Kekurangan Kamera 600D yang Sering Menjadi Masalah dan kelebihannya | Blog Banten Kamera

Kekurangan Kamera 600D yang Sering Menjadi Masalah dan kelebihannya

canon 600D
Sumber foto : Google
Setiap seseorang yang akan membeli sebuah kamera, tentu menginginkan kualitas kamera yang bagus atau memiliki kekurangan yang minim. Pemilihan kamera dengan kekurangan yang minimal akan lebih memudahkan kalian dalam mangambil gambar, merekam gambar atau merawat kamera. Hal ini juga dilakukan agar hambatan yang dialami ketika menggunakan kamera tidak terlalu banyak.

Memiliki kekurangan pada barang elektronik merupakan suatu hal yang wajar, karena barang elektronik buatan manusia yang menggunakan mesin atau komponen eletronik yang akan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik dan benar.

Bagi kalian pecinta fotografi yang sangat sering melakukan kegiatan fotografi, menghindari atau meminimalisir kekurangan kamera menjadi salah satu cara yang dapat kalian lakukan agar kegiatan fotografi kalian dapat berjalan lancar.

Bagi kalian yang sedang mencari kamera atau yang sudah memiliki kamera dengan level standar, ada beberapa kamera yang memiliki kekurangan yang perlu kalian perhatikan agar kalian dapat merawatnya dengan baik dan tepat. Dengan begitu, akan membuat kamera kalian digunakan untuk waktu yang lama. Salah satu kamera yang banyak digunakan oleh fotografer pemula yaitu kamera 600D.

Disamping kekurangan, kamera 600D tentu memiliki kelebihan yang juga dapat memudahan kalian dalam merekam atau memotret gambar. Sebelum membahas mengenai kekurangan kamera ini, berikut kelebihan kamera 600D yang dapat kalian manfaatkan dengan baik dan maksimal :

Video full HD dan Resolusi Gambar yang Tinggi
canon 600D
Sumber foto : Google

Setiap orang biasanya memiliki pilihannya masing - masing, ada yang lebih menyukai fotografi
namun ada juga yang lebih menyukai videografi. Namun bagi kalian yang lebih menyukai videografi, kamera ini bisa menjadi salah satu pilihan kamera yang dapat kalian gunakan serta mampu menghasilkan video berkualitas bagus karena kamera ini mampu mneghasilkan video full HD. Selain itu, bagi kalian yang menyukai foto, kamera DSLR ini juga cocok kalian jadikan pilihan karena 600D memiliki resolusi kamera hingga 18MP.

Memiliki Layar Putar
canon 600d
Sumber foto : Google

Bagi para videografer, pasti akan dimudahkan dengan penggunaan layar putar pada kamera ini. Biasanya dalam proses perekaman video ditemui kesulitan saat mengambil gambar high angle, low angle dan mengambil gambar pada beberapa angle lainnya.

Namun dengan layar putar yang dimiliki kamera 600D maka hal tersebut akan membuat kalian mudah dalam mengambil video dengan beberapa angle, karena kalian dapat memutar atau mengatur layar kamera seperti yang kalian butuhkan.

Setelah berbicara kelebihan, tentu kamera ini juga memiliki kekurangan yang bisa menghambat kalian ketika menggunakan kamera ini, apa saja sih kekurangan yang dimiliki kamera ini Berdasarkan beberapa pengalaman dari pengguna kamera 600D, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki kamera 600D ini :
Lihat juga : Tips foto dengan kamera handphone
Karet Mudah Lepas atau Melar
karet USB lepas pada canon 600d
Sumber foto : Google

Mungkin bagi sebagian orang, karet yang lepas bukanlah menjadi satu masalah yang besar. Hal ini karena memang tidak mempengaruhi kinerja dari kamera 600D ketika sedang digunakan. Meskipun tidak mengurangi kinerja kamera ini, namun ada beberapa akibat buruk dari lepasnya karet pada kamera atau melarnya karet yang membalut sebagian bodi dari kamera ini.

Pada beberapa hal, karet yang biasanya lepas pada kamera 600D ini yaitu karet penutup USB, HDMI serta colokan handsfree dan mic external. Jika mengalami hal ini pada kamera 600D kalian dampat yang ditimbulkan yaitu membuat debu menjadi mudah masuk ke beberapa konektor pada kamera ini, sehingga debu tersebut dapat mengganggu kinerja konektor. Terlebih jika debu yang masuk dibiarkan dalam waktu yang lama, akan menutupi konektor sehingga aka sulit untuk kalian menghubungkan kabel USB dan yang lainnya pada kamera.

Jika hal ini terjadi pada kamera kalian, sebaiknya kalian langsung memasangnya kembali atau membeli karet penutup yang baru agar konektor kamera 600D kalian tidak akan mudah dimasuki oleh debu, namun jika kalian memang belum sempat untuk mengganti atau memasang penutup karet USB, sebaiknya yang kalian lakukan adalah dengan secara rutin membersihkan konektor. Hal tersebut setidaknya dapat mencegah debu yang masuk mengendap dan akhirnya menjadi sulit dibersihkan.

Layar Mudah Vignet
layar vignet pada canon 600d
Sumber foto : Google

Hal ini sebenarnya tidak hanya dialami oleh kamera 600D saja, namun kamera dengan seri dan type yang lain pun bisa memiliki layar vignet. Namun beberapa pemilik kamera 600D berbicara mengenai layar vignet yang terjadi pada kamera mereka. Sebenarnya mengenai layar kamera 600D bisa mengalami vignet penyebabnya yaitu terletak pada bagaimana pemilik menggunakan atau memperlakukan kamera ini.

Beberapa layar kamera menjadi vignet diantaranya disebebkan oleh kamera yang pernah terbentur, membiarkan baterai terpasang dalam waktu yang lama dalam keadaan tidak digunakan, serta jumlah shutter count yang tinggi.

Jika memang ingin menghindari layar kamera 600D kalian dari vignet, kalian dapat mengindari melakukan beberapa hal diatas, seperti melepas baterai kamera ketika tidak digunakan. Ini menjadi salah satu masalah yang disebabkan karena perilaku kurang baik pemakainya, sehingga yang perlu kalian lakukan adalah dengan merawat kamera kalian dengan baik.

Autofokus Lensa Mudah mati
lensa AF 600D
Sumber foto : Google

Pada beberapa kasus, kamera 600D sering mengalami kerusakan pada lensa bawaannya. Bagi kalian yang lebih sering menggunakan autofokus, tentu hal ini dapat merugikan dan menghambat kalian ketika menggunakan kamera kalian.

Bagi yang jarang menggunaka auto, tentu hal ini bukanlah suatu masalah atau hal yang dapat menghambat penggunaan kamera, untuk sebab itu hal yang perlu kalian lakukan yiatu dengan cara merawat lensa kamera dengan baik agar kerusakan pada lensa dapat terhindarkan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang sering terjadi pada kamera 600D, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi untuk kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: