sore.

Tidak hanya menggunakan cahaya alami, kalian bisa memanfaatkan hal lain untuk dapat menghasilkan foto siluet yang bagus dengan menggunakan cahaya bantuan seperti cahaya yang berasal dari lampu. Untuk mendapatkan hasil foto siluet menggunakan cahaya lampu, kalian dapat melakukan pemotretan pada malam hari.

Waktu pemotretan pada malam hari sangai baik untuk dilakukan karena cahaya yang tersedia tidak menyebar ke seluruh tempat. Untuk mendapatkan foto siluet pada malam hari, sebaiknya kalian mencari tempat yang memang cukup baik untuk menjadi background objek utama. Pastikan background yang kalian pilih cukup menarik serta mampu menimbulkan nilai estetika yang tinggi.

Berbeda dengan penggunaan cahaya alami yang hampir keseluruhan menggunakan background langit, untuk penggunaan cahaya buatan atau dari lampu ini bisa menggunakan background yang berbeda - beda, misalnya menggunakan billboard menjadi background.

Hal utama yang menjadi kunci terciptanya sebuah foto siluet yang baik yaitu cahaya pada latar belakang/background lebih terang dibandingkan dengan background. Untuk itu perhatikan pencahayaan latar belakang foto kalian dengan baik.

Mengatur Posisi Objek
silhouette photography
Sumber foto : Google

Karena siluet merupakan hasil foto yang objek utamanya lebih gelap dari background maka hal lain yang perlu diperhatikan yaitu menempatka objek di tempat yang terbaik. Tempat untuk menempatkan objek di posisi terbaik ketika menggunakan cahaya matahari yaitu tempatkanlah objek dalam keadaan membelakangi matahari.

Selain menempatkan objek dalam keadaan membelakangi matahari, kalian juga dapat mengatur objek sedemikian rupa tergantung seperti apa posisi objek ketika di potret. Bisa objek dalam keadaan menyamping atau membelakangi atau menghadap matahari terbit. yang terpenting pastikan background memiliki cahaya yang lebih terang dan objek dalam keadaan gelap.

Pilihlah Objek yang Menarik
silhouette photography
Sumber foto : Google

Untuk mendapatkan hasil foto siluet yang menarik, selain cahaya background yang indah juga diperlukan untuk menggunakan objek yang menarik sehingga membuat foto menjadi lebih bagus. Untuk mendapatkan objek yang menarik, kalian bisa memilih objek yang sedang melakukan suatu
kegiatan tertentu. Hal ini mampu membuat foto siluet menjadi lebih bercerita dan menarik untuk dilihat, hal ini dilakukan karena foto siluet memiliki kekuatan pada garis atau lekukan tubuh saja.

Sehingga untuk mendapatkan hasil foto siluet yang indah, kalian perlu memilih atur mengatur objek untuk melakukan beberapa kegiatan atau gerakan yang membuat foto siluet menjadi lebih asik dipandang.

Namun memang pada beberapa kondisi, kalian dapat mencoba untuk menggunakan objek yang diam atau tidak melakukan kegiatan apapun. Hal ini dapat kalian lakukan dengan melihat dan memilih antara keseuaian dengan background yang digunakan dalam foto tersebut.

Mencoba dan Berlatih
silhouette photography
Sumber foto : Google

Untuk mendapatkan foto siluet yang bagus, tentu kalian memberlukan latihan dan mencoba untuk mengambil gambar secara berulang - ulang. Hal ini dilakukan karena kita tidak tahu pada waktu kapan cahaya matahari mampu menghasilkan background yang bagus dan serta mengeluarkan warna yang menarik.

Kalian dapat memulai sejak pukul 5 sore untuk mendapatkan cahaya matahari yang terbenam untuk digunakan sebagai background, namun untuk hasil yang maksimal tentu kalian perlu untuk terus memotret hingga matahari benar - benar terbenam sempurna. Dengan begitu kalian akan mendapatkan hasil foto yang banyak dengan pilihan background yang paling menarik.

Jangan Menggunakan Flash
Karena siluet merupakan foto dengan objek yang lebih gelap dari pada background, sehingga yang perlu kalian hindari yaitu menggunakan flash ketika memotret. Hal ini perlu kalian lakukan untuk membuat objek lebih gelap dari backgroundnya, berbeda jika kalian memotret foto selain siluet, maka menggunakan flash atau cahaya bantuan lain merupakan suatu keharusan.

Namun hal tersebut berbeda dengan siluet yang lebih menonjolkan cahaya pada background dan mengurangi atau menggelapkan area objek utamanya.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan foto siluet yang menarik seperti fotografer profesional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta membantu kalian dalam menghasilan foto siluet yang keren. Selamat mencoba dan jangan lupa berkarya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: