Cara Membersihkan Sensor Kamera Canon 60D | Blog Banten Kamera

Cara Membersihkan Sensor Kamera Canon 60D

Cara Membersihkan Sensor Kamera Canon 60D

Cara Membersihkan Sensor Kamera Canon 60D. Bila kamu merupakan salah seseorang yang senang pergi memotret atau merekam sebuah video, pastinya kamu akan sangat sering menggunakan kamera kamu, bukan?

Namun, perlu kamu ingat, bahwa penggunaan sebuah kamera juga perlu kamu imbangi dengan perawatan kamera yang baik. Merawat kamera dengan baik tentu bukan hanya dinilai dari bagaimana cara kamu menggunakan kamera kamu saja, tapi juga dengan bagaimana kamu mampu membersihkannya dengan baik.

Membersihkan kamera pun bukan hanya dengan membersihkan badannya saja atau membersihkan bagian kotor yang hanya dapat terlihat oleh bagaimana mata kamu memandang saja, karena debu atau kotoran yang menempel pada kamera, bisa saja bersembunyi di tempat yang tidak terjangkau seperti halnya sensor kamera kamu.

Membersihkan sensor kamera yang kotor mungkin akan terdengar sedikit sulit, mengingat sensor kamera merupakan salah satu komponen kamera yang cukup sensitif, sehingga perlu kehati-hatian yang cukup tinggi dalam hal melakukan pembersihannya. 

Sensor kamera yang kotor dapat disebabkan oleh beberapa hal. Seperti misalnya, kamu membiarkan badan kamera kamu terbuka tanpa menggunakan penutup kamera saat sedang tidak dipasangkan lensa kamera.

Sering mengganti-ganti lensa juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa sensor kamera kamu terdapat debu atau kotoran, Pembaca.

Bagaimana bisa tahu sedang ada kotoran atau debu menempel pada sensor kamera?

Untuk bisa mengetahuinya, tentu kamu tidak perlu melakukan pengecekan dengan memeriksa secara langsung sensor kamera kamu.

Karena kamu bisa melakukan pengecekan dengan mengarahkan kamera kamu ke langit atau ke benda berwarna putih seperti dinding rumah kamu misalnya, dan jangan lupa untuk menggunakan lebar bukaan lensa yang cukup besar, kemudian kamu dapat melihat hasil gambar yang kamu ambil.

Bila memang sensor kamera kamu kotor, maka kamu bisa menemukan noda atau bayangan hitam kecil pada hasil foto kamu.

Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Untuk dapat membersihkannya mungkin kamu perlu memiliki cleaning kit khusus yang bisa kamu dapatkan di toko kamera terdekat atau toko online kepercayaan kamu. Setelah itu kamu bisa melakukan pembersihan terhadap sensor kamera kamu dengan hati-hati.

Namun, sekali lagi kami mengingatkan bahwa melakukan pembersihan terhadap sensor kamera dapat dikatakan cukup sulit, karena sensor kamera merupakan salah satu bagian terpenting pada kamera yang mudah sekali mengalami goresan.

Jadi, untuk kamu yang mungkin masih kurang yakin untuk membersihkan sensor kamera kamu sendiri, ada baiknya untuk meminta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman, ya, Pembaca!

Setiap tipe kamera memiliki cara pembersihan terhadap sensor kamera berbeda-beda?

Tipe kamera yang berbeda, tentu juga akan memiliki desain badan kamera yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu tidak bisa menerapkan cara pembersihan yang sama pada kamera tipe Canon 1200D ke kamera DSLR Canon 60D.

Bagi kamu, yang mungkin memiliki kamera DSLR Canon 60D, dan sayangnya baru saja menemukan kotoran pada sensor kamera kamu, maka dari itu Banten Kamera akan dengan senang hati membantu kamu untuk melakukan pembersihan terhadap kotoran atau debu yang ada pada sensor kamera kamu.

Jadi, tentu saja Banten Kamera tidak hanya melayani kamera atau lensa kamera yang rusak, kami juga akan melayani kamu dengan baik dalam hal perawatan terhadap kamera serta lensa kamu. Untuk biaya pelayanannya pun kamu tidak perlu khawatir, karena kami hanya akan memberikan harga sebesar Rp 150,000 saja untuk kamu.

Jadi, jangan tunggu sampai kotoran pada sensor kamera kamu menumpuk, ya, Pembaca! Segera bawa kamera serta lensa kamu hanya ke Banten Kamera.

Lihat juga: Harga Bekas Kamera Canon 60D Tahun 2018
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: