Bagus Mana Kogan 4K Ultra HD atau Xiaomi Yi 4K? | Blog Banten Kamera

Bagus Mana Kogan 4K Ultra HD atau Xiaomi Yi 4K?

Bagus Mana Kogan 4K Ultra HD atau Xiaomi Yi 4K?
Sumber foto: google

Kamera aksi, yang seperti kita kenal, pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan oleh seorang developer perusahaan GoPro bernama Nicholas Woodman.

Namun, perlu kamu tahu bahwa kamera aksi pertama kali bukan ditemukan oleh sang pendiri GoPro ini sendiri, melainkan ditemukan pada tahun 1960an oleh seorang penerjun payung bernama Bob Sinclair yang kala itu menemukan teknik merekam video dengan merekatkannya pada helm untuk aksi terjun payungnya.

Penemuan inovatif dari Bob inilah yang kemudian membuat orang lain terpukau dan mulai meniru teknik unik ini pada kala itu. Kemudian pada tahun 2004, Nick Woodman-lah yang pada akhirnya mengajukan diri sebagai pengembang dan mulai memperkenalkan kamera aksi pertama, yang kita kenal dengan nama GoPro.

   Lihat juga: Action Camera GoPro Terbaik Tahun 2018

Seiring dengan perkembangan kamera aksi GoPro yang kian berhasil, membuat beberapa produsen lainnya pun mulai melirik dan mencoba untuk ikut mengembangkannya juga. Seperti halnya produsen smartphone Xiaomi Yi yang kini mulai mengembangkan kamera aksi produksi mereka.
Kamera aksi Kogan
Sumber foto: CNET

Namun bukan hanya kamera aksi dari Xiaomi Yi, sejak tahun 2015 lalu, telah ramai di pasaran, sebuah kamera aksi yang dapat dibilang cukup murah dengan merk produk Kogan. Mungkin untuk kamu yang memiliki budget terbatas, kamera yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu gunakan karena harga termurah salah satu seri Kogan sendiri hanya mencapai 200ribuan saja.

Dengan munculnya kehadiran kamera aksi kogan ini, secara tidak langsung bisa saja membuat kamu bertanya-tanya, Bagus mana sih kamera aksi Kogan atau Xiaomi Yi?

Mungkin kami tidak bisa menyatakan mana yang lebih baik dari keduanya, namun, kami akan membandingkan kedua kamera aksi Kogan dengan Xiaomi Yi yang cukup fenomenal ini untuk mengolah pendapat kamu akan keduanya.

Jadi simak baik-baik, ya, Pembaca!

Spesifikasi Kamera Aksi Kogan 4K Ultra HD
Kogan 4K Ultra HD
Sumber foto: YouTube

Image Sensor
16 MP CMOS Sensor

LCD
2inch touchscreen

Video Resolution
4K 15fps, 2.7K 30fps, 1080p 60fps/720p 120fps

Wi-Fi
Yes

Waterproof
Yes, up to 30m

Battery
9000mAh

Storage
Micro SD up to 64 GB

Harga
Rp 499,000

Spesifikasi Kamera Xiaomi Yi 4K
Xiaomi Yi 4K
Sumber foto: icellshop

Image sensor
12 MP CMOS Sensor

LCD
2,9inch touchscreen

Wi-Fi
Yes

Waterproof
Yes, up to 30m

Image Stabilization
Yes

Battery life
210 min (at 4K 30fps)

Harga
Rp 2,500,000

Perbandingan Kogan 4K Ultra HD dengan Xiaomi Yi 4K

Perbedaan yang pertama kali dapat dengan mudah kamu lihat adalah tentunya pada harganya sendiri. Kogan 4K Ultra HD ini secara mengejutkan memang dengan berani menjualnya dengan harga 400 ribuan saja. Mengingat spesifikasinya juga yang sudah cukup unggul, dengan harga semurah itu, pastinya akan banyak sekali yang lebih berminat untuk memilikinya.

Berbanding jauh dengan Kogan, Yi 4K sendiri dijual dengan harga Rp 2,500,000. Namun, mungkin beberapa dari kamu akan berpikir bahwa harga tentunya akan menentukan kualitas. Meskipun begitu, semuanya akan kembali lagi dengan pendapat serta kebutuhan dan budget kamu.
Xiaomi Yi 4K Footage
Sumber foto: Youtube/Xiaomi Yi 4K

Untuk resolusi kameranya sendiri, Kogan 4K telah memiliki resolusi kamera sebesar 16 MP sementara Yi 4K hanya sebesar 12 MP saja. Tapi tunggu dulu! Lagi-lagi, kami katakan bahwa resolusi yang besar tidak selalu menentukan kualitas foto yang baik.

   Lihat juga: Megapiksel Bukan Patokan untuk Hasil Kamera Bagus?

Kalau begitu, Yi 4K yang lebih bagus?

Tidak juga. Karena kamu perlu membandingkan spesifikasi yang lainnya juga.
Hasil Kogan 4K Ultra HD
Sumber foto: Youtube/Kogan 4K Ultra HD

Kedua kamera aksi ini sama-sama memiliki layar touchscreen 2 inchi, yang akan mempermudah kamu dalam menavigasinya. Selain itu, pada keduanya kamu bisa menggunakan mode video timelapse serta slow motion yang kini banyak dicari-cari oleh para pengguna kamera aksi.

Untuk kualitas rekaman video dari keduanya, sebenarnya memang Yi 4K yang lebih unggul meskipun memiliki resolusi yang lebih kecil. Kogan 4K Ultra HD masih belum bisa mengotrol banyaknya cahaya yang masuk pada lensa, yang sementara itu Yi 4K dapat mengontrolnya cukup baik sehingga tidak menimbulkan flare berlebihan saat merekam dalam kondisi cahaya yang cukup tinggi.

Selain itu, pada Yi 4K juga telah disediakan fitur adjust distortion yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi efek distorsi (cembung) pada hasil rekaman kamu, mengingat umumnya, memang kamera aksi menggunakan lensa wide angle yang dapat menimbulkan distorsi.

Sayangnya, fitur yang satu ini mungkin masih belum kamu temukan pada Kogan 4K, nih, Pembaca. Fitur image stabilizationnya pun mungkin masih belum bisa kamu temukan pada Kogan 4K, yang sementara itu sudah dapat kamu gunakan pada Yi 4K.

Namun, hal penting yang perlu kamu tahu, Kogan 4K Ultra HD meski memiliki banyak perbedaan dalam hal kualitas dengan Yi 4K, kamu tetap bisa menggunakannya untuk merekam serta memotret segala kegiatan kamu dengan harga yang cukup murah. Sangat worth it, untuk harga semurah itu.

Lagipula, dimana lagi kamu bisa menemukan kamera aksi dengan resolusi video yang sudah cukup baik dengan harga murah?

Namun, untuk kamu yang mungkin masih bingung harus memilih antara Kamera aksi kogan atau Xiaomi Yi, kami akan menyertakan tes video kedua kamera berikut untuk membandingkan keduanya.



Jadi, itulah perbandingan dari kedua kamera aksi Kogan 4K Ultra HD dengan Xiami Yi 4K. Untuk pertanyaan bagus yang ini atau yang itu, sekali lagi itu semua tergantung pendapat kamu tentang jabaran yang telah kami berikan di atas. Dan jangan lupa untuk selalu membeli sesuai kebutuhan serta budget kamu, ya, Pembaca.

Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: