Apakah Kamera yang Masuk Air Masih Dapat Diselamatkan? | Blog Banten Kamera

Apakah Kamera yang Masuk Air Masih Dapat Diselamatkan?

Apakah Kamera yang Masuk Air Masih Dapat Diselamatkan?
Sumber foto: Pricebook

Jika kamu sedang pergi travelling, pastinya kamera menjadi salah satu barang penting yang wajib kamu bawa. Entah itu menggunakan kamera smartphone kamu atau kamera DSLR, yang jelas kamu tak akan mau mati gaya karena nggak bisa memotret momen-momen indah selama perjalanan.

Namun, bila sebuah musibah telah terjadi, kamu hanya perlu menerima apa adanya. Salah satu musibah terburuk yang akan terjadi mungkin saja kamera kamu yang mendadak jatuh dari genggaman tangan kamu kemudian masuk ke dalam kubangan air atau semacamnya.

Mungkin kamu bisa bernapas lega jika kamu menggunakan GoPro, karena memang kamera yang satu ini telah didesain waterproof.

Tapi jika kamera DSLR kamu yang terjatuh? Uh, pastinya kamu akan merasa sangat menyesal, dong, karena tidak memegangnya dengan baik mengingat harganya yang juga tak murah. Lalu apa kamu hanya akan terus menyesal saat air masuk ke dalam kamera kamu?

Lebih baik jangan telalu lama menyesalnya, ya, Pembaca, karena kamera kamu tentu saja masih memiliki banyak harapan untuk hidup. Bagaimana caranya? Lakukan langkah ini dengan baik, ya, Pembaca!

1. Lepas Baterai Kamera Kamu
Melepaskan baterai kamera
Sumber foto: Drivers softpedia

Jika kondisi kamera kamu benar-benar basah, sebaiknya hal pertama yang kamu lakukan adalah membuka baterai kamera kamu terlebih dahulu. Kamu juga tak perlu mengecek apakah kamera kamu masih dalam keadaan hidup atau tidak.

Melepas baterai pada kamera ini bertujuan agar baterai kamu tidak mengalami konsleting, mengingat baterai adalah tempat penyimpanan daya pada kamera kamu. Mencegah agar baterai kamera kamu mengalami konsleting juga tentunya akan mencegah kamera kamu untuk ikut kena imbasnya.

Jadi, jangan berpikir panjang untuk tak melepas baterai kamera kamu, Pembaca.

2. Segera Keringkan Kamera Kamu
Mengeringkan Kamera
Sumber foto: Japan Camera Hunter

Langkah selanjutnya, kamu perlu mengeringkan kamera kamu secepatnya. Kamu bisa menggunakan hair dryer atau jika tidak memungkinkan untuk menemukan hair dryer kamu bisa menggunakan lap berbahan halus untuk mengeringkan air dalam kamera kamu.

Jika kamu bisa membongkar komponen-komponen kamera kamu, mungkin akan lebih baik bila kamu membongkarnya dan mengeringkan airnya secara menyeluruh. Dan apabila kamu sudah merasa kamera kamu sudah cukup kering, untuk memastikan diamkan terlebih dulu di bawah sinar matahari selama beberapa hari tanpa dihidupkan.

Untuk pengingat tambahan, jika air yang masuk ke dalam kamera kamu adalah air garam seperti halnya air laut, pastikan sebelum kamu mengeringkannya basuh dengan air tawar untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi senyawa garam dalam kamera kamu yang dapat mengakibatkan korosi atau karat pada komponen kamera.

3. Timbun Kamera Kamu dengan Beras
Menimbun kamera dengan beras
Sumber foto: Priceza

Jika hanya dengan mengeringkannya saja masih tidak dapat membuat kamera kamu hidup secara normal, sangat disarankan untuk kamu mencoba cara yang satu ini.

Kenapa harus beras? Karena dibandingkan biji tumbuhan lainnya, beras dapat kamu temukan dengan mudah dimana saja, bahkan hingga ke dapur kamu sekalipun. Beras ini sendiri berfungsi sebagai penyerap kelembapan yang baik untuk kamera kamu.

Untuk melakukannya kamu perlu menyediakan sebuah wadah yang besar dan beberapa liter beras. Tenang saja, berasnya masih dapat kamu masak setelah menggunakannya kok. Setelah itu, kamu bisa menimbun kamera kamu beserta lensa dan baterainya ke dalam beras. Usahakan untuk menimbunnya hingga kamera kamu tak terlihat lagi, ya, Pembaca.

Pada proses ini, kamu perlu menunggu dari 5-6 hari sebelum kamu mengeluarkan kamera kamu dari dalam beras. Kamu tak perlu terkejut jika melihat lensa kamu berjamur, karena itu adalah hal yang wajar dan kamu hanya perlu membersihkannya saja nanti.

   Lihat juga: Cara Membersihkan Jamur Ringan pada Lensa Kamera DSLR

Bersihkan terlebih dahulu kamera kamu dari biji-biji juga debu beras, kemudian cobalah untuk menyalakan kamera kamu kembali. Jangan lupa berdo'a juga, ya, Pembaca. Hehe.

4. Servis Kamera Kamu
Nyervis.com
Sumber foto: Twitter

Sebenarnya cara menimbun kamera dengan beras merupakan cara yang sudah cukup ampuh untuk menghidupkan kembali kamera kamu. Tapi apabila kamera kamu masih belum juga terselamatkan, solusi terakhir hidup kamera kamu mungkin hanyalah dengan menyervis kamera kamu.

   Lihat juga: Nyervis.com Layanan Service Kamera di Serang, Cilegon, Pandeglang

Untuk itu, Pembaca, mungkin hal seperti ini bisa kamu jadikan sebagai pelajaran buat kamu untuk selalu menjaga barang kamu dengan baik. Untuk menghindari hal ini dapat terjadi kembali, mungkin ada baiknya untuk kamu membeli pelindung khusus kamera kamu agar kejadian yang sama tak dapat terulang kembali.

Sampai disini dulu, ya, Pembaca. Semoga artikel ini dapat bermanfaat juga menambah ilmu pengetahuan kamu. Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: