Lensa Kamera Yang Sering Digunakan | Blog Banten Kamera

Lensa Kamera Yang Sering Digunakan

Lensa Kamera Sering Digunakan
Foto: Digital Trends
Lensa Kamera Sering Digunakan – Kamera pada DSLR atau Mirrorless memang mempunyai tipe-tipe yang cukup banyak, karena dari pilihan tersebut bisa memudahkan penggunaan kamera ingin mengambil objek seperti apa nantinya.

Misal ingin mengambil objek dari jauh bisa menggunakan lensa dengan fokal yang panjang, jadi tidak perlu lagi terlalu dekat dengan objek.

Ada beberapa jenis lensa yang biasa digunakan, dan tentu dari berbagai jenis ini kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhanmu menggunakan kamera, seperti untuk mengambil pemandangan, foto jalanan, untuk pekerjaan atau lainnya.

Lensa Wide
Lensa wide merupakan lensa dengan ruang yang lebar, lensa ini mampu mengambil objek secara dengan dan pengambilannya bisa luas atau lebar.

Lensa ini direkomendasikan untuk kamu yang suka foto landscape seperti pemandangan atau foto objek grup atau foto bersama.

Lensa wide pada canon bisa seperti 10 – 22mm, 10-18mm, dan masih banyak lagi.

Lensa Tele
Tele yang berarti jarak jauh, sesuai dengan namanya lensa ini mampu mengambil objek dari jarak jauh, seberapa jauhnya bisa diambil disesuaikan dari tipe lensa yang digunakan.

Misal lensa canon 55-250mm, maka kamu bisa mengambil objek dari kejauah 55mm hingga 250mm, jadi semakin besar angka seperti 400mm maka objek yang diambil bisa dari jarak yang sangat jauh.

Lensa ini cocok untuk mengambil objek dari kejauhan, jika kamu sering mengambil objek dari jarak jauh atau foto candid maka bisa memilih lensa satu ini.

Lensa FIX
Lensa FIX artinya lensa ini tidak tersedia focal zooming, sehingga tidak bisa perpindahan dari 18mm ke 20mm misalnya.

Lensa FIX memang unik, karena ketika objek terlalu dekat maka bukannya lensa yang diputar, kita sebagai fotografer yang harus mundur.

Meski terbilang cukup menyulitkan tetapi ada beberapa kelebihan yaitu lensa ini mempunyai ketajaman yang bagus, sehingga banyak orang memilih lensa ini seperti tersedia fokal 35mm, 50mm, dan 85mm.

Lensa Sapujagat
Dan yang trakhir yaitu lensa sapujagat, lensa ini sangat sering digunakan oleh fotografer weeding atau jurnalis.

Dengan fokal yang biasa tersedia pada lensa sapujagat yaitu 18-135mm, maka hanya menggunakan cukup 1 lensa saja sudah bisa menghasilkan foto dengan fokal yang lebar atau wide dan juga bisa mengambil objek seperti lensa tele dengan fokal 135mm.

Dari beberapa jenis atau tipe lensa di atas, pastikan kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, karena jika kamu sering foto pemandangan maka salah pilih jika menggunakan lensa tele.

Jadi sebelum membeli harus pertimbangkan dulu. Lihat juga Cara yang Benar Mengatur Fokus Kamera
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: