Mau Buka Jasa Foto Studio? Coba Pakai Kamera ini! | Blog Banten Kamera

Mau Buka Jasa Foto Studio? Coba Pakai Kamera ini!

Mau Buka Jasa Foto Studio? Coba Pakai Kamera ini!
Sumber foto: Bucktown Gallery

Ketahuilah, Pembaca, dalam menjadi seorang fotografer, kamu nggak akan hanya dapat memenuhi keinginan kamu soal cita-cita, karena menjadi seorang fotografer itu lebih dari apa yang akan kamu dapatkan. Maksudnya, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dalam menjadi seorang fotografer. Entah karena penghasilannya yang cukup besar atau karena hal lainnya.

   Lihat juga: Untungnya Menjadi Fotografer

Namun, dalam mencari keuntungan yang besar tersebut, kamu tentunya nggak perlu selalu mencoba untuk mendaftar di sebuah perusahaan besar seperti pada perusahaan-perusahaan majalah ternama atau mungkin bersusah-susah payah untuk mendekati seorang desainer agar dapat bekerja sama dengannya. Ya, mungkin ada pengecualian untuk kamu yang memang sudah memimpi-mimpikannya sejak awal.

Saat ini, jasa seorang fotografer itu masih benar-benar sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Bila kamu bukan seorang fotografer, di sepanjang hidup kamu setidaknya kamu akan membutuhkan sekali atau dua kali saja jasa seorang fotografer untuk membantu kamu memotret atau merekam momen indah yang akan terjadi pada hidup kamu.
Studio foto
Sumber foto: KNGINFO.com

Intinya, jasa seorang fotografer di zaman sekarang memang masih sangat berarti bagi kebanyakan masyarakat. Melihat keadaan fotografer yang memang masih banyak dibutuhkan ini, tentunya kamu perlu banget untuk memanfaatkannya dengan sangat baik, seperti misalnya dengan membuka jasa foto studio.

Bukan hal yang sulit untuk kamu dalam membuka jasa foto studio, asal punya nyali dan modal, hal itu bisa menjadi sebuah perkara mudah.

   Lihat juga: Tips Sebelum Membuka Jasa Foto Studio

Tentu saja, sebelum kamu membuka sebuah foto studio, hal terpenting untuk dilakukan adalah dengan melaksanakan persiapan yang matang. Memilih perlengkapan untuk membuka jasa foto studio haruslah yang baik dan tepat, terutama pada kameranya sendiri. Kamu nggak bisa memilih kamera sesuka hati kamu, karena hal itu dapat merusak kualitas foto kamu nantinya.

Karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi kamera yang sesuai untuk kamu yang akan membuka sebuah jasa foto studio. Dan berikut adalah daftar kameranya.

Canon EOS 1300D
Canon EOS 1300D
Sumber foto: Cameraegg

Untuk kamu yang baru memulai jasa foto studio kamu, ada baiknya untuk kamu lebih memilih kamera DSLR dengan harga yang cukup rendah namun juga memiliki kemampuan yang mumpuni seperti Canon EOS 1300D ini, Pembaca.

   Lihat juga: Harga Canon EOS 1300D Terbaru Tahun 2018

Lagipula tak ada salahnya untuk kamu memilih sebuah kamera model entry level saat baru pertama kali membuka sebuah jasa foto studio, asal masih dapat sesuai dengan budget kamu. Anggap saja sebagai suatu permulaan.

Banyak yang bilang mungkin memang kamera ini kurang memiliki kemampuan yang baik dalam merekam sebuah video. Tapi bukankah dalam membuka jasa foto studio kamu akan lebih banyak menerima pesanan foto dibanding video?

Yap, karena itulah Canon EOS 1300D ini sudah cukup baik digunakan untuk langkah awal kamu.

Dengan harga yang memang cukup murah, kamera ini telah menyediakan resolusi sensor kamera sebesar 18 MP, dengan menggunakan prosesor digic 4+ sehingga dapat jauh lebih baik dari kamera versi sebelumnya.
Sampel foto Canon EOS 1300D
Sumber foto: Tech Nuggets

Kamera ini pun memiliki sebuah fitur canggih bernama scene intelligent auto yang dapat membaca suasana sebuah ruangan dengan melakukan penyesuaian warna subjek agar dapat tampak berwarna senatural mungkin.
Sampel foto Canon EOS 1300D
Sumber foto: Flickr

Layar LCD-nya pun telah dibuat dengan ukuran sebesar 3 inchi dengan resolusi 920.000 dots untuk menampilkan hasil gambar yang lebih jernih.

Canon EOS 750D
Canon EOS 750D
Sumber foto: Digital Camera World

Selanjutnya, ada Canon EOS 750D yang bisa menjadi alternatif kamera kamu selain Canon 1300D. Kamera ini tentunya juga bisa menjadi langkah awal kamu dalam membuka sebuah jasa foto studio, namun dengan catatan tetap dapat sesuai dengan budget kamu.

Tentu saja karena memang kamera ini memiliki kualitas yang sangat baik. Dengan resolusi sensor kamera 24,2 MP, serta telah menggunakan prosesor digic 6 ini pastinya akan membuat hasil foto kamu menjadi lebih berkualitas dengan warna yang lebih natural.
Sampel Foto Canon EOS 750D
Sumber foto: Canon malta

Selain itu, titik fokusnya yang telah mengalami perubahan menjadi lebih baik dari sebelumnya, yaitu menjadi berjumlah 19 titik yang tentunya akan memudahkan kamu dalam memilih titik fokus yang lebih detail pada foto kamu.

Rentang ISO yang telah disematkan di dalamnya pun cukup memuaskan, yakni 100-12800 yang dapat kamu perbesar menjadi 100-25600. Layar LCD touchscreen-nya yang dapat di-flip out pun pastinya akan lebih memudahkan kamu dalam menavigasi kamera kamu nantinya.

Selain pada kameranya, lensa kit 18-55mm STM yang hadir bersamaan dengannya juga telah dilengkapi dengan fitur image stabilizer dan sistem autofocus yang baik untuk memenuhi kegiatan kamu dalam membuka sebuah foto studio.

Fitur pendukung lainnya, berupa Wi-Fi + NFC, slot USB 2.0 serta HDMI.

Nikon D750
Nikon D750
Sumber foto: DPReview

Sebenarnya, dalam membuka sebuah jasa foto studio, terutama dalam melakukan pengambilan foto sebuah keluarga atau foto wisuda atau mungkin foto tematik, kamu perlu menggunakan kamera Full frame agar kamu bisa mendapatkan hasil foto yang lebih baik.

Hanya saja, mungkin kamera Full frame umumnya dihargai lebih tinggi dari kamera dengan ukuran sensor APS-C atau sejenisnya, Pembaca. Jadi, ya, mungkin memilih kamera Full frame adalah sebuah langkah lanjutan untuk kamu dalam membuka jasa foto studio.

Namun, mungkin jika kamu tertarik untuk membelinya, Nikon D750 merupakan salah satu kamera Full frame yang akan sangat sesuai dengan kebutuhan studio foto kamu.
Sampel foto Nikon D750
Sumber foto: One Squared Photography

Kamera ini telah memiliki resolusi sensor sebesar 24,3 MP CMOS, serta memiliki 51 titik fokus yang jelas nampak lebih banyak dari yang sebelumnya. Selain itu kamera ini juga memiliki kemampuan menembak secara kontinu hingga mencapai 6,5 frame per detik.

Rentang ISO-nya pun sudah bisa mencapai 51200 bila kamu perbesar. Selain kualitas memotretnya yang memang sudah sangat baik, dalam hal merekam atau live view pun tentunya sama sekali tak akan merugikan kamu.
Sampel foto Nikon D750
Sumber foto: JM Lobert Photography

Dengan menggunakan kamera ini, kamu bisa mengotrol besar bukaan lensa bahkan pada saat merekam sekalipun. Resolusi video maksimum Full HD dengan 60fps tentunya sudah sangat baik digunakan dalam merekam gambar.

Layar LCD yang dapat kamu flip pun sudah memiliki resolusi sebesar 1,020,000 dots serta soal ketahanan baterainya sendiri, kamu bisa menggunakannya untuk mengambil 1230 shots dalam sekali charge.

Canon EOS 6D Mark II
Canon EOS 6D Mark II
Sumber foto: Cameralabs

Satu lagi, rekomendasi kamera Full frame yang bisa kamu gunakan untuk jasa studio foto kamu, adalah Canon EOS 6D Mark II yang baru saja rilis tahun lalu. Soal harga sih, kamera ini nggak akan berbeda jauh dengan Nikon D750 sebelumnya, Pembaca. Jadi, akan lebih baik jika kamu memilihnya di saat kamu sudah benar-benar memiliki penghasilan yang cukup, ya?

Soal kualitas, tentu saja lebih dari kata baik banget.

Kamera ini telah menyediakan resolusi sensor sebesar 26,2 MP dengan menggunakan prosesor Digic 7. Jadi kualitasnya foto serta videonya memang sudah nggak tanggung-tanggung lagi, nih, Pembaca.

Sampel Foto Canon EOS 6D Mark II
Sumber foto: Pinterest
Selain itu, kamera Full frame ini didesain agar memiliki bobot yang ringan sehingga dapat dengan mudah kamu gunakan. Rentang ISO-nya sendiri juga sudah jauh lebih canggih dari yang lainnya, yakni 100-40000 yang tentunya dapat kamu ekspansi hingga 50-102400.

Canon EOS 6D Mark II juga telah menggunakan teknologi canggih Dual Pixel CMOS AF yang tentunya akan sangat memberikan kemampuan yang sangat baik pada sistem autofokusnya sehingga mampu memberikan fokus otomatis yang super cepat dan menghasilkan foto yang jauh lebih tajam serta jernih.
Sampel Foto Canon EOS 6D Mark II
Sumber foto: snapshot.canon-asia

Fitur tambahan seperti Wi-Fi + NFC, Bluetooth 4.1 (Bluetooth low energy), serta GPS built-in yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan geotag pada hasil foto kamu.

Jadi, itulah beberapa kamera yang cocok untuk digunakan dalam membuka jasa foto studio kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: