Apa itu Efek Ray of Light? | Blog Banten Kamera

Apa itu Efek Ray of Light?

Apa itu Efek Ray of Light?
Sumber foto: StreemKR

Pada saat kamu akan mengambil sebuah gambar, hadirnya subjek foto yang menarik memang umumnya akan jauh lebih memikat mata orang-orang yang melihatnya. Karena semakin unik subjek foto yang kamu ambil, maka akan semakin nampak indah pula hasil foto kamu nantinya.

Membicarakan soal subjek foto, apakah kamu tahu apa itu Ray of Light dalam dunia fotografi? Sebagian dari kamu mungkin memang belum mengetahuinya dan sebagiannya lagi mungkin memang hanya sebatas pernah mendengar hal tersebut dari orang lain.

Jadi, apa sebenarnya Ray of Light itu?

Dalam dunia fotografi, Ray of Light atau bisa disingkat RoL merupakan salah satu subjek yang bisa kamu masukkan dalam foto kamu, untuk memberikan efek-efek yang terasa damai dan berkesan magical seperti yang biasa kamu lihat pada film-film fantasi.

Efek Ray of Light sendiri, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa didapatkan. Kamu hanya perlu menentukan dimana tempat yang tepat untuk bisa menemukan berkas cahaya ini sebagai subjek foto kamu. Lalu, dimana biasanya kamu bisa menemukan efek Ray of Light ini?

Diantara Dedaunan di Pohon
Ray of Light diantara dedaunan pada pohon
Sunber foto: Fiveprime

Berkas cahaya yang jatuh ke bumi, biasanya akan nampak terlihat jelas bila ada sesuatu yang menghalangi sinarnya, seperti halnya dedaunan yang ada pada pohon. Bukankah kamu sering melihat karya-karya foto para fotografer profesional di luar sana, yang memotret efek foto Ray of Light di bawah rimbunnya pepohonan?

Selain itu, memotret efek Ray of Light di bawah pepohonan akan semakin membuat hasil foto kamu semakin berkesan lebih damai namun juga terasa begitu hangat.

Di Dataran Tinggi
Ray of Light pada dataran tinggi
Sumber foto: Fiveprime

Tidak hanya di bawah pepohonan saja, di dataran yang tinggi pun tempat dimana kamu bisa lebih merasa dekat dengan matahari, biasanya juga dapat menjadi salah satu tempat hunting efek Ray of Light yang indah.

Namun, tentu saja, tidak semua keadaan di dataran tinggi bisa kamu temukan berkas cahaya seperti Ray of Light ini. Salah satu kondisi yang paling umum untuk kamu bisa mendapatkan efek tersebut adalah di pagi hari, dimana matahari baru muncul dari peristirahatannya.

Saat kamu berada di dataran tinggi pada pagi hari, biasanya kamu bisa melihat kabut-kabut tipis yang melayang di sekitar pegunungan, dimana kabut tersebut akan menghalangi cahaya yang datang dari matahari pagi, sehingga cahaya yang dapat terlihat oleh kamu hanya berupa berkas-berkas indah yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hasil foto kamu semakin menarik.

Saat Sunrise
Ray of Light saat sunrise
Sumber foto: Sorowaka Trough the Lens

Selain di dataran tinggi, kamu juga bisa menemukan efek Ray of Light ini di tempat yang rendah seperti halnya pantai dimana kamu bisa melihat sunrise atau terbitnya matahari sebagai sumber cahaya untuk mendapatkan efek tersebut.

Pastikan saja, pada saat matahari sedang terbit, keadaan di langit tengah sedikit berawan, supaya cahaya yang datang dapat dibiaskan dan menghasilkan efek Ray of Light tersebut.

Cari Latar Foto yang Gelap
Ray of Light di dalam ruangan
Sumber foto: Clickin Moms

Dengan mencari latar foto yang gelap, kamu pun bisa mendapatkan efek foto Ray of Light untuk mempercantik hasil foto kamu sendiri. Ruangan yang gelap akan memberikan perbedaan warna kontras dengan cahaya sehingga akan memperjelas berkas cahaya yang masuk.

Untuk menemukan latar foto yang gelap, kamu sendiri bisa mendapatkannya di dalam ruangan atau misalnya di dalam kamar kamu saat kondisi sedang gelap. Efek Ray of Light ini biasanya akan kamu temukan di antara tirai jendela kamar kamu.

Selain menemukan efek Ray of Light sendiri, di zaman dengan teknologi yang sudah cukup canggih seperti sekarang ini, kamu sudah bisa membuat efek Ray of Light milik kamu sendiri di photoshop. Meski memang, terkadang efek Ray of Light yang asli akan nampak lebih natural dibanding dengan hasil editan di photoshop.
Ray of Light Melalui photoshop
Sumber foto: YouTube

Tapi, untuk kamu yang sedang kesulitan mencari efek tersebut, tentu photoshop akan sangat berguna untuk membantu kamu menjadikan hasil foto kamu terlihat jauh lebih menarik. Lagipula, bila membicarakan soal natural atau tidaknya, kamu tetap bisa mengakali akan bagaimana membuat hasil editan kamu menjadi tampak natural.

Karena itulah, dalam menjadi seorang fotografer, kamu perlu memanfaatkan segala kekreatifan yang kamu miliki.

Jadi, Pembaca, apa kamu sudah cukup memahami tentang apa itu Efek Ray of Light pada dunia fotografi? Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: