Cara Memperbaiki Lensa Error Kamera Canon | Blog Banten Kamera

Cara Memperbaiki Lensa Error Kamera Canon

Cara Memperbaiki Lensa Error Kamera Canon

Cara Memperbaiki Lensa Error Kamera Canon. Kata Error, mungkin saja memang dapat selalu muncul di setiap alat elektronik yang kamu miliki atau bahkan yang sedang kamu gunakan saat ini. Tentu saja kata error hanya akan selalu muncul setiap kali sistemnya sendiri menemukan kesalahan yang terjadi pada alat elektronik yang kamu gunakan.

Ya, memang, bisa dikatakan secanggih apapun teknologi atau elektronik yang kamu gunakan, kode error tetap akan muncul bila terjadi kesalahan hingga kerusakan.

Seperti halnya pada kamera DSLR sendiri. Kamera DSLR, tentunya juga termasuk salah satu teknologi canggih yang saat ini terus mengalami kemajuan guna memenuhi kebutuhan manusia yang kian bertambah setiap tahunnya.

Kemajuan pada kamera, seperti yang kamu ketahui, juga pastinya akan diiringi dengan alat pendukung lainnya yang akan mengalami perkembangan, mulai dari segi fisik, jenis, hingga keunggulan.

Cara Memperbaiki Lensa Error Kamera Canon
Dan salah satu alat pendukungnya yang rana perkembangannya tampak paling mencolok di antara yang lainnya, merupakan lensa kamera. Hingga saat ini, sudah ada begitu banyak brand-brand lensa terkenal yang bermunculan dan berusaha untuk dapat bersaing dalam hal memenuhi kebutuhan kamu para fotografer.

Bukan hanya bersaing untuk tujuan demikian, tapi juga bersaing dalam hal harga. Kamu sendiri juga pastinya sudah sangat memahaminya dengan baik akan berapa harga satu buah lensa terbaik yang saat ini telah beredar di pasaran.

Bukankah harganya bisa melebihi harga satu buah kamera DSLR?

Tentu saja, karena harganya yang umumnya kelewat tinggi ini, bila saja mengalami kerusakan, sebagian besar dari kamu pastinya akan langsung panik atau bahkan hingga menangis meratapi berapa uang yang perlu dikeluarkan untuk satu buah lensa.

Error 01
Kerusakan yang paling umum dapat terjadi pada lensa kamera sebenarnya adalah muncul tanda Error 01, yang menandakan bahwa lensa serta kamera kamu tidak dapat berkomunikasi dengan baik.

Lalu bagaimana mereka dapat berkomunikasi?
Komunikasi antara lensa dengan kamera dapat terjadi melalui kontak elektrik berwarna emas yang ada di belakang lensa kamera kamu serta di dekat dudukan lensa pada badan kamera.

Kontak elektrik berwarna emas ini, memang sangat sering menjadi sumber masalah yang terjadi untuk kode error 01 berikut ini. Penyebab missed komunikasi ini, bisa dikarenakan oleh beberapa hal.

Seperti misalnya, debu atau kotoran yang menyebabkan kontak ini menjadi tidak dapat saling berkomunikasi dengan baik.

Atau biasanya untuk kamu yang merasa sering kali mengalami bahwa tangan kamu banyak berkeringat sehingga saat tengah mengganti lensa kamera, minyak atau keringat dari tangan kamu menghalangi kontak tersebut untuk dapat bekerja dengan baik.

Bila memang penyebabnya hanya beberapa hal di atas, tentunya hal yang perlu kamu lakukan hanya dengan membersihkan kontak elektrik tersebut dengan kain microfiber yang dikhususkan untuk melakukan pembersihan terhadap kamera serta lensa, dan usapkanlah dengan hati-hati dan secara halus.

Hindari melakukan pembersihan dengan menggunakan penghapus pensil, yang 'katanya' dapat membantu membersihkan dengan baik sebagai alternatif dari kain mirofiber. Karena penghapus ini bukannya akan membersihkan, justru akan menggores kontak tersebut dan merusaknya.

Setelah kamu berhasil membersihkannya, segera coba pasang kembali lensa kamera kamu ke dudukan lensa dengan benar dan lihat apakah tanda error masih muncul pada layar LCD kamera kamu atau tidak.

Bila memang masih muncul, mungkin kamu perlu untuk mencoba mengganti dengan lensa yang lainnya. Jika, tanda error hilang, maka bisa jadi kerusakan telah terjadi pada lensa kamera kamu yang sebelumnya. Namun, bila tetap muncul kembali, kamu perlu mengkhawatirkan kontak elektrik yang ada pada badan kamera kamu.

Kerusakan yang terjadi pada kontak elektrik dapat disebabkan oleh goresan atau mungkin juga terjadi korslet di dalam kamera kamu hingga membuatnya menjadi malfungsi.

Untuk itu, bila hal ini terjadi pada lensa kamera atau kamera kamu, kamu perlu untuk segera membawa kamera kamu ke tempat servis terdekat dan mengkonsultasikan akan solusi terbaik yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada kamera serta lensa kamu.

Dan jika kamu tengah mencari tempat servis terbaik yang dapat mengatasi masalanya dengan baik, kamu bisa membawa kamera ke Banten Kamera. Banten Kamera tentunya akan melayani kamu serta kamera kamu dengan memberi serta garansi selama 30 hari penuh setelah dilakukan perbaikan.

Soal biayanya sendiri kamu tidak perlu khawatir, karena kami hanya akan memberikan biaya mulai dari 350-500 ribuan saja, tergantung dari jenis lensa yang kamu gunakan.

Jadi, jangan tunggu sampai kerusakannya bertambah parah, ya, Pembaca! Segera bawa kamera kamu hanya ke Banten Kamera.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: