Tips Menyimpan Foto/Video dengan Aman | Blog Banten Kamera

Tips Menyimpan Foto/Video dengan Aman

Tips Menyimpan Foto/Video dengan Aman
Sumber foto: Geartacular

Dewasa ini, sudah ada begitu banyak foto dan video yang beredar secara bebas di sosial media. Ini membuat kita dapat mengakses dengan mudah untuk mempertontonkan foto/video tersebut dimana saja dan kapan saja.

Tapi bagaimana jika foto atau video itu bukanlah hal yang seharusnya dapat dibagi untuk siapapun? Foto-foto pribadimu misalnya. Kamu tentu tidak menginginkan jika foto atau video privasi kamu dapat dilihat oleh semua orang, bukan?

Ada kalanya, saat kamu merasa sudah menyimpannya dengan baik, namun kemudian seseorang dengan jahilnya justru menyebarkan foto atau video privasimu bahkan tanpa sepengetahuanmu. Itu jelas bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Mungkin jika kamu lupa, saat ini sudah berlaku hukum yang berlaku bagi semua pengguna media sosial, yang seharusnya sudah cukup untuk membuat mereka jera.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal tersebut dapat terjadi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menyimpan koleksi foto dan video kamu agar tetap aman.

1. Beri password pada handphonemu
Beri password pada ponsel
Sumber foto: Technobezz

Beberapa dari kamu mungkin merasa bahwa handphone adalah barang yang sangat penting bagi kamu. Kamu juga senang menyimpan foto, video, musik kesukaanmu, hingga data pribadimu di dalamnya. Tapi apa kamu yakin dengan hanya menyimpan begitu saja file-file foto atau video kamu dalam handphone sudah aman?

Mungkin kamu merasa bahwa itu sudah cukup aman saat handphone-mu masih berada di bawah pengawasanmu. Tapi disaat kamu sedang berkumpul dengan teman-teman dekatmu, kamu mungkin tidak akan menyadari kapan atau oleh siapa handphonemu diambil. Terkadang teman suka bersikap usil. Kamu tidak akan tahu, karena bisa jadi besoknya fotomu sudah menjadi bahan tawaan mereka.
Photo album di ponsel
Sumber foto: iMore

Dengan memberi password pada handphone-mu dan tidak memberitahukan passwordnya secara bebas, kamu dapat menjaga agar foto-fotomu tetap aman. Hal ini pun sangat penting dilakukan sebelum kamu secara tidak sengaja kehilangan handphonemu di tempat umum. Kemungkinannya sangat besar jika handphonemu ditemukan oleh orang yang tidak akan kamu kenal.

Bila kamu sudah memberi password pada handphone kesayanganmu, bisa jadi satu-satunya hal yang kamu khawatirkan hanyalah orang asing itu akan mengembalikan handphone-nya baik-baik padamu.

2. Privasi akun-akun sosial media kamu
Privasi akun sosial media
Sumber foto: Gizmoids

Dari berjuta-juta pengguna Facebook, Instagram, Twitter, hingga Whatsapp dan Line, pastilah kamu salah satunya. Sejatinya, sosial media adalah tempat kamu untuk bersosialisasi dengan siapapun dan dimanapun berada. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, sosial media pun telah menjadi tempat kamu sharing aktivitas kamu dengan yang lain.

Beberapa dari kamu mungkin tidak suka memposting foto atau video kamu ke jejaring sosial, dan sebagiannya lagi merasa aneh jika tidak update foto ke akun sosial media kamu barang hanya sehari. Kamu sharing foto atau video kamu seratus persen adalah hakmu. Tapi sekali lagi untuk mengingatkan, sosial media adalah tempatmu bertemu dengan berbagai macam orang, entah itu temanmu atau bukan.

   Lihat juga: Jejaring Sosial Tempat Sharing Foto Selain Instagram

Jika kamu senang sharing kegiatan kamu baik itu melalui media foto ataupun video, ada baiknya bila kamu kembali mengingat apa dan untuk apa sosial media itu dibuat. Kamu juga harus selalu memperhatikan siapa saja yang berteman denganmu disana.

Dan jika kamu sudah mempertimbangkan hal-hal tersebut, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan agar foto dan videomu tetap aman adalah dengan memprivasi akun-akun sosial kamu.
Private akun di ig
Sumber foto: Nova 100

Hampir di setiap sosial media memberikan fitur privasi ini untuk menjaga data-data pribadi kamu tetap aman. Untuk dapat melakukan hal tersebut, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan menekan tombol pengaturan dan mencari pilihan privasi akun.

Bahkan untuk beberapa jejaring sosial, kamu dapat memilih siapa-siapa saja yang boleh dan tidak kamu perlihatkan berbagai aktivitas kamu.

3. Backup Foto dan Videomu

Lain halnya dengan 2 cara yang telah dijabarkan sebelumnya, cara ini justru menjaga kamu agar kamu tidak kehilangan foto dan video kesukaan kamu, saat kamu secara tidak sengaja telah menghapusnya dari galeri/folder penyimpanan kamu.

Mem-backup file adalah suatu kegiatan menyalin simpanan file-file kamu yang berupa foto, video, lagu, ataupun dokumen lainnya ke suatu perangkat atau aplikasi sehingga saat kamu kehilangan file penting milikmu, kamu masih memiliki satu atau lebih cadangan file kesayanganmu.
Google drive
Sumber foto: Google

Salah satu aplikasi yang aman bagimu untuk menyimpan foto dan videomu adalah google drive. Untuk melakukannya, hal yang kamu perlukan hanyalah alamat email google kamu juga kuota yang cukup untuk meng-upload foto-foto dan video kamu.

Mungkin jika kamu mau mem-backup foto atau videomu dari handphone, ada baiknya jika kamu mendownload terlebih dahulu aplikasi google drivenya. Hal itu akan memudahkanmu untuk menyalin dan menyimpan file kesana.

Bila kamu sudah memiliki aplikasi google drive, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih beberapa foto atau video yang ingin kamu salin atau foto/video yang bagimu sangat penting hingga kamu tak ingin kehilangannya, kemudian share ke aplikasi google drive.

Namun sebelum kamu mengunggahnya, pastikan terlebih dahulu akun atau alamat emailmu sudah benar. Dan jika kamu sudah merasa yakin, hal terakhir yang harus kamu lakukan hanyalah menekan tombol simpan atau upload ke google drive. Akan ada notifikasi di smartphone kamu bila proses pengunggahan berhasil ataupun tidak.

Kamu juga bisa membuat beberapa folder di google drive kamu, jadi foto dan video kamu dapat tersimpan dengan baik dan juga aman.

Itulah beberapa tips mudah untuk kamu menyimpan foto/video agar tetap aman dan terjaga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu ya, Pembaca. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: