5 Tips Mengambil Foto Agar Lebih Bokeh | Blog Banten Kamera

5 Tips Mengambil Foto Agar Lebih Bokeh

5 Tips Mengambil Foto Agar Lebih Bokeh
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti
Kata bokeh pasti sudah sangat familiar bagi fotografer, baik fotografer pemula maupun fotografer handal. Artikel ini akan menjelaskan 5 tips agar kalian mendapatkan hasil foto bokeh yang maksimal.

Tahukah kalian dari mana kata bokeh itu? Bokeh berasal dari bahasa jepang yang artinya kabur, buram atau tidak jelas. Fungsi dari bokeh ini untuk menonjolkan titik yang fokus dari pada bidang lainnya, menghilangkan bagian yang tidak perlu masuk frame.

Dalam keadaan keadaan tertentu, terkadang kita memotret di lokasi yang backgroundnya kurang menarik, sehingga kita bisa memanfaatkan cara ini, dengan mengambil foto bokeh maka background yang tidak menarik tersebut akan hilang dari pandangan. Biasanya bokeh digunakan untuk foto makro, human interest, benda dan lain sebagainya.

Bokeh biasanya memiliki 2 bentuk, bentuk lingkaran dan bentuk polygonal. hal tersebut terjadi karena jumlah blade diafragma lensa. Polygonal terbentuk dari blade diafragma yang berjumlah 6 buah sedangkan yang berbentuk lingkaran hasil dari blade difragma yang lebih dari itu. Biasanya semakin bokeh hasil foto kita, maka foto tersebut akan lebih terlihat menarik.

Agar kalian bisa mendapatkan foto bokeh yang baik, berikut adalah 5 tips mengambil foto
bokeh:

Jauhkan Jarak Objek dengan Background
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Jika ingin mendapatkan hasil bokeh yang baik, kalian bisa menjauhkan objek foto yang
akan kalian ambil dengan backgroundnya. Cobalah menjauhkan objek foto sekitar 10 meter
dari backgroundnya, lalu bandingkan dengan jarak objek dengan background yang berjarak
30cm. Pasti hasil bokehnya akan berbeda.

Dekatkan Lensa dengan Objek Foto
Cara lainnya yaitu anda bisa mendekatkan lensa dengan objek yang akan difoto, namun jangan terlalu dekat karena malah akan mengakibatkan objek tidak bisa fokus dengan baik. Gunakan diafragma/bukaan yang lebar 2 cara diatas, kita bisa mendapatkan hasil foto bokeh yang baik dengan menggunakan bukaan yang lebar. bagaimana bukaan yang lebar itu? bukaan yang lebar difragma yaitu dengan memilih angka yang terkecil, ontohnya f/2.

Menggunakan lensa dengan kualitas optik terbaik
Untuk mendapatkan hasil bokeh yang baik, kita juga memerlukan lensa dengan kualitas optik yang baik. contohnya yaitu menggunakan lensa tele 75-300mm, meskipun harganya lumayan mahal namun hal tersebut sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan, jangan lupa untuk tetap menggunakan diafragma yang lebar.

Gunakan Lensa prime atau focal length panjang
Sumber foto : Google

Terakhir adalah menggunakan lensa fix/prime, biasanya lensa fix memiliki diafragma terkecil f/1.8 atau f/1.4, hal tersebut dapat menjadi faktor foto kalian sangat bokeh. Namun anda tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai lensa selain dari lensa bawaan kamera anda, kamera lensa kit anda juga dapat menghasilkan foto boleh. Oleh karena itu anda dapat mencoba 3 cara diatas.

Bagaimana, mudah kan membuat foto menjadi bokeh? jika kalian memang banyak berlatih maka pasti akan terasa mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian para pecinta bokeh maupun fotografer pemula, Selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: