Fungsi AF dan MF pada Kamera DSLR

Fungsi AF dan MF pada Kamera
Foto: TechRadar
Fungsi AF dan MF pada Kamera - Fitur dari kamera DSLR mempunyai banyak fitur yang perlu dipahami satu persatu, baik dari fitur didalamnya dan tombol sekitar body serta lensa kamera.

Meski ada banyak fitur atau tombol-tombol pada kamera dslr, cara autofokus merupakan cara yang sangatlah mudah untuk digunakan, karena tidak perlu memerlukan aturan khusus untuk mendapatkan foto yang bagus.

Tetapi bila kamu sudah mulai serius menggunakan kamera, maka sudah wajib untuk mengetahui setiap elemen yang ada pada kamera dslr.

AF dan MF biasanya berada pada lensa kamera, dan satu lagi berada pada pengaturan menu yang ada di layar.

AF dan MF berperan cukup penting, karena tanpa adanya 2 pengaturan ini gambar bisa jadi tidak fokus dan sudah pasti hasil foto tidak seperti yang kita inginkan.

Apa itu AF?
AF singkatan dari autofocus yang artinya pengguna tidak perlu mengatur fokus ketika akan mencari titik fokus, kamera sendirilah yang mencari-cari fokus sesuai dengan titik yang kita inginkan.

Apa itu MF?
Sedangkan MF singkatan dari manual focus, sesuai dengan namanya yaitu manual, jadi pengguna diharuskan untuk mengatur secara sendiri fokus pada kamera.

Jadi sebenarnya AF dan MF saling berhubungan, ketika kamu ingin mencari fokus secara cepat bisa menggunakan AF, tapi terkadang ketika kekurangan cahaya autofokus kesusahan mencari titik fokus, maka solusinya gunakan manual fokus.

Itulah fungsi AF dan MF pada kamera dslr yang perlu kamu ketahui, bisa jadi kalau kamera kamu mengalami blur atau tidak fokus pengguna AF dan MF ada yang salah.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: