Penyebab Kamera DSLR Tidak Bisa Fokus | Blog Banten Kamera

Penyebab Kamera DSLR Tidak Bisa Fokus

Penyebab Kamera DSLR Tidak Bisa Fokus

Penyebab Kamera DSLR Tidak Bisa Fokus. Kamera DSLR, saat ini telah menjadi salah satu kamera pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam hal memotret maupun merekam sebuah video. Baik bagi kamu yang hanya berniat memanfaatkan sebuah kamera sekedar untuk memuaskan hobi fotografi/videografi kamu atau kamu yang memang berniat untuk menjadi seorang fotografer, memang bukanlah pilihan yang salah untuk menggunakan kamera DSLR.

Di lihat dari kualitas yang dapat diberikannya, DSLR memang seharusnya bukan lagi menjadi suatu pilihan yang kamu ragukan. Justru, selain karena kualitas hasil gambarnya sendiri, kamu juga masih bisa mendapatkan beragam keuntungan serta keunggulan dalam menggunakan kamera DSLR.

Namun, seperti yang kamu ketahui, menggunakan kamera DSLR memang tidak akan terasa lengkap bila kamu tidak memiliki sebuah lensa yang dapat mendukung kegiatan memotret atau merekam video kamu.

Memilih lensa kamera yang tepat, tentu saja akan memberikan kamu hasil foto yang tepat pula, dimana kesesuaian pada hasilnya akan terasa serasi dengan keinginan kamu. Meskipun terkadang, kamu pun harus dapat menerima beberapa masalah yang dapat terjadi pada lensa kamera kamu.

Namun, itu bukan berarti, lensa kamera akan selalu mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada lensa tentu akan ada seluk beluk di belakangnya, yang melatarbelakangi alasan mengapa lensa menjadi rusak. Jadi, lensa hanya akan rusak bila ada penyebab.

Oleh karena itu, tentu kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab masalah atau kerusakan yang tengah terjadi pada lensa kamera kamu, sebelum kamu memutuskan untuk mengabaikannya dan secara tidak langsung membuangnya secara sembarangan.

Terutama bila kerusakan yang terjadi, terletak pada sistem fokus lensa kamera kamu. Lensa kamera DSLR yang tidak dapat fokus, bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan kamu perlu tahu beberapa hal tersebut untuk bisa menyelamatkan lensa kamera kamu.

Memotret subjek foto terlalu dekat, memang terkadang bisa menjadi salah satu kesalahan yang kamu lakukan saat tengah semangat-semangatnya memotret subjek yang menarik perhatian kamu.

Meski begitu, kamu pun perlu tahu bahwa memotret objek terlalu dekat, bisa membuat lensa kamera kamu kesulitan untuk mencari fokus yang tepat, kecuali jika kamu menggunakan lensa tipe makro. Ingatlah, bahwa setiap lensa memiliki jarak minimal yang baik dalam hal memotret.

Jadi, usahakanlah untuk tidak memotret subjek foto kamu terlalu dekat, ya!

Kondisi Cahaya Minim
Sumber pencahayaan yang minim pun, bisa menjadi salah satu alasan mengapa lensa kamera DSLR kamu tidak bisa fokus pada subjek foto yang akan kamu potret.

Jumlah cahaya yang sedikit yang dapat masuk pada lensa kamera kamu, terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk lensa mengatur fokusnya. Untuk mengatasinya, mungkin kamu bisa menunggu lensa kamera kamu untuk fokus, dengan menekan tombol shutter setengah jalan.

Lalu bila memang lensa kamera kamu sudah bisa menangkap dan mengunci fokus pada subjek, maka kamu bisa segera menekan tombol shutter sepenuhnya.

Jamur pada lensa
Jamur bisa menjadi alasan mengapa lensa kamera DSLR tidak bisa fokus? Mengapa? Tentu seperti yang kamu ketahui, jamur dapat muncul pada layar kaca lensa maupun bagian dalam komponen lensa. Bila jamur pada lensa kamera kamu tumbuh di layar kacanya, tentu hal ini bisa menjadi alasan mengapa lensa kamera kamu tidak bisa fokus.

Jamur yang tumbuh di layar kaca lensa dan tertangkap oleh lensa, dapat membuat lensa kamera kamu bingung untuk memfokuskan lensa ke subjek foto yang mana. Dimana pada saat itu, lensa kamera kamu dapat mengira bahwa jamur yang tumbuh di layar kaca lensa merupakan salah satu subjek foto kamu juga.

Jadi, membersihkan jamur pada lensa itu amat sangat penting untuk dilakukan.

Kotoran atau Debu
Tak berbeda jauh dengan jamur, kotoran atau debu yang menempel di sekitar lensa pun bisa menjadi alasan mengapa lensa kamera DSLR kamu tidak dapat fokus dengan benar.

Karena debu atau kotoran yang menempel di lensa, dapat membuat lensa kamera DSLR kamu mengalami kebingungan dalam memutuskan fokus yang tepat untuk foto kamu. Alhasil, foto kamu nantinya justru akan nampak blur atau buram.

Ring Fokus Macet
Agak sedikit berbeda dari yang lain, yang satu ini juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa lensa kamera kamu tidak bisa fokus dengan benar.

Ring fokus yang macet pada lensa kamera kamu, sebenarnya juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, yang salah satunya merupakan jamur. Lho, mengapa jamur dapat membuat ring fokus lensa macet?

Sebenarnya, bila sumber masalahnya adalah jamur, ring fokus lebih akan terasa bergerak lambat ketimbang macet. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa jamur tidak bisa membuat ring fokus macet.

Jamur yang telah menumpuk di sekitar ring fokus lensa, tentu dapat membuat kinerja fokus pada lensa semakin berkuran dan berakhir menjadi macet atau tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Hanya saja, bila sumber masalah dari ring fokus yang macet, bukan merupakan kesalahan jamur, kamu perlu mencurigai akan adanya komponen lain yang patah di sekitar ring fokus kamera kamu. Mungkin, bila sudah seperti ini, kamu perlu untuk segera membawa lensa kamera kamu ke tempat servis kepercayaan kamu.

Banten Kamera sendiri, dapat menjadi satu-satunya tempat servis kamera serta lensa yang dapat kamu percaya akan keprofesionalisannya serta pada hasil akhirnya. Banten Kamera tentu akan melayani kamu dengan baik, serta memberikan jaminan terbaik berupa garansi selama 60 hari penuh.

Soal biaya perbaikannya pun bukan lagi menjadi suatu masalah tambahan untuk kamu, karena Banten Kamera hanya akan memberi biaya sebesar 200-400 ribuan untuk servis autofocus lensa kamera yang rusak.

Jadi, jangan terus merasa ragu! Segera bawa kamera serta lensa kamera kamu hanya ke Banten Kamera saja!

Lihat juga : Sebaiknya Menggunakan Mode Otomatis atau Manual pada Kamera?
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: