5 Peralatan Membuat Vlog agar hasil bagus | Blog Banten Kamera

5 Peralatan Membuat Vlog agar hasil bagus

vlogger
Sumber foto : Google
Kegiatan membuat vlog (video blog) merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, bagaimana tidak? dengan membuat vlog kalian dapat berkarya dengan lebih mudah, memiliki kesempatan untuk
terkenal dan tentunya mendapatkan pemasukan dari video yang kalian buat dan unggah ke youtube. Vlog beberapa tahun belakangan ini banyak di gemari oleh masyarakat, kegemaran masyarakat meningkat untuk melihat dan membuat vlog karena beberapa hal.

Alasannya tak lain karena teknologi yang semakin canggih sehingga segala sesuatu beralih ke dunia maya atau dunia virtual, selain itu berbagai vlogger yang semakin menyajikan berbagai konten yang menarik sehingga semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mencari hiburan melalui youtube dan mulai mencoba peruntungan di dunia youtube.

Bagi kalian yang memang tertarik dalam dunia youtube dan ingin menjadi vlogger, ada beberapa peralatan vlog yang sebaiknya kalian gunakan untuk dapat menghasilkan video yang bagus dan menarik untuk dilihat, berikut beberapa peralatannya :

Kamera
kamera powershot g7x
Sumber foto : Google

Tidak meungkin merekam atau menghasilkan sebuah video tanpa kamera atau alat perekam video, oleh sebab itu salah satu alatnya yaitu kamera wajib untuk kalian persiapkan. Untuk pilihan kamera yang mana, tidak ada batasan kalian harus menggunakan kamera apa.

Kalian dapat menggunakan kamera apa saja untuk dapat menghasilka sebuah video, namun jika kalian mengutamaka kualitas gambar yang bagus, sebaiknya pilih kamera yang memiliki kualitas yang bagus seperti kamera DSLR atau mirrorless yang banyak digunakan oleh youtuber populer saat ini.

Beberapa pilihan kamera yang bagus dan banyak digunakan oleh youtuber yaitu seperti Mirrorless canon M3, Canon Powershot G7 X Mark II, Sony A7S Mark II atau kalian bisa menggunakan kamera DSLR 70D. Beberapa kamera pilihan tersebut bukanlah menjadi pilihan yang mutlak harus kalian gunakan, namun jika melihat kualitasnya, beberapa kamera tersebut mampu untuk menghasilkan video yang bagus.

Jika kalian tidak memiliki masalah budget, kalian bisa memilih kamera tersebut untuk digunakan sebagai perekam vlog kalian, karena beberapa kamera diatas memiliki harga yang lumayan tinggi dan sudah terbukti kualitas videonya karena digunakan oleh beberapa youtuber terkenal.

Namun jika kalian memiliki masalah budget, kalian dapat mencari kamera yang memiliki harga yang lebih ekonomis dan tentunya kalian harus memastikan kamera yang kalian pilih mampu untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Tripod
vlogger
Sumber foto : Google

Jika kalian ingin mendapatkan video yang stabil dan terhindar dari guncangan, peralatan yang perlu kalian gunakan adalah tripod. Tripod mampu membuat kamera kalian dalam keadaan stabil ketika proses perekaman berlangsung.

Tentu kalian tidak ingin mendapatkan hasil video yang bergetar atau gambarnya terguncang karena tidak menggunakan tripod. Hasil video yang terguncang atau bergetar membuat kurang menarik untuk dilihat, sehingga pastikan hasil video kalian tetap stabil agar lebih enak untuk dilihat.

Penggunaan tripod memang digunakan bagi kalian yang ingin merekam video dalam keadaan statis, berbeda jika kalian merekam video dalam keadaan bergerak, kalian tidak perlu untuk menggunakan tripod karena akan menyulitkan kalian ketika akan meletakkan kameranya.

Jika kalian menggunakan handphone untuk merekam vlog, sebaiknya kalian juga menggunakan gorillapod yang memiliki fungsi yang sama yaitu meredam guncangan pada handphone kalian ketika proses perekaman video berlangsung.

Lighting
lighting
Sumber foto : Google

Peralatan sudah siap, tentu kalian juga ingin memiliki hasil video dengan wajah kalian yang bersinar dan terlihat lebih lembut, peralatan yang dapat kalian gunakan untuk membuat vlog selanjutnya yaitu lighting. Selain pencahayaan yang kalian gunakan dapat membuat wajah kalian bersinar, tentu hal ini juga dapat membantu untuk mengurangi noise pada hasil video.

Jika kalian merekam video di tempat yang gelap atau bahkan pada malam hari, sebenarnya bisa saja tidak menggunakan cahaya bantuan seperti lighting. Salah satu cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menaikkan ISO pada kamera kalian, namun hal tersebut akan menimbulkan banyak noise pada hasil video kalian. Nah untuk mengahsilkan gambar yang bersih dan wajah kalian dapat terlihat lebih cerah, maka kalian dapat menggunakan bantuan pencahayaan.

Beberapa vlogger terkenal juga menggunakan lighting untuk menunjang pencahayaa video mereka, rekomendasi lighting yang dapat kalian gunakan yaitu Lightning Kamera 160 LED - LD-160. Lighting tersebut merupakan salah satu lighting yang memiliki kualitas bagus, selain mendapatkan satu buah lighting, kalian juga akan mendapatkan diffuser serta filter.

Selain itu lighting ini kompatibel untuk dipasang pada hot shoe kamera DSLR atau mirrorless yang kalian gunakan. Harga yang ditawarkan untuk lighting ini yaitu 250 ribu rupiah.
Lihat juga : Berapakah penghasilan seorang fotografer
Mic 
rode videomic pro
Sumber foto : Google

Karena vlog merupakan produk audio visual, maka kalian tidak bisa hanya memperhatikan aspek visualnya saja. Untuk mendapatka hasil video yang bagus, kalian juga harus memperhatikan aspek audio juga. Keseimbangan perpaduan keduanya tentu akan menghasilkan gambar yang bagus dan juga suara yang bagus. Oleh sebab itu, untuk membuat hasil audio yang bagus, kalian perlu untuk menggunakan alat tambahan yang dapat digunakan ketika proses perekaman video berlangsung.

Jika kalian hanya mendandalkan mic pada kamera, hal tersebut bisa saja kalian lakukan, namun memang kualitas audio yang dihasilkan tidak akan sebagus menggunakan mic bantuan atau mic eksternal.

Salah satu rekomendasi mic yang dapat kalian gunakan untuk menghasilan audio yang bagus dan jernih yaitu rode videomic pro, mic satu ini memiliki keunggulan yaitu mampu untuk meredam noise suara ketika proses perekaman video berlangsung. Harga yang ditawarkan untuk rode video mic pro ini yaitu sedikit tinggi yaitu 2 juta rupiah

Laptop/komputer
adobe premiere pro CC
Sumber foto : Google

Ketika perekaman suda dilakuka sesuai dengan apa yang telah direncanakan, sekarang saatnya
kalian untuk mengedit video dan menggabungkannya menjadi sebuah video yang utuh. Selain sebuah laptop, untuk meningkatkan kualitas video kalian yaitu dengan menggunakan aplikasi edit video.

Beberapa youtuber menggunakan aplikasi edit video seperti adobe premiere, final cut pro dan beberapa aplikasi lainnya. Penggunaan aplikasi ini, memiliki fungsi untuk memperindah hasil video kalian sehingga menarik seseorang untuk melihatnya.

Itulah beberapa peralatan video yang dapat kalian gunakan untuk membuat vlog, untuk hasil video yang menarik dan tentunya mendapatkan viewers yang banyak, tentu hal utamayang harus kalian rancang yaitu sebuah ide yang menarik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, menambah informasi dan membatu kalian untuk menentukan peralatan yang akan kalian gunakan untuk membuat vlog. Selamat berkarya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: