Fotografer Penginspirasi Terbaik di Indonesia | Blog Banten Kamera

Fotografer Penginspirasi Terbaik di Indonesia

Fotografer
Sumber foto: goodnewsfromindonesia.id

Bukanlah hal yang begitu sulit bagi kamu jika ingin menjadi salah satu fotografer terbaik dalam lingkungan sekitarmu, tapi akan berbeda ceritanya jika kamu ingin meraih gelar terbaik dalam negri, apalagi kalau berbicara hingga dunia internasional. Butuh kerja keras dan usaha, serta bisa saja ada beberapa hal yang perlu kamu korbankan untuk meraih gelar tersebut.

Dengan penawaran gaji yang cukup besar dan fantastis, siapa yang tidak tertarik untuk berusaha mendapatkannya?

Lihat juga: Berapakah Penghasilan Seorang Fotografer?

Banyak hal yang perlu kamu pelajari bahkan hanya untuk menjadi seorang fotografer biasa tanpa adanya embel-embel ‘terbaik’. Kamu perlu terlebih dahulu mempelajari kamera kamu sendiri, berbagai macam tekniknya, hingga objek potret kamu pun perlu kamu teliti. Perlu melalui perjuangan yang sangat panjang, untuk menjadi salah satunya.

Lihat juga: Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Memotret suatu Objek

Begitu pula dengan kamu yang mau berjuang menjadi yang terbaik, keempat orang-orang keren ini juga pernah melakukannya. Bedanya, mereka telah lebih dulu berhasil melalui berbagai rintangan. Ini dia, Fotografer Inspirasi Terbaik di Indonesia!

Andreas Darwis Triadi
Andreas Darwis Triadi
Sumber foto: thejakartapost.com

Fotografer asal Solo yang akrab dipanggil Darwis Triadi ini, telah memulai ketertarikannya pada dunia fotografi sejak tahun 1979. Ia memulai karirnya dengan hanya meminjam kamera milik temannya dan belajar secara otodidak melalui buku selama 2 tahun.

Melalui pembuatan sebuah foto dalam pamflet hotel Borobudur pada tahun 1980, membuat namanya secara perlahan-lahan mulai dikenal oleh banyak orang. Di tahun berikutnya, Darwis dan teman-temannya mengadakan sebuah pameran untuk memperlihatkan hasil karya mereka. Namun, tidak seperti kawannya, Darwis justru memamerkan karyanya dengan tema yang berbeda dan berhasil membuat karyanya menjadi penarik perhatian para pengunjung.

Tidak hanya disitu, berkat beberapa prestasinya, Darwis berhasil memasang karyanya pada sebuah majalah berskala internasional, yaitu majalah Hasselblad. Dan bukan hanya majalah Hasselblad, pada majalah Vogue pun kamu bisa melihat karya Darwis pada masanya.
Andreas Darwis Triadi photography
Sumber foto: fotografigaul.blogspot.com

Dari berbagai prestasi yang telah ia miliki, Darwis pun telah mengadakan berbagai seminar seputar dunia fotografi untuk mengungkap beberapa rahasia kesuksesannya. Dan kini, Darwis berhasil mendirikan sebuah lembaga pendidikan fotografi, yang ia beri nama Darwis Triadi School of Photography.

Adi Putra
Adi Putra
Sumber foto: wartakota.tribunnews.com

Selain Darwis Triadi, ada lagi nih fotografer lainnya yang juga akan menginspirasi kamu dengan prestasi-prestasinya di usia muda. Adi yang pada tahun ini telah menginjak umur 28 tahun, sebenarnya juga merangkap profesinya sebagai seorang sutradara. Bisa kamu bayangkan apa saja yang sudah ia lakukan di usia mudanya hingga dapat menjadi seorang fotografer juga sutradara nan tampan?

Pemuda yang lahir di ibu kota Indonesia ini, setelah kelulusannya di Sekolah Kanisius Jakarta memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di University of Southern California. Ia memulai karirnya sebagai seorang sutradara terlebih dahulu sebelum menjadi seorang fotografer.

Selama menempuh pendidikan disana, Adi berhasil membuat karyanya dalam dunia perfiliman ditayangkan di Cannes Film Festival. Ia masih berumur 22 tahun pada saat itu. Keren, ‘kan?
Karya Adi Putra
Sumber foto: IDN Times

Belum merasa puas setelah mencapai kesuksesannya di dunia perfilman, Adi lagi-lagi berhasil mencapai kemenangan dalam Music Photo Contest di sebuah majalah di New York. Karya fotografinya bahkan pernah digunakan di Majalah Impossible untuk sebuah iklan Polaroid.

Jimmy Iskandar
Jimmy Iskandar
Sumber foto: The Daily Oktagon

Lahir menjadi seorang anak Fotografer pemilik Tarzan Photo Studio, membuat Jimmy pun memiliki satu kekaguman yang sama dengan sang ayah. Selain itu jalan yang ia pilih untuk menjadi seorang fotografer pun juga dikarenakan ia yang tak dapat lulus di SMA pada tahun 1966 silam.
Photo Tarzan Studio
Sumber foto: Tarzan Shop

Sejak usianya masih muda, Jimmy sudah sangat mahir dalam menggunakan kamera. Pada tahun 1980-an, akhirnya ia memutuskan untuk membuka sebuah usaha fotografi dengan hanya bermodalkan 13 jutaan.

Butuh waktu yang cukup panjang baginya untuk berjuang membuat namanya dikenal oleh ranah publik. Namun, kemudian berkat usaha dan kerja kerasnya selama 5 tahun, pada akhirnya usahanya mulai dikenal banyak orang. Jasanya bahkan telah digunakan untuk memotret 5 orang presiden NKRI secara berturut-turut.

Nicoline Patricia Malina
Nicoline Patricia Malina
Sumber foto: Banananina Magazine

Lain halnya dengan fotografer-fotografer sebelumnya, fotografer muda yang satu ini sangatlah cantik hingga kamu bahkan akan langsung memujinya berkali-kali. Nicoline lahir di Surabaya, dan memiliki sosok ibu yang merupakan seorang desainer serta make-up artist.

Sebelum memulai karirnya sebagai seorang fotografer, Nicoline pernah mencoba beberapa kali berbagai macam karir lainnya. Berawal dengan menjadi seorang model sewaktu ia masih berkuliah di Belanda, ia juga menjalankan profesi sebagai seorang make-up artist sama seperti ibunya. Selama menjadi seorang model, Nicoline sempat banyak bertanya seputar dunia fotografi pada sang fotografer yang pekerjaannya sering kali ia amati.
Nicoline Patricia Malina
Sumber foto: The Crafters

Namun, sebelum wanita cantik ini tertarik pada dunia fotografi, ia sempat terlebih dahulu mencoba karir sebagai pelukis. Walaupun tak berlangsung lama, pada akhirnya memilih untuk menjadi seorang fotografer.

Dalam menjadi seorang fotografer, Nicoline belajar untuk pantang menyerah. Pada masa karirnya, ia berulang kali mengirimkan hasil karyanya pada beberapa perusahaan majalah yang justru membuahkan penolakan. Namun, karena kegigihannya, dirinya kini telah menjadi salah satu fotografer yang memberikan jasanya pada sebuah majalah terkenal.

Itulah beberapa fotografer tanah air yang dapat menginspirasi kamu. Bagi kamu yang juga memiliki keinginan sama untuk menjadi seorang fotografer, maka belajarlah dengan giat dan pelajarilah bagaimana orang-orang besar di atas telah berhasil meraih kesuksesannya.

Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!


Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: