Megapiksel Bukan Patokan untuk Hasil Kamera Bagus? | Blog Banten Kamera

Megapiksel Bukan Patokan untuk Hasil Kamera Bagus?

Megapiksel Bukan Patokan untuk Hasil Kamera Bagus?
Sumber foto: The Spruce Crafts

Memilih sebuah kamera yang baik, tidak dapat begitu saja dikatakan mudah. Kamu perlu memperhatikan beberapa aspek-aspek penting dalam memilih sebuah kamera. Memilih kamera bukan hanya sekedar karena kamu menyukai tampilannya atau bentuknya saja. Banyak yang harus dijadikan pertimbangan.

Untuk mendapatkan kamera dengan kualitas yang baik juga kamu sebenarnya tidak perlu membeli kamera dengan harga tinggi, karena tidak semua kamera murah memiliki kualitas yang murah juga. Kamu bisa saja mendapatkan kamera dengan harga yang cukup murah namun dengan kualitas yang sama dengan kamera harga tinggi.

Hanya saja, semua itu tergantung akan bagaimana kamu pintar-pintarnya memilih serta membeli kamera yang baik.

   Lihat juga: Tips Membeli Kamera dengan Budget Pas-Pasan

Dalam memilih sebuah kamera, kebanyakan dari kamu mungkin akan hanya terpaku pada besar Megapixel yang ada pada kamera, bukan? Kenapa bisa begitu? Ya, salah satunya mungkin karena kamu sudah sering melihat iklan-iklan para produsen kamera atau smartphone yang dapat menghasilkan foto kualitas baik dengan Megapixel yang besar.

Padahal mungkin saja beberapa dari kamu masih belum tahu apa itu megapixel, bukan?

Megapixel berasal dari dua buah kata yang terdiri dari 'Mega' yang berarti juta dan 'Pixel' yang berarti titik terkecil atau kotak-kotak mini pembentuk gambar. Bila kamu perbesar sebuah foto, maka kamu akan dapat dengan mudah melihat kotak-kotak kecil sebagai pembentuk gambar kamu.
Pixel pada foto
Sumber foto: Photography life

8 MP, berarti terdapat 8 juta kotak-kotak mini dalam satu inci sebuah foto. 10 MP, berarti terdapat 10 juta kotak-kotak mini dalam satu inci sebuah foto. Jadi, semakin besar pixel, maka akan semakin kecil kotak-kotak mini yang dapat kamu lihat. Lho, bukannya itu berarti dapat membuat kualitas foto kamu menjadi semakin baik?

Ya, memang benar. Tapi 'tidak sepenuhnya' benar.

Baik atau tidaknya kualitas suatu foto bukan hanya ditentukan oleh megapixel yang ada pada resolusi kamera kamu. 8 MP bisa saja dapat menandingi kualitas 10 MP sebuah kamera, dengan catatan si kamera 8 MP ini, memiliki pendukung lainnya yang baik seperti sebagai berikut.

Lensa
Lensa kamera
Sumber foto: VideoBlocks

Memiliki kamera dengan lensa yang baik, maka akan semakin membuat hasil foto kamu menjadi lebih baik. Kenapa?

Lensa pada sebuah kamera memiliki peran yang sangat penting dalam menangkap sejumlah cahaya yang akan sangat kamu butuhkan dalam memotret atau merekam video, terutama pada keadaan dengan minimnya cahaya.

Hal ini juga dapat menjadi pembeda antara kamera smartphone dan kamera DSLR. Kamera DSLR memiliki sejumlah lensa yang dapat kamu gunakan di berbagai keadaan, sementara kamera smartphone sendiri hanya memiliki satu jenis lensa yang memang sudah sebaiknya kamu pilih dengan benar agar bisa mendapatkan kualitas foto yang baik.

   Lihat juga: Smartphone dengan Kamera Terbaik Harga 2 Jutaan

Jadi, akan sangat penting untuk kamu dapat memilih kamera terutama kamera smartphone bukan hanya sekedar dari Megapixelnya, namun juga pada lensa kameranya sendiri.

Sensor
Sensor kamera
Sumber foto: borrowlenses.com

Selain lensa, ada lagi yang perlu kamu perhatikan baik-baik dalam memilih sebuah kamera, yaitu sensornya sendiri. Pada sebuah kamera, semakin besar sensor yang disediakan, maka akan semakin baik pula gambar yang dihasilkan. Kenapa dapat dikatakan seperti itu?

Sensor merupakan bagian paling penting yang ada pada kamera. Semua megapixel yang ada perlu masuk terlebih dahulu pada sensor, sehingga memerlukan besar sensor yang sesuai dengan ukuran Megapixel agar dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang baik.

Namun bila, ukuran megapixel yang tersedia jauh lebih besar dibanding sensor, maka secara terpaksa pixel yang masuk perlu menyesuaikan diri dengan besar sensor kamera kamu. Akibat dari mengecilnya ukuran pixel ini membuat jumlah cahaya yang tersimpan menurun hingga dapat menimbulkan gradasi atau noise pada hasil foto kamu.

Intinya, kamera dengan resolusi 8 MP akan memiliki kualitas foto yang sama dengan 13 MP apabila memiliki besar sensor yang sama.

Prosesor
Prosesor kamera
Sumber foto: Android Community

Selain itu, prosesor pengolah gambar pada kamera juga dapat berperan penting dalam menentukan baik atau tidaknya kualitas foto yang dapat dihasilkan.

Prosesor merupakan otaknya sistem dalam suatu kamera, yang tugasnya memproses data selama pembuatan gambar, mengatur warna pada gambar, mengoreksi aberasi, dan tampilan video pada live view saat merekam gambar.

Dengan tugas-tugas penting yang dilakukan prosesor seperti itu, kamu tentu perlu banget memilih kamera dengan prosesor yang baik. Karena semakin baik prosesor kamera kamu dapat bekerja, akan semakin baik pula kualitas gambar yang dihasilkannya.

Software
Kamera DSLR
Sumber foto: Jember Kamera

Dan terakhir, ada software pada kamera juga yang dapat mempengaruhi hasil foto kamu. Kemampuan software kamera yang handal, tentu dapat membuat hasil foto kamu menjadi lebih baik.

Namun, bila software pada kamera kamu telah mengalami kerusakan atau tidak dapat bekerja dengan baik, maka bisa saja hasil foto kamu akan tampak tidak sempurna atau bahkan terlihat pecah nantinya.

Oleh karena ini, pintar-pintarlah kamu dalam memilih sebuah kamera. Jangan hanya melihat dari satu kecanggihan spesifikasinya, tetapi juga kamu perlu melihat faktor pendukung lainnya. Dan ingatlah untuk jangan mudah tersihir oleh bentuk atau tampilannya, karena yang terbaik tidak selalu akan didesain sesuai keinginan kamu.

Jadi sekarang kamu sudah mengerti, 'kan, bahwa megapiksel bukanlah satu-satunya patokan untuk hasil kamera yang bagus? Semoga artikel ini dapat bermanfaat, serta jangan lupa untuk selalu share informasi ini ke teman-teman kamu, ya, Pembaca!

Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: