Perbandingan Kamera Fujifilm X-A3 dengan Canon M3

Perbandingan Kamera Fujifilm X-A3 dengan Canon M3
Sumber foto: Giz Guide

Persaingan dalam dunia teknologi memang dapat dibilang sangatlah ketat. Untuk dapat menentukan mana yang terbaik, mungkin akan tergantung pada pendapat kamu nantinya.

Sama halnya juga seperti apa yang terjadi dalam persaingan ketat dunia kamera.

Setiap produsen kamera yang ada mungkin saja tak akan pernah mau berhenti mengembangkan produk-produk andalan mereka hanya untuk terus mencoba menarik perhatian para konsumernya. Dan dalam persaingannya sendiri, akan ada saat dimana dua merk kamera berbeda tampil begitu mencolok namun dalam balutan kelebihan serta kekurangan yang berbeda.

Terkadang persaingan seperti ini bisa membuat kamu bahagia namun juga merasa kebingungan harus memilih yang mana, bukan? Dengan spesifikasi dan harga yang hampir persis sama, kebanyakan dari kamu mungkin akan perlu waktu yang cukup lama untuk berpikir mana yang kiranya sesuai dengan kebutuhan kamu.
Perbandingan Kamera Fujifilm X-A3 dengan Canon M3
Sumber foto: Google

Sebenarnya, nggak jauh beda dengan persaingan antara kamera mirrorless Fujifilm X-A3 dan Canon EOS M3 yang satu ini, nih. Keduanya berbagi begitu banyak kesamaan yang bisa dengan mudah kamu temukan. Harganya yang tidak terpaut cukup jauh juga, mungkin bisa membuat kamu semakin galau, nih, mau pilih yang mana.

Namun, sebelum kamu semakin merasa galau, ada baiknya untuk kamu mengetahui terlebih dahulu perbandingan kedua kamera ini, ya, Pembaca!

Persamaan Fujifilm X-A3 dan Canon EOS M3

Sebelum kita membahas perbedaan, sebaiknya kita bahas persamaan dulu, dong, ya?
Perbandingan Kamera Fujifilm X-A3 dengan Canon M3
Sumber foto: Google

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, kedua kamera ini memiliki banyak kesamaan, terutama pada sensor kameranya yang sama-sama beresolusi cukup besar, yaitu 24 MP. Selain itu, kedua kamera ini pun telah dilengkapi dengan layar LCD touchscreen yang dapat kamu flip 180° ke atas, sehingga dapat memudahkan kamu dalam memotret foto selfie bersama teman-teman kamu.

  Lihat juga: Spesifikasi Kamera Mirrorless Fujifilm X-A3

Kedua kamera ini pun telah menyediakan fitur built-in flash yang bisa kamu gunakan saat kondisi low light. Dan bila flash internal ini masih belum cukup untuk kamu, kamu juga bisa menggunakan flash eksternal milik kamu, karena kedua kamera ini telah memiliki eksternal flash shoe sebagai tempat dudukan flash eksternal kamu.

Kamu juga tak perlu merasa khawatir saat ingin mengambil foto bersama dengan teman-teman kamu, namun tak ada satupun orang di sekitar yang bisa kamu mintai tolong, karena kedua kamera ini bisa kamu koneksikan dengan smartphone kamu, agar kamu bisa mengendalikannya dalam jarak yang cukup jauh.
Perbandingan hasil foto Fujifilm X-A3 dengan Canon M3
Sumber foto: Google/Fujifilm X-A3 (kiri) Canon EOS M3 (kanan)

Seperti kamera-kamera modern lainnya, fitur Wi-Fi pun sudah bisa kamu dapatkan dari kedua kamera ini. Selain itu, fitur-fitur lainnya yang menjadi persamaan dari kedua kamera ini adalah, Face detection focus, RAW Support yang bisa membuat kamu dapat menghasilkan foto yang sekelas dengan kamera DSLR, resolusi layar LCD 1,040K dots, serta fitur Auto Exposure Bracketing yang bisa kamu gunakan pada HDR mode.

Perbedaan Fujifilm X-A3 dan Canon EOS M3

Dari banyaknya persamaan yang telah kami sajikan di atas, tentu saja kamera ini pun juga menyajikan beberapa perbedaan, sehingga kini kamu bisa mulai meneliti lebih lanjut mana yang akan sesuai dengan keperluan serta budget kamu. 

1. Harga

Untuk harga sendiri, sebenarnya tidak terlalu terpaut cukup jauh. Saat ini, kamera Canon EOS M3 dihargai sebesar Rp 6.450.000 saja, sementara Fujifilm X-A3 dihargai lebih mahal karena beberapa alasan dengan harga Rp 7.100.000.

   Lihat juga: Daftar Harga Kamera Mirrorless Tahun 2018 Lengkap

2. Viewfinder
Viewfinder Canon EOS M3
Sumber foto: Galashiels camera club

Dengan harga yang dapat dikatakan lebih murah dari pada Fujifilm X-A3, Canon EOS M3 telah menyediakan electronical viewfinder yang sementara tidak dapat kamu temukan pada kamera mirrorless fujifilm ini. Viewfinder ini sendiri akan sangat berguna saat kamu tidak ingin hanya menggunakan LCD kamera untuk mengambil foto secara langsung.

3. Ukuran Sensor Kamera

Ukuran sensor pada kamera pada dasarnya akan sangat berperan penting dalam menentukan kualitas sebuah foto. Perbedaan ukuran sensor kamera Fujifilm dan Canon sebenarnya tak begitu jauh, dengan Fujifilm yang keluar sebagai unggulannya. Fujifilm X-A3 memiliki ukuran sensor kamera sebesar 23.5 x 15.7mm, sementara Canon EOS M3 hanya 22.3 x 14.9mm.

4. Microphone Port
Canon EOS M3
Sumber foto: YouTube

Lagi-lagi walaupun Canon dihargai dengan nominal yang lebih rendah, kamera satu ini dapat menyediakan Microphone port yang tidak bisa kamu miliki di kamera Fujifilm X-A3. Microphone port ini dapat kamu gunakan pada saat kamu ingin mendapatkan suara yang lebih jelas saat merekam video.

5. Focus Point

Jumlah focus point yang pada kamera Fujifilm X-A3 dapat dikatakan lebih banyak dari Canon EOS M3, dengan perbandingan jumlah 77 untuk Fujifilm dan 49 untuk Canon.

6. Auto Exposure Range

Auto exposure range pada Canon EOS M3 lebih unggul 1 poin dengan rentang ± 2 EV sementara Fujifilm X-A3 hanya memiliki rentang ± 1 EV.

7. Battery Life

Mungkin untuk kamu yang memang senang sekali memotret banyak objek yang melintas disekitar kamu, Fujifilm bisa menjadi pilihan kamu. Karena Fujifilm X-A3 memiliki daya tahan baterai yang cukup tinggi, yaitu 410x tembakan dalam sekali charge, sedangkan pada kamera Canon hanya 250x tembakan.

8. NFC Connection

Keunggulan terakhir yang dimiliki Canon untuk kamu para pendukungnya adalah telah terdapat fitur NFC Connection, yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan kamera kamu dengan perangkat lainnya yang juga telah memiliki fitur NFC yang mumpuni.

9. Timelapse Recording

Untuk kamu yang senang merekam dengan menggunakan mode Timelapse, lagi-lagi mungkin Fujifilm harus menjadi pilihan kamu, karena kamu tidak akan menemukan mode shooting ini pada kamera Canon EOS M3.

10. Flash Coverage

Perbedaan terakhir terdapat pada jangkauan flash pada kedua kamera ini. Fujifilm memiliki jangkauan flash sejauh 7 m sementara pada Canon hanya dapat terjangkau sejauh 5 m dari tempat memotret.
Perbandingan Kamera Fujifilm X-A3 dengan Canon M3
Sumber foto: Google

Jadi, dari perbandingan kamera mirrorless Fujifilm X-A3 dengan Canon EOS M3 ini, mana yang paling mendekati kesukaan kamu, nih, Pembaca? Jangan lupa untuk selalu memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan serta budget kamu, ya!

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!



Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: