Tips Sebelum Membuka Jasa Foto Studio | Blog Banten Kamera

Tips Sebelum Membuka Jasa Foto Studio

Studio foto
Sumber foto : Google
Studio foto merupakan pelayanan jasa dalam bidang fotografi yang mengabadikan momen dengan konsep dan tema yang berbeda - beda. Saat ini bisnis jasa studio foto semakin banyak bermunculan, hal tersebut karena banyaknya masyarakat yang semakin ingin untuk mengabadikan momen mereka. Jasa studio foto biasanya terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya jasa studio foto formal dan non formal.

Jasa studio foto formal biasanya tidak menggunakan banyak tema dan konsep, karena biasanya foto studio ini dikhususkan untuk mengambil foto formal untuk melengkapi berkas - berkas. Seperti foto ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan berkas - berkas lainnya. Studio ini juga memang lebih simpel dan sederhana dibandingkan dengan studio foto berkonsep.

Melihat dari penggunaan hasilnya, jasa studio foto formal hanya membutuhkan background warna saja tanpa tambahan peralatan atau properti lain. Sehingga memang studio foto ini lebih sederhana, tanpa membutuhkan banyak tempat yang terlalu luas dan biasanya bertarif lebih ekonomis.

Namun berbeda dengan studio foto yang non formal, biasanya studio foto ini difungsikan untuk menangkap momen yang lebih ceria dan bukan untuk kebutuhan formal. Studio konsep ini memang menyediakan banyak tema menarik dan unik yang memberikan kesan yang lebih santai.

Tentunya jika kalian berniat membuka bisnis studio ini, membutuhkan perencanaan berbagai hal yang lebih banyak dibandingkan dengan foto studio formal.

Bagi kalian yang memang menyukai bidang fotografi dan sedang merencanakan usaha studio foto, sebaiknya perhatikan dan pahami beberapa hal yang harus kalian rencanakan sebelum membuka jasa foto studio, hal tersebut perlu kalian lakukan untuk membuat studio foto kalian dapat menarik konsumen dan tentunya memiliki kualitas yang bagus. Berikut beberapa tips sebelum membuka jasa foto studio :

Test Market
test market
Sumber foto : Google

Ini merupakan salah satu hal penting ketika kalian ingin membuka usaha studio foto. Tujuan dari test market ini berfungsi untuk melihat apakah jasa foto studio yang akan kalian buat banyak peminatnya. Sebaiknya hal ini dilakukan di awal perencanaan bisnis sebelum melangkah ke tahap yang lain.

Test market sangat baik dilakukan ketika di tempat kalian belum tersedia jasa foto studio, test market dapat kalian lakukan untuk melihat apakah akan ada konsumen yang berminat untuk menggunakan jasa foto studio kalian, melihat sebelumnya tidak tersedia jasa foto studio pada daerah kalian.

Selain itu test market dapat dilakukan ketika sudah ada jasa studio foto di daerah kalian, hal ini juga untuk melihat apakah kedepannya kalian dapat bersaing dengan jasa foto studio tersebut. Biasanya test market dilakukan melalui sosial media atau promosi personal, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan test market ini.

Menyiapkan Modal
Ini adalah hal yang penting tentunya, modal menjadi pertimbangan penting ketika kalian ingin membuka sebuah usaha jasa foto studio. Mengingat banyak hal yang harus di persiapkan, maka modal pun akan semakin besar. Mengenai modal, pastikan kalian menyusun dan mencatat apa saja yang harus kalian persiapkan atau yang harus kalian beli.

Untuk menyiapkan modal, sebaiknya kalian tidak menghitung secara pas pengeluaran usaha kalian, namun kalian perlu untuk melebihkan modal kalian untuk biaya yang tak terduga. Apalagi kalian masih baru pertama kali dalam menjalani bisnis ini, tentu kalian tidak mengetahui dengan jelas rincian detailnya. Untuk mencegah terjadinya kekurangan modal, kalian perlu mengantisipasinya dengan melebihkan modal usaha kalian.

Mencari tim bisnis
tim bisnis
Sumber foto : Google

Usaha tidak akan berjalan dengan baik tanpa sebuah tim, kecuali usaha yang kalian lakukan memang hanya dalam lingkup perseorangan saja. Berbeda dengan usaha jasa foto studio yang membutuhkan tim yang didalamnya terdapat beberapa orang yang mempunyai tugas yang berbeda - beda. Kalian akan merasa repot da kesulitan jika mengerjakan segala sesuatunya sendirian, untuk sebab itu kalian memerlukan sebuah tim dalam jasa foto studio ini.

Dalam jasa foto studio, tim terdiri dari fotografer yang bertugas di dalam studio untuk memotret, pelayanan atau administrasi yang bertugas untuk menjawab pertanyaan, menerima keluhan konsumen serta bertugas untuk mengatur pendaftaran, jadwal pemotretan dan booking, Editor bertugas untuk mengedit hasil foto dan beberapa tim lainnya.

Untuk tambahan, kalian dapat mencari partner usaha yang akan membantu kalian dalam hal keuangan dan ide/konsep yang akan digunakan. Dengan menambah partner, kalian akan semakin mudah untuk menciptakan ide kreatif yang menarik dan mengatur usaha dengan lebih baik lagi.

Menentukan Tempat
studio foto
Sumber foto : Google

Tentunya tempat juga menjadi hal yang harus dipilih dengan matang dan penuh pertimbangan, sebaiknya kalian menentukan tempat yang cukup luas untuk dijadikan studio foto. Meskipun tempat tersebut tidak terlalu luas, namun kalian perlu memperhitungkan apakah tempat tersebut dapat digunakan untuk pemotretan dengan orang yang cukup banyak, foto grup misalnya.

Setelah itu siapkan beberapa ruangan agar tema pada studio foto kalian beragam, serta hal tersebut juga mengantisipasi ketika pada saat permintaan sedang ramai kalian dapat menyediakan lebih banyak ruangan dan tema. Selain itu, pastikan tempat yang kalian pilih cukup strategis dan mudah dijangkau oleh orang.

Hal ini perlu dipertimbangkan agar konsumen tidak kesulitan ketika menuju studio kalian, karena jika konsumen merasa kesulitan, tentu hal tersebut akan berdampak kepada waktu tempuh mereka.

Lihat juga : 5 Penyebab Kamera Mati Total

Merancang Tema dan Konsep
konsep
Sumber foto : Google

Untuk menarik konsumen yang banyak, tentu kalian membutuhkan ide yang menarik dan kreatif. Terlebih kalian memiliki kompetitor yang memang sudah memiliki nama. Namun jangan khawatir, kalian dapat mengantisipasi kompetitor dengan menyuguhkan tema yang lebih menarik, unik dan original tentunya. Untuk merancang konsep, kalian memerlukan beberapa partner agar ide yang dihasilkan juga semakin banyak dan beragam.

Tema dan konsep yang matang dan menarik, tentu akan mendatangkan konsumen yang lebih banyak. Biasanya tema studio menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh konsumen ketika memutuskan akan menggunakan jasa foto studio, untuk itu maksimalkan ide kalian untuk merancang ide dan konsep studio.

Jika usaha kalian sudah berjalan, pastikan untuk rutin merancang tema dan konsep yang baru. Hal ini dapat kalian lakukan untuk menghindari kesan monoton dan bosan.

Menentukan Tarif dan Paket
banten kamera
Sumber foto : Google

Tentukan tarif dan paket untuk studio foto kalian, hal tersebut harus kalian lakukan untuk merancang pendapatan dan keuntungan kalian nantinya. Tanpa merancang tarif dengan baik, dampak buruk yang akan kalian dapatkan yaitu kerugian pada usaha kalian.

Pastikan merancang tarif dengan baik, tidak perlu memasang tarif yang terlalu mahal untuk awal usaha. Pasang tarif pasaran saja atau mungkin pada awal usaha kalian bisa memberikan promo grand opening kepada para konsumen.

Hal tersebut dapat kalian lakukan untuk membuat jasa foto studio kalian menarik banyak peminat. Selain itu tentukan paket studio kalian, biasanya foto studio menyiapkan beberapa paket pemotretan. Tentu tiap paket pemotretan memiliki tarif dan jumlah orang yang berbeda - beda, hal ini kalian lakukan untuk memperbanyak pilihan pada studio foto kalian.

Paket foto studio foto biasanya terdiri dari paket personal atau sendiri, pasangan, foto keluarga, wisuda dan foto grup. Selain itu jangan lupa untuk menentukan batas maksimal orang untuk foto grup dan foto keluarga. Hal tersebut dapat kalian lakukan untuk mengantisipasi terlalu banyak orang yang difoto. Mengingat tempat atau studio kalian memiliki luas yang terbatas.

Promosi
sosial media
Sumber foto : Google

Ini menjadi cara jitu kalian untuk menaikkan jasa foto studio foto kalian. Untuk promosi kalian dapat memanfaatkan sosial media yang perusahaan kalian miliki. Oleh sebab itu, buatlah akun sosial media mulai dari twitter, instagram, line, whatsapp dan facebook. Tentunya sosial media berfungsi untuk mempromosikan dan menyimpan beberapa portofolio studio foto kalian agar hasil foto kalian mudah dilihat oleh orang lain.

Selain itu buatlah website yang akan membantu kalian untuk menaikkan jasa foto studio kalian dengan menampilkan beberapa foto dan tulisan serta paket studio secara detail atau informasi penting lainnya yang perlu konsumen ketahui sebelum menggunakan jasa foto studio kalian.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan sebelum membuka foto studio, perencanaan memang selalu perlu dilakukan agar usaha kalian lebih terarah dan sistematis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat berbisnis!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: