5 Tips Membuat Hasil Fotomu Lebih Baik | Blog Banten Kamera

5 Tips Membuat Hasil Fotomu Lebih Baik

Photographer
Sumber foto : Google
Bagi seseorang yang menyukai bidang fotografi tentu menginginkan hasil fotonya menjadi lebih baik setiap harinya. Hal tersebut membuktikan bahwa kalian memiliki perkembangan yang baik sejak pertama kali memasuki dunia fotografi hingga saat ini. Tidak bisa dipungkiri hasil foto yang baik mampu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para fotografernya.

Untuk menghasilkan foto yang lebih baik, kalian perlu melakukan beberapa langkah ataupun cara. Jangan khawatir cara yang harus kalian lakukan itu sulit, namun cara - cara atau langkah yang harus kalian lakukan tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, baik fotografer pemula hingga fotografer profesional.

Yang perlu kalian tekankan adalah ketekunan dan keseriusan kalian dalam mempelajari dan mempraktekkan langkah tersebut. Artikel ini akan memberikan 5 tips yang dapat membuat hasil foto kalian menjadi lebih baik dari sebelumnya, berikut uraiannya :

Bacalah Buku Panduan Kamera
manual book camera
Sumber foto : Google

Biasanya ketika pertama kali membeli kamera khususnya kamera baru, kalian akan mendapatkan sebuah buku manual yang diberikan sepaket dengan kamera yang kalian beli. Buku manual atau panduan ini fungsinya untuk memberikan penjelasan secara tertulis mengenai bagaimana langkah - langkah penggunaan kamera yang kalian gunakan.

Membaca buku manual kamera dapat memberikan kemudahan bagi kalian yang memang masih minim atau bahkan belum tahu sama sekali mengenai bagian - bagian atau penggunaan kamera. Buku panduan menyajikan berbagai informasi atau penjelasan secara jelas melalui tulisan dan dilengkapi dengan gambarnya, sehingga hal tersebut dapat memudahkan kalian ketika akan mempraktekkannya.

Banyak manfaat yang akan didapatkan oleh kalian jika membaca buku panduan sebelum menggunakan kamera, manfaat pertama yang akan kalian dapatkan yaitu kalian akan dapat memaksimalkan fitur - fitur pada kamera, misalnya dioptrik yang terdapat pada bodi kamera.

Dioptrik pada kamera terlihat kecil dan mungkin tidak banyak orang yang menggunakannya, namun hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk seseorang yang menggunakan kacamata atau mengalami minus atau plus pada matanya.

Ketika kalian membaca buku panduan, kalian akan mengetahui fungsi tersebut dan tentu dapat memaksimalkan penggunaannya sehingga akan membantu kalian yang mengalami minus atau plus untk tetap melihat atau membidik objek dengan penglihatan yang jelas.

Selalu Siap Siagakan Kamera
strap kamera
Sumber foto : Google

Biasanya banyak momen yang terlewatkan yang tidak sempat diabadikan dalam sebuah foto atau video, hal tersebut salah satu penyebabnya yaitu kalian tidak menyimpan kamera di tempat yang dekat dengan kalian, sehingga ketika momen tersebut terjadi kalian tidak dapat memotret atau merekamnya. Hal tersebut membuat hasil foto kalian banyak yang tidak menarik dikarenakan momen tersebut terlewatkan oleh kalian.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik, pastikan kalian menyiapkan kamera dalam keadaan siap untuk digunakan dalam keadaan yang cepat. Salah satu caranya yaitu dengan mengalungkan kamera kalian pada leher, dengan begitu kalian akan lebih mudah ketika akan menggunakan kamera dan mengambil gambar dengan momen yang berjalan sangat cepat.

Berbeda jika kalian menyimpan kamera di dalam tas, kalian akan membutuhkan waktu yang lebih lama karena harus mengambil kamera terlebih dahulu hingga akhirnya kalian dapat menggunakannya.
Lihat juga : Tips memotret makanan agar lebih menarik
Jangan Terburu - buru
Menghasilkan foto yang bagus juga membutuhkan kesabaran seorang fotografer, kalian harus meluangka waktu untuk berfikir bagaimana kalian akan mengambil gambar atau menyusun objek. Sebaiknya pikirkan bagaimana gambar yang kalian ambil bisa menarik, lurus dan tidak terhalang oleh apapun.

Sebenarnya hal ini dapat di antisipasi dengan latihan yang sering sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan atau membutuhkan waktu yang lama untuk menyusun atau menempatkan objek pada foto kalian.

Teori juga Penting
book of photography

Ketika mempelajari fotografi, banyak orang yang melakukannya secara otodidak atau trial error yang tanpa menggunakan buku panduan apapun. Meskipun hal ini dapat dinilai berhasil, namun sebaiknya kalian menyempatkan untuk membaca atau menambah pengetahuan mengenai fotografi atau kamera melalui tulisan. Banyak hal yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan teori mengenai fotografi, misalnya membeli buku fotografi, membaca buku panduan, atau membaca artikel.

Kalian dapat memilih berdasarkan beberapa hal diatas yang menurut kalian akan banyak memberikan pengetahuan kepada kalian. Misalnya sebuah istilah - istilah penting fotografi, tentu akan banyak sekali istilah - istilah yang ada dalam fotografi. Sehingga yang perlu kalian lakukan yaitu dengan membaca sebuah artikel atau membaca buku khusus yang akan memberikan penjelasan lebih mendalam mengenai hal tersebut.

Memotret Setiap Hari
Sudah tahukan kalau latihan itu membuat kualitas foto kalian menjadi lebih baik? Nah, yang perlu kalian lakukan untuk membuat hasil foto kalian menjadi lebih baik yitu dengan latihan memotret yang lebih sering.

Bagi kalian yang masih pemula, memotret lebih sering akan lebih baik, setiap hari misalnya, namun jika kalian merasa sulit dalam membagi waktu untuk melakukan latihan memotret setiap hari, setidaknya kalian melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Jangan biarkan diri kalian malas atau berhenti memotret jika kalian memang menginginkan hasil foto kalia memiliki kualitas yang semakin baik dari sebelumnya.

Itulah 5 tips yang dapat membantu kalian dalam menghasilkan foto yang lebih baik, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi serta pengetahuan untuk kalian. Jangan lupa mempraktekannya dan selamat berkarya.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: