Apa sih Bedanya Kamera HP dengan DSLR atau Mirrorless? | Blog Banten Kamera

Apa sih Bedanya Kamera HP dengan DSLR atau Mirrorless?

Apa sih Bedanya Kamera HP dengan DSLR atau Mirrorless?
Sumber foto: Prolost

Memilih sebuah kamera bagi beberapa orang mungkin bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun bagi sebagian yang lainnya, bisa saja dapat menjadi hal yang sulit karena beberapa alasan yang berbeda-beda. Kenapa mereka dapat seperti demikian? Mungkin karena mereka melihat sebuah kamera dengan cara yang berbeda dari diri kamu.

Terkadang dalam memilih sebuah kamera, beberapa orang hanya melihat dari segi fisik dan bukannya kemampuan. Namun, ada juga yang tidak. Ada yang lebih mengutamakan kenyamanan dibanding kualitas, ada yang sebaliknya.
Berbagai tipe kamera
Sumber foto: Techradar

Di zaman sekarang, sudah ada begitu banyak jenis kamera dengan berbagai kualitas serta keunggulan yang dapat kamu peroleh. Dan dari begitu banyaknya jenis kamera yang telah dipasarkan, tentu saja ada yang bisa menjadi nomor satu di hati kamu, tapi tidak dengan orang lainnya.

Segalanya hanya tergantung pada bagaimana kamu melihat dan cara menggunakan sebuah kamera, karena seperti yang kamu tahu, setiap kamera didesain dengan bentuk dan kualitas yang berbeda-beda.

Untuk mempermudah kamu dalam memilih dan mengubah pandangan kamu terhadap kamera jenis lainnya, kali ini kami akan berbagi ilmu kepada kamu tentang perbedaan kamera HP dengan kamera DSLR atau mirrorless.

Jadi, apa sih bedanya? Bagus mana antara kamera HP dengan DSLR dan Mirrorless? Yuk, simak baik-baik perbedaannya dari berbagai sisi!

Kualitas Foto
Kualitas foto DSLR
Sumber foto: James Grant

Kalau kamu mulai mengukur dari segi kualitas yang diberikan pada hasil gambarnya, dapat dibilang kamera DSLR atau Mirrorless mungkin akan nampak lebih unggul dari kamera HP kamu. Mau dikatakan bagaimanapun, memang DSLR dan Mirrorless didesain hanya untuk memotret dan merekam, sementara HP tidak hanya didesain untuk menangkap gambar, tapi lebih kepada fungsi komunikasi.

Kamera DSLR dan Mirrorless, memiliki berbagai keunggulan dalam hal memotret dan merekam. Karena itulah beberapa fotografer pun tidak bisa lepas atau jauh-jauh dari kamera-kamera DSLR maupun Mirrorless dan sejenisnya.

Alasan lainnya sendiri juga dapat disebabkan oleh sensor pada kameranya yang telah didesain lebih baik dari kamera-kamera HP manapun, meski memiliki ukuran pixel yang jauh lebih besar dibanding kamera DSLR atau Mirrorless kamu.

Penggunaan
Kamera HP
Sumber foto: Mobile fun

Lain lagi dengan cara penggunaannya, nih, Pembaca. Yang satu ini mungkin bisa dikatakan, tergantung akan bagaimana cara berpikir kamu, ya.

Sebagian dari kamu bisa saja berpikir bahwa cara menggunakan kamera HP bisa jauh lebih mudah daripada kamera DSLR atau Mirrorless yang terbilang cukup banyak tombol-tombolnya, ya, 'kan?

Selain itu kamu pun bisa jauh lebih mudah untuk membawanya kemana-mana, terutama saat kamu akan pergi jalan-jalan dan kamu bukan jenis orang yang senang membawa kemana-mana barang tambahan yang bisa memperlambat perjalanan kamu.
Sharing foto
Sumber foto: time.com

Dengan menggunakan kamera pada HP pun, bisa mempermudah kamu saat berbagi foto atau video kegiatan kamu pada teman-teman, karena kamu bisa langsung sharing pada saat itu juga. Sementara saat menggunakan DSLR atau Mirrorless, kamu perlu menyalin data pada laptop atau komputer kamu atau mungkin perlu mentransfer data terlebih dahulu ke HP kamu.

Intinya, sih, kamu bisa dua kali kerja.

Namun, entah bagaimana, kamera DSLR atau Mirrorless ini seakan memiliki daya tarik penggunanya untuk selalu dibawa saat mereka pergi travelling. Apa daya tariknya? Coba kembali pada poin sebelumnya.

Lensa
Kamera DSLR
Sumber foto: MyPostcard

Saat membicarakan tentang lensa, apa yang akan ada dipikiran kamu tentang mana yang paling baik?Pastinya akan langsung melirik pada kamera DSLR dan Mirrorless, bukan? Yap, yang satu ini mungkin memang keunggulan kamera DSLR dan Mirrorless yang agak sulit untuk dikalahkan kamera HP, nih.

Kamera DSLR dan Mirrorless memiliki segudang jenis lensa yang bisa kamu ubah-ubah sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. Kamu pun bisa menyesuaikannya dengan keadaan cahaya pada lingkungan kamu agar hasil foto kamu tetap memiliki kualitas yang lebih baik.

Selain itu, dengan menggunakan kamera DSLR serta Mirrorless, kamu bisa dengan mudah zoom gambar kamu saat diperlukan hingga mencapai 30x lebih besar dari semula. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan untuk kamu saat kamu berada dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mendekati objek.

Namun, perlu kamu tahu bahwa di zaman yang sudah begitu modern ini, beberapa kamera pada HP pun telah memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri pada keadaan cahaya yang berbeda-beda. Jadi, untuk saat ini dan seterusnya, kamu tentu tidak perlu merasa khawatir dalam menggunakan kamera HP untuk memotret di keadaan cahaya yang minim.

Aplikasi Editing
Edit app di smartphone
Sumber foto: Onwe.bioinnovate.co

Bagi beberapa orang, memiliki aplikasi editing foto adalah suatu kewajiban. Saat kamu menggunakan smartphone, aplikasi editing foto bukan lagi menjadi hal yang langka. Sudah ada berjuta-juta aplikasi untuk kamu yang membutuhkan.

 Lihat juga: Tips Mendapatkan Hasil Foto Ala Selebgram

Beberapa aplikasi yang ada bahkan telah menyediakan fitur kamera yang seakan-akan membuat hasil foto kamu nantinya akan tampak seperti diambil dengan menggunakan kamera DSLR. Bukan hanya itu, kamu pun bisa menggunakan beberapa filter yang tersedia untuk semakin memperindah foto-foto kamu.

Baterai
Kamera digital memiliki daya tahan baterai tinggi
Sumber foto: Colby Brown

Bila kamu melihat dari segi baterai, kamera DSLR dan Mirrorless lagi-lagi bisa jadi unggulannya. Kenapa bisa dikatakan begitu?

Sekali lagi kami katakan bahwa kamera DSLR dan Mirrorless secara khusus digunakan hanya untuk memotret atau merekam video. Sementara HP kamu sendiri digunakan bukan hanya untuk memotret atau merekam, kamu juga menggunakannya untuk komunikasi atau game yang pada dasarnya memang mudah menguras habis daya pada baterai HP kamu.

Tetapi, untuk beberapa smartphone memang telah didesain secara khusus agar memiliki daya tahan baterai yang cukup baik sehingga kamu tidak perlu lagi merasa khawatir untuk menggunakannya seharian.

Dari beberapa jabaran di atas, mungkin bila kamu perhatikan baik-baik, kamera HP di zaman modern ini sudah hampir lebih baik dari kamera DSLR dan Mirrorless, bukan? Saat ini juga sudah banyak orang yang lebih memilih menggunakan kamera HP untuk memotret karena kepraktisannya.

Namun, bila kamu lebih memilih kualitas dibanding kepraktisan, ada baiknya untuk kamu memilih kamera DSLR atau Mirrorless dibandingkan kamera HP.

Jadi, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi untuk memilih kamera yang mana, ya. 'kan? Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: