Kamera yang Bagus untuk Belajar Fotografi | Blog Banten Kamera

Kamera yang Bagus untuk Belajar Fotografi

Kamera yang Bagus untuk Belajar Fotografi
Sumber foto: google

Sebenarnya untuk menjadi seorang fotografer itu cukup mudah, asal kamu punya kamera dan tahu cara memotret, orang-orang setidaknya akan berpikir bahwa kamu adalah fotografer, walaupun hanya amatiran. 

Namun, akan beda lagi ceritanya jika kamu ingin menjadi salah satu fotografer profesional, meski hanya untuk sekitar kota kamu saja. Bukan hanya perlu tahu cara menekan tombol shutter, kamu juga perlu menguasai beberapa skill penting dalam dunia fotografi.

   Lihat juga: Fotografer Penginspirasi Terbaik di Indonesia

Untuk dapat menguasainya juga, tentu kamu perlu banyak-banyak belajar, bukan hanya teori tapi lebih kepada praktek. Karena semakin sering kamu mempraktekannya, maka akan semakin mahir pula kamu dalam menggunakan kamera kamu.

Untuk dapat mempelajari seputar dunia fotografi sendiri, langkah paling awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih kamera yang tepat. Memilih kamera yang didesain bukan untuk para pemula, akan membuat kamu nantinya malah semakin kesulitan dalam mempelajarinya.

Oleh karena itu, bagi kamu para pemula yang baru mulai melangkahkan kaki dalam dunia fotografi, pilihlah beberapa kamera berikut yang sangat bagus digunakan untuk belajar fotografi.

Canon EOS 600D
Canon EOS 600D
Sumber foto: Gumtree

Untuk kamu yang saat ini sedang memiliki budget minim, kamera Canon EOS 600D mungkin akan cocok sekali digunakan untuk kamu. Namun, jangan dulu pandang sebelah mata harga yang ditawarkannya. Meski dihargai dengan nilai yang cukup rendah, kamera ini juga memiliki berbagai keunggulan yang dimiliki beberapa kamera profesional lainnya.

Kamera ini tentunya telah dilengkapi dengan sensor beresolusi 18 MP, dengan kemampuan merekam pada resolusi maksimum Full HD 1080p pada 30fps. Selain itu, tak seperti versi kamera pendahulunya, layar LCD touchscreen-nya sudah dapat kamu flip out dan rotate, untuk mempermudah kamu dalam mempelajari kamera yang satu ini.
Sampel foto Canon EOS 600D
Sumber foto: Flickr

Rentang ISO-nya sendiri juga sudah cukup memuaskan, terutama jika digunakan oleh kamu yang baru mengambil langkah pertama dalam dunia fotografi.

Fitur canggih lainnya yang bisa kamu dapatkan pada kamera ini, yaitu Fitur scene intelligent auto yang berguna sekali untuk mengatur mode kamera yang sesuai dengan tujuan foto kamu secara otomatis, seperti landscape, portrait photography atau yang lain sebagainya.

Canon EOS 1300D
Canon EOS 1300D
Sumber foto: TrustedReviews

Satu lagi kamera andalan Canon yang bisa menjadi objek belajar fotografi kamu, yaitu Canon EOS 1300D yang harganya juga nggak jauh berbeda dengan 600D sebelumnya. Jadi, kamu tetap bisa belajar walaupun dengan budget minim.

   Lihat juga: Harga Canon EOS 1300D Terbaru Tahun 2018

Harganya yang memang nggak jauh-jauh dari harga 600D, ternyata berlaku juga pada spesifikasinya, nih, Pembaca. Yang satu ini juga sama-sama memiliki resolusi sensor 18 MP dengan kemampuan merekam video pada resolusi maksimum Full HD 1080p pada 30fps.

Fitur canggih seperti scene intelligent auto juga sudah disediakan dengan baik di kamera ini. Rentang ISO-nya sendiri juga masih sama, yaitu mulai dari 100-12800.
Canon EOS 1300D
Sumber foto: Park Camera

Bedanya, layar LCD pada EOS 1300D ini belum dapat di flip out seperti pada 600D serta belum juga menyediakan fitur touchscreen. Namun, keunggulannya dibanding dengan kamera 600D adalah 1300D sudah memiliki koneksi wireless berupa Wi-Fi, sehingga dapat mempermudah kamu dalam memindah-mindahkan file foto serta video kamu ke perangkat kamu yang lainnya.

Nikon D3400
Nikon D3400
Sumber foto: Expert Reviews

Jika kamu tertarik untuk menggunakan kamera merk Nikon, yang satu ini tentunya akan sangat baik digunakan untuk kamu dalam hal mempelajari dunia fotografi. Soal harganya sendiri, kamu juga tak perlu khawatir. Karena Nikon D3400 juga dijual dengan harga yang tak jauh berbeda dengan kedua kamera DSLR Canon sebelumnya.

Dan bila kamu bertanya soal keunggulan, sepertinya yang satu ini akan jauh lebih unggul dari yang sebelumnya. Kenapa?

Pertama, kamu bisa mendapatkan kamera dengan resolusi sensor sebesar 24,2 MP, kemudian kamu juga bisa mendapatkan resolusi video maksimum Full HD pada 60fps, yang tentunya dapat jauh lebih baik dalam hal merekam video dengan mode slow motion.
Sampel foto Nikon D3400
Sumber foto: Nikon Europe

Titik fokusnya sendiri sudah tersedia sebanyak 11 titik, yang akan mempermudah kamu dalam menentukan fokus objek yang lebih detail. Layar LCD 3 inchi-nya juga telah beresolusi sebesar 921,000 dots sehingga dapat menampilkan gambar yang lebih jernih dan tajam.

Rentang ISO mulai dari 100-25600, serta fitur tambahan seperti bluetooth telah menjadi faktor keunggulan dari kamera Nikon D3400 ini. Selain itu, daya tahan baterainya juga patut diacungi jempol, karena mampu melakukan 1200 shots dalam sekali charge.

Fujifilm X-A3
Fujifilm X-A3
Sumber foto: unbox.id

Terakhir, kami akan meromendasikan kepada kamu sebuah kamera mirrorless brand-nya Fujifilm, yaitu Fujifilm X-A3.

Kamera ini selain memiliki tampilan yang memang sudah sangat stylish, kamu juga bisa medapatkan beberapa keunggulan yang dapat menyaingi kamera DSLR sekalipun. Serta kamu juga bisa menggunakan kamera yang satu ini sebagai alat belajar kamu dalam dunia fotografi.

   Lihat juga: Spesifikasi Kamera Mirrorless Fujifilm X-A3

Bentuknya yang mungil serta bobotnya yang ringan pun akan semakin mempermudah kamu dalam mempelajari fotografi. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan sensor kamera beresolusi 24 MP dengan kemampuan maksimum resolusi videonya 1080p pada 60fps.
Hasil foto Fujifilm X-A3
Sumber foto: Fujifilm

Layar-nya pun telah didesain agar dapat dengan mudah di-flip untuk kamu yang senang melakukan foto selfie. Kamu pun tak perlu khawatir saat menggunakan nilai ISO yang cukup tinggi, karena kamera ini sudah memiliki fitur canggih yang dapat meminimalisir efek noise pada foto kamu.

Selain itu, fitur Wi-Fi juga sudah ditanamkan dengan baik pada kamera fujifilm ini.

Jadi, itulah beberapa kamera yang bagus untuk belajar fotografi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan untuk kamu yang baru saja melangkah masuk dunia fotografi, mana kamera yang akan kamu pilih?
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: