Cara Menemukan Kamera yang Hilang atau Kemalingan | Blog Banten Kamera

Cara Menemukan Kamera yang Hilang atau Kemalingan

Cara Menemukan Kamera yang Hilang atau Kemalingan
Sumber foto: DIY Photography

Pernahkah kamu mengalami sebuah musibah berupa kehilangan barang berharga atau barang kesayangan kamu?

Kehilangan suatu barang kesayangan memanglah terasa sangat menjengkelkan juga terkadang menyedihkan. Apalagi jika salah satu alasan hilangnya barang kesayangan kamu tersebut merupakan karena diambil orang tak dikenal atau dicuri baik kamu menyadarinya maupun tidak.

Namun, mungkin bila kehilangan yang kamu alami merupakan alat elektronik berupa HP milik kamu, tentu saat ini sudah hadir beberapa aplikasi atau website-website yang dapat membantu kamu untuk memblokir nomor hp kamu bahkan hingga yang jauh lebih baik lagi, kamu dapat mencegah segala informasi penting yang ada pada handphone kamu untuk dapat terlihat oleh orang yang tak dikenal.

   Lihat juga: Tips Menyimpan Foto/Video dengan Aman

Meski umumnya pada akhirnya, kamu tetap tidak dapat menemukan handphone kesayangan kamu kembali.

Itu jika kita membicarakan soal kehilangan sebuah HP. Lalu, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada kamera kesayangan kamu?

Dulu, mungkin saja kamu hanya dapat duduk diam sambil gigit jari karena tidak dapat melakukan apapun terhadap hilangnya kamera kamu. Namun, kabar baiknya, untuk saat ini, kamu sudah dapat mengetahui jejak pencuri kamera kamu hanya BILA, si pencuri tersebut menggunakan kamera kamu kemudian meng-upload-nya secara online ke ranah website.

Jadi berharap saja si pencuri juga menggunakan kamera kamu, ya, Pembaca!

Lalu bagaimana cara menemukannya?

Saat ini telah tersedia sebuah website bernama Stolen Camera Finder, yang memungkinkan kamu untuk bisa menemukan jejak orang yang mencuri kamera kamu melalui EXIF data yang ada pada setiap foto yang dihasilkan oleh kamera kamu.

Apa sih sebenarnya EXIF data itu?
EXIF data foto
Sumber foto: Null Byte

EXIF atau Exchangeable Image Format merupakan format file yang ada pada berkas gambar, suara, atau hal lainnya yang dihasilkan oleh sebuah kamera digital. EXIF sendiri akan menyimpan segala informasi men-detail tentang berkas yang dihasilkan oleh kamera digital kamu, seperti misalnya, kapan tepatnya gambar tersebut di ambil.

Tentu saja, dengan memanfaatkan website Stolen Camera Finder ini, kamu bisa jauh lebih mudah untuk menemukan kamera digital kamu yang baru saja hilang karena dicuri.

Cara menggunakan Stolen Camera Finder? Cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Buka Website Stolen Camera Finder
Stolen Camera Finder

Untuk dapat mengakses website berikut ini, kamu bisa dengan mudah mencarinya di search engine kepercayaan kamu, atau dengan mengklik link berikut ini. >> Stolen Camera Finder <<

Drag Foto Kamu ke Halaman Website

Bila kamu bertanya foto apa yang perlu kamu drag ke halaman websitenya, tentu yang kamu harus gunakan adalah foto yang telah kamu simpan dan kamu dapatkan dari kamera digital milik kamu yang telah hilang.

Ingatlah, bahwa foto yang akan kamu drag ke halaman website tersebut, sudah dipastikan bahwa fotonya merupakan foto original dari kamera digital kamu yang telah hilang, dimana belum pernah dilakukan pengeditan, supaya tidak mengacaukan informasi pada EXIF data yang ada.

Setelah kamu men-drag foto kamu, maka secara otomatis, website tersebut akan mencari foto-foto lainnya yang memiliki kemiripan informasi EXIF data dengan foto yang baru saja kamu drag. Pencariannya pun akan dilakukan pada setiap foto yang beredar di ranah internet.

Stolen Camera Finder
Sumber foto: Digital Photo Magazine

Bila kamu sudah mendapatkan hasil foto-fotonya, perhatikanlah mana foto yang bagi kamu bukanlah hasil foto yang pernah kamu ambil sebelumnya. Karena bila kamu pernah meng-upload hasil foto kamu dengan kamera digital kamu yang hilang ke internet, tentu website tersebut juga akan memunculkan hasilnya kembali pada kamu.

Jika kamu menemukannya, maka bersegeralah untuk mencatat informasi akan kapan dan di website mana foto tersebut ditemukan untuk bisa melacak jejak si pencuri. Ada baiknya pula bila kamu segera melaporkannya ke pihak yang berwenang seperti polisi, untuk membantu kamu dalam mencari si pencuri kamera digital kesayangan kamu itu.

Namun, jika kamu tidak bisa mendapatkan satu pun hasil foto yang mencurigakan, sekali lagi kami mengingatkan, bahwa hal ini hanya akan berkerja bila si pencuri meng-upload foto ke internet dengan menggunakan kamera digital milik kamu.

Mungkin, bila hal itu sampai terjadi, kamu hanya perlu mengikhlaskan saja kepergian kamera kesayangan kamu tersebut dan mulailah menyadari bahwa kehilangan barang berharga pun terkadang bisa menjadi kesalahan kamu juga yang umumnya bersikap sangat ceroboh.

   Lihat juga: Cara Merawat dan Menyimpan Kamera

Jadi, mulailah untuk selalu menjaga barang-barang berharga milik kamu dengan baik, terutama bila kamu sedang berada di luar rumah. Segera letakkan kamera digital kamu di tempat yang cukup aman bila kamu sedang tidak menggunakannya.

Nah, Pembaca, jadi itulah cara mudah menemukan kamera digital yang hilang atau kemalingan yang dapat kami sarankan untuk kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: