Penyebab Kamera DSLR Buram atau Tidak Fokus | Blog Banten Kamera

Penyebab Kamera DSLR Buram atau Tidak Fokus

Penyebab Kamera DSLR Buram atau Tidak Fokus
Foto: TechRadar
Penyebab Kamera Buram - Pernah mengalami ketika mengambil foto pada kamera dslr tiba-tiba hasilnya buram atau seperti tidak fokus? Masalah ini pada kamera sebenarnya banyak penyebabnya.

Sebenarya tidak bisa di prediksi dengan mudah apa sebenarnya penyebab kamera tiba-tiba tidak bisa fokus seperti pada kamera normal.

Masalah fokus pada kamera ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, tentu akan menyusahkan ketika akan mengambil foto apa lagi momen tersebut sangatlah penting.

Sebelum membawa kamera kamu ke service center ada baiknya cek terlebih dahulu beberapa penyebab yang selama ini Banten Kamera temui pada beberapa kasus kamera dslr.

Menggunakan Mode Manual Fokus
Pada lensa kamera terdapat dua mode atau tersedia tombol AF dan MF, fungsi kedua mode ini yang pertama yaitu AF (autofocus), yang dimana berfungsi untuk mengambil objek secara otomatis.

Kita hanya perlu menekan tombol shutter dengan setengah maka kamera akan secara otomatis mencari objek yang diinginkan.

Dan kedua yaitu MF (manualfocus), dengan menggunakan mode manual artinya kita mencari fokus secara sendiri atau manual dengan fokus yang kita inginkan, dan kamera tidak secara otomatis mencari objeknya.

Jadi bisa saja lensa yang kamu pakai menggunakan mode MF dan selama ini menggunakan AF, jadi coba ganti mode MF ke AF pada lensanmu. Untuk beberapa tipe kamera seperti nikon AF dan MF tersedia juga pada body kamera, tentu untuk pengaturannya sama saja.

AF Mati
Setelah kamu mencoba mengalihkan MF ke AF dan ternyata fokus tetap tidak berjalan atau hasil kamera dslr kamu tetap saja buram ini bisa disebabkan autofokus pada lensa kamu mati.

Solusi terbaiknya yaitu memperbaiki fokus lensanya ke tempat servis, kabar baiknya kamu bisa servis ke Banten Kamera, bisa langsung Telp atau WhatsApp 0853-4606-4606.

Ada Jamur pada Lensa
Masalah lain yang membuat hasil foto yang kamu ambil menjadi buram yaitu adanya jamur pada lensa yang kamu gunakan. Jamur ini akan bertambah jika dibiarkan.

Apa itu jamur? Bisa baca: 

Dan solusi terbaiknya yaitu mengganti lensa atau membersihkan lensa kamu dengan Banten Kamera, bisa langsung hubungi 0853-4606-4606.

Sensor Kamera Bermasalah
Sama seperti poin sebelumnya, jika sensor bermasalah maka hasil foto yang kamu ambilkan ternyata buram dan kamu coba ganti lensa tetap saja buram maka sudah kemungkinan besar masalahnya ada pada sensor kamera.


Berbagai masalah di atas bisa saja terjadi pada kameramu, tetapi hal tersebut tentunya tidak bisa dipastikan mana masalah yang tepatnya pada kamera kamu, maka sebaiknya bisa kamu bawa ke service center atau kirim ke Banten Kamera.

Kami akan memperbaiki sebaik mungkin kamera atau lensa kamu, jika ternyata biaya yang kami estimasi terlalu besar, maka kamu bisa membatalkan servisnya dan tidak ada biaya sama sekali.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: